Skip to Content

Oktober 2018

Mendikbud Beri Penghargaan kepada 13 Pegiat Bahasa Indonesia

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan penghargaan kepada 13 orang pegiat Bahasa Indonesia saat Kongres Bahasa Indonesia (KBI) ke-XI. Penghargaan yang diberikan terdiri dari tiga kategori yakni Sastra, Tokoh Kebahasaan dan Kesastraan, serta Duta Bahasa Tingkat Nasional 2018.

FLS 2018 dan Momentum Mengintegrasikan Literasi dalam Kurikulum 2013

Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka Festival Literasi Sekolah (FLS) 2018 di Gedung Kemendikbud, Jakarta (28/12/2018). 

FLS diadakan mulai 28 hingga 31 Oktober 2018 dan tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-2 kali, pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017.

Kemdikbud Kembali Gelar Festival Literasi Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menyelenggarakan Festival Literasi Sekolah (FLS) pada 28-31 Oktober 2018. Kegiatan ini merupakan perayaan literasi yang mewadahi warga sekolah yaitu siswa, guru, kepala sekolah serta penggiat literasi.

Ubud Writers and Readers Festival 2018 Gelar Event Satelit di 5 Kota

Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) sukses terselenggara selama lima hari, mulai 24-28 Oktober 2018. Lebih dari 180 pembicara dengan 200 program meramaikan festival pembaca dan penulis bergengsi di Indonesia tersebut.

Puncak Perayaan HPI 2018: Puisi sebagai Renjana dan Sikap Budaya

Yayasan Hari Puisi (YHP) setiap tahun menggelar puncak perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Tahun 2018 ini, puncak perayaan HPI memasuki tahun keenam dengan tema “Puisi sebagai Renjana dan Sikap Budaya”.

Baca Puisi Serentak di Malam Apresiasi Sastra

Malam Apresiasi Sastra merupakan salah satu rangkaian acara Ngayogyasatra berupa festival sastra. Acara ini diselenggarakan oleh UNSTRAT (Unit Studi Sastra dan Teater) UNY di halaman Rektorat UNY, Minggu malam (28/10).

BPPB Kembali Gelar Kongres Bahasa Indonesia ke-XI

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) ingin bahasa Indonesia semakin jaya. Untuk mencapai hal tersebut, BPPB pun menggelar Kongres Bahasa Indonesia ke-XI di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada 28-31 Oktober 2018. Tema yang diangkat tahun ini ialah 'Menjayakan Bahasa dan Sastra Indonesia'.

Eka Kurniawan Raih Penghargaan Sastra dari Kemendikbud

Penulis Eka Kurniawan kembali menuai prestasi. Ia meraih penghargaan sastra tahun ini dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018. Informasi tersebut diungkapkan oleh akun bidang sastra di penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU).

sajak pelopor angkatan 45

Daftar Singkatan: DCD= Deru Campur Debu

KT = Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan yang Putus

NA= Naskah Asli

P= Chairil Anwar Pelopor Angkatan 45

TMT = Tiga Menguak Takdir

 

1942



Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler