Skip to Content

150 Pengarang Nasional Berkumpul di Makassar

Foto Hikmat

Sebanyak 150 pengarang nasional berkumpul di Makassar untuk membahas masalah kesusastraan Indonesia.

"Pertemuan ini untuk menggagas kesusastraan dan kesenian yang berkaitan dengan budaya," kata Panitia Pertemuan Pengarang Indonesia (PPI) Aslan Abidin di Makassar, Selasa.

Menurut dia, melalui pertemuan tersebut diharapkan akan lahir rekomendasi bersama sastrawan Indonesia untuk memberikan sumbangan positif perkembangan kesusastraan dan budaya.

Dia mengatakan, sastrawan dan budayawan dari beragam usia ini akan memberikan pandangan dan ide-ide tentang estetika sastra, masalah internal dan eksternal sastra.

"Selain kegiatan itu, juga akan digelar pentas seni budaya di Benteng Rotterdam, Makassar pada 25-26 November 2012," katanya.

Sementara itu, Pendiri Balai Sastra Indonesia Radhar Panca Dahana mengatakan, pentingnya pertemuan tersebut untuk mempetakan kondisi kesusasteraan Indonesia.

Menurut dia, dalam tiga dekade ini, sastra kurang diperhatikan. Bahkan hanya nampak besar tetapi hanya ibarat gelembung sabun.

"Karena itu, karya sastra ke depan harus dapat menjadi penegak elemen-elemen bangsa, seperti karya sastra era 1930 - 1970-an yang mengilhami para pendiri bangsa," katanya.


Sumber: makassar.antaranews.com, Rabu, 21 November 2012 06:03 WITA

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler