Skip to Content

September 2009

PERCAKAPAN HUJAN DAN AROMA TANAH

bila hujan bercakap

aku teringat pisau kekata

bersayap melunglaiku

hujan menabur aroma

tanah basah

bau kematian melompati

segenap angan

Pulang

Seorang pria dengan tubuh tinggi besar –melindungi matanya dengan tangan kanan dari sorot matari sore yang menyilaukan– keluar dari pintu gerbang sebuah lembaga pemasyarakatan di pinggiran kota. Rambut gondrong sebahu dibiarkan tergerai dan meriap ditiup angin.

REFRAIN PENAKLUK

1. kami dititis dewa
aliran darah ini terbaur
syailendra dan meurah silu
nenek moyang kami perantauan
pasai dan pagaruyung
penegak risalah yang belum terkabar

SESIAH TERAKHIR

Belantara Hanibung, Tanah Bumi Sekala Bgha tahun 1289 Masehi

JALAN KERIS

SAJAK M. HARYA RAMDHONI JULIZARSYAH


JALAN KERIS I


sejak moyang kami belajar berdaulat,
peralihan kuasa selalu berakhir

Hidup....

 Kehidupan itu layaknya air yang mengalir, setiap kali melewati jalur yang sama, mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, mengikuti bentuk dari setiap permukaan yang dilaluinya, namun engkau tidak akan menemukan aliran air yang persis sama untuk kedua kalinya.

Sastra cyber

Sastra cyber merupakan suatu revolusi. Sebagaimana internet menjadi revolusi media kedua setelah penemuan mesin cetak Guttenberg dan ketiga setelah kehadiran televisi. Sebelum munculnya sastra cyber, dunia sastra Indonesia sendiri telah memiliki beberapa kekhasan yang terkait dengan keberadaan teknologi media.

Sayembara Pembuatan Poster Pengutamaan Bahasa Indonesia

Sayembara Pembuatan Poster Pengutamaan Bahasa Indonesia

pusatbahasa.depdiknas.go.id - Tema lomba pembuatan poster ini adalah "Bahasa dan Sastra Indonesia membangun generasi muda yang dinamis dan kreatif". Poster yang dibuat diharapkan tidak mengandung pornografi, dan tidak berpotensi menimbulkan konflik yang berkaitan dengan SARA.

Izinkan Aku Menjadi Durjana

Malam dirajai kegelapan. Langit pekat. Hitam tanpa kerlip bintang. Purnama masih terlalu dini untuk berseri. Tanah basah sisa gerimis sesaat. Di beberapa lubang jalan, air menggenang. Sedesir angin membelai malam. Lembut. Menebar dingin hawa durjana. Mengisyaratkan angkara.

Hikayat Nabi Sulaiman: Hikmah Berbakti Pada Ibu Bapak

Selain seorang nabi, Sulaiman a.s. juga seorang raja terkenal. Atas izin Allah, ia berhasil menundukkan Ratu Balqis dengan jin ifrit-Nya.



Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler