Skip to Content

Bapak Fisika Indonesia Luncurkan Novel Ilmiah

Foto indra
files/user/762/yohanes-surya.jpg
Prof Yohanes Surya

‘Bapak Fisika Indonesia’, Prof Yohanes Surya meluncurkan novel ilmiah bertitel Tofi Perburuan Bintang Sirius,  di Jakarta, Rabu (28/11).

“Ini adalah novel untuk perjuangan dan  visi besar Surya Institute, yakni tercapainya Indonesia yang maju seperti periode Majapahit dulu,” terang  Yohanes Surya saat peluncuran bukunya itu di FX Center, Jakarta, Rabu siang (28/11).

Melalui novel, pendiri Surya Institute ini  berharap masyarakat  menyukai  sains dan teknologi. “Ini gerakan cinta sains melalui novel agar orang semua suka sains menuju Majapahit baru atau Indonesia baru,” tegasnya.

Yohanes menulis novelnya itu memakan waktu tiga tahun bersama timnya Ellen Conny dan Sylvi Lim. Novel ini sarat pengetahuan sains menyajikan bahasa yang cerdas dan indah namun tidak kehilangan kesederhanaan dalam penyajiannya. Konsep fisika yang disodorkan dapat diterima siapa saja.

Novel ini cukup lengkap mulai dari drama percintaan ala remaja, persahabatan, persaingan, konflik keluarga, hingga kisah detektif yang alurnya tidak mudah ditebak. Sang tokoh utama novel ini, Tofi, merupakan remaja cerdas. Dia anak ilmuwan terkenal. Dia menjadi remaja normal tanpa embel-embel nama besar sang ayahnya.

Bagi novelis Sirikit Syah,  pembahas buku Yohanes Surya pada peluncuran itu, novel ini tidak hanya original dalam hal gagasan yang merupakan syarat mutlak dunia kreatif pengarang, namun juga menarik dalam hal karakterisasi atau penokohan.

“Seru sekali membaca novel ini, bisa dibayangkan cerita yang scientific diolah dalam bingkai sastra menggunakan bahasa gaul anak muda? Inilah dia sebuah kisah yang belum pernah ada,” cetus Sirikit.

Menurut dia, belum ada novel dengan ide seperti ini di Indonesia. “Jelas ini memperkaya khasanah sastra nasional kita, selain menambah jumlah pengarang,” pungkas penulis buku Sensasi Selebriti ini.


poskotanews.com, Rabu, 28 November 2012 19:20:11 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler