Skip to Content

14 Kelompok Teater Pelajar Adu Kreasi Kabaret dalam Festival Kabaret Se-Bandung Raya

Foto indra
files/user/762/festival-kabaret-bandung-1.jpg
Kelompok Kabaret The Star, SMPN 13 Bandung salah satu kelompok kabaret yang turut ambil bagian pada Festival Kabaret Se-Bandung Raya, Sabtu (7/1)

Kreativitas berkesenian teater anak-anak Kota Bandung dan sekitarnya sudah diakui keberadaannya dan menjadi barometer sejumlah daerah di tanah air. Hal ini ditunjukan empat belas kelompok teater dari SMP dan SMA se Bandung Raya diajang Festival Kabaret Se-Bandung Raya, yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung.

Bertempat di Gedung Serbaguna Kampus Itenas Bandung di Jalan PHH Hasan Mustofa, Sabtu (7/1), acara digelar sejak pukul 9.00 WIB. “Kami tidak menetapkan tema ataupun judul garapan, yang terpenting adalah kreativitas dan orijinalitas cerita yang dibawakan,” ujar Wawan salah seorang panitia penyelenggara.

Penyelenggaraan Festival Kabaret Se-Bandung Raya yang diikuti empatbelas peserta, menurut Wawan merupakan rangkaian puncak Dies Natalis ke-24 Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung. Selain memperebutkan trofi dari Senat Itenas, kepada peserta juga diberikan uang pembinaan.

Lebih jauh dikatakan Wawan, acara diselenggarakan juga bertujuan untuk menjalin kerja sama antar civitas akademika HMM Itenas dengan seluruh insan pendidikan, pemerhati pendidikan dan masyarakat. Selain itu, juga untuk memupuk kreativitas berkesenian, khususnya seni teater di kalangan anak muda.

 

Zaki Aktor Terbaik, Be Tops Juara Pertama

Peran remaja autis pada penampilan kabaret berjudul “Paradoks” menjadikan Ahmad Abdul Rozak (Zaki) dari kelompok teater The Stars SMPN 13 Bandung dinobatkan sebagai The Best Aktor pada Festival Kabaret Se-Bandung Raya, yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung. Sementara teater Be Tops dari SMAN 9 Bandung dengan “Cinta dan Kasih Sayang” dinyatakan sebagai kelompok teater terbaik dan keluar sebagai juara pertama.

“Sulit untuk menentukan kelompok mana yang harus keluar sebagai pemenang, karena hampir semuanya tampil sangat bagus. Tapi setelah ditimbang-timbang akhirnya kami menentukan siapa yang lebih pantas sebagai pemenang,” ujar M. Wail mewakili dewan juri yang terdiri dari A Kiki, Akbar dan dirinya, seusai penyerahan hadiah kepada para pemenang, bertempat di Gedung Serbaguna Kampus Itenas Bandung di Jalan PHH Hasan Mustofa, Sabtu (7/1).

Ketua JurusanTeknik Mesin Itenas Bandung, Ir. Encu Saefudin, MT., mengharapkan kegiatan positif yang diselenggarakan HMM Itenas akan menjadi agenda kegiatan tetap dan dilaksanakan secara rutin. “Karena ada banyak sisi positif yang tumbuh dalam kegiatan (Festival Kabaret) ini, selain menjadi wahana apresiasi seni teater, juga memupuk kreativitas dikalangan anak-anak remaja peserta festival,” ujar Encu.

Hasil lengkap Festival Kabaret Se-Bandung Raya Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, selain menetapkan Ahmad Abdul Rozak dari kelompok teater The Stars SMPN 13 Bandung dinobatkan sebagai The Best Aktor dan kelompok teater Be Tops dari SMAN 9 Bandung sebagai juara pertama, dewan juri menetapkan kelompok teater Sarang Teater dari SMPN 47 Bandung sebagai juara kedua dan The Star dari SMPN 13 sebagai juara ketiga.


pikiran-rakyat.com, Sabtu, 7 Januari 2012 19:47 WIB

pikiran-rakyat.com, Sabtu, 7 Januari 2012 21:32 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler