Skip to Content

11 Tokoh Terima Penghargaan Prasidatama

Foto indra

Setiap tahun Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada mereka yang berjasa membawa nama provinsi ini di dunia bahasa dan sastra. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Pardi MHum menyatakan, pemberian penghargaan Prasidatama ini diberikan sejak 2013 lalu kepada tokoh, penggiat dan media yang memiliki perhatian besar kepada bahasa dan sastra Indonesia maupun Jawa.

Penghargaan akan diberikan di Gedung Prof Soedarto Undip, Sabtu (10/10) malam. Pemberian penghargaan kepada tokoh, penggiat dan media yang memiliki perhatian besar kepada bahsan dan sastra Indonesia maupun Jawa setelah melewati beberapa kriteria.

Diantaranya tokoh berdomisili dan berkiprah di Jawa Tengah, menggunakan Bahasa Indonesia maupun Jawa secara memadai dalam berkomunikasi sehingga berpeluang menjadi teladan dalam berbahasa bagi masyarakat Jawa Tengah dan Indonesia. Tokoh yang dipilih memiliki pengaruh luas terhadap masyarakat, memiliki dedikasi dalam pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia dan Jawa, belum pernah menerima penghargaan serupa dan memiliki visi misi terhadap Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Berikut penerima Penghargaan Prasidatama 2015: Penghargaan Prasidatama kategori tokoh publik berbahasa Indonesia terbaik kepada Prof Mohammad Nasir Phd Akt yang kini menjabat sebagai Menristekdikti RI. Penghargaan Prasidatama kategori tokoh publik berbahasa Jawa terbaik kepada Dr Ir Sri Puryono yang kini masih menjabat sebagai sekretaris daerah Jawa Tengah.

Penghargaan Prasidatama kategori budayawan peduli bahasa dan sastra kepada KH A Mustafa Bisri seorang ulama. Penghargaan Prasidatama kategori pejabat berkomitmen terhadap bahasa dan sastra kepada Haryanto SH Msi yang kini masih menduduki sebagai Bupati Pati.

Penghargaan Prasidatama kategori tokoh penggiat bahasa dan sastra Jawa kepada Prof Dr Pudjo Sumedi. Penghargaan Prasidatama kategori sastrawan Indonesia kepada Triyanto Triwikromo. Penghargaan Prasidatama kategori tokoh penggiat bahasa dan sastra Indonesia kepada Drs Hanindawan.

Penghargaan Prasidatama kategori sastrawan Jawa kepada Rini Tri Puspohardini SPd. Penghargaan Prasidatama kategori media massa yang memiliki perhatian besar terhadap bahasa dan sastra Jawa kepada Harian Umum Solopos. Penghargaan Prasidatama kategori tokoh pengabdi sastra kepada Prof Drs Darmanto Jatman SU dan NH Dini.


suaramerdeka.com, Sabtu, 10 Oktober 2015 21:00 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler