Skip to Content

Berita Temu Sastrawan Indonesia IV 2011

Foto edi sst

 

BERITA TEMU SASTRAWAN INDONESIA IV

Sastrawan Lampung Jadi Dewan Kurator TSI Ternate

 

Bandar lampung, 19/1 (ANTARA) - Sastrawan Lampung Isbedy Stiawan ZS, bersama sepuluh sastrawan Indonesia lainnya mendapat kehormatan dari Wali Kota Ternate, Maluku Utara, ditunjuk menjadi Dewan Kurator Temu Sastrawan Indonesia (TSI) IV, di kota tersebut pada 27-29 Oktober 2011 yang akan datang.

"Penunjukan saya sebagai salah satu dewan kurator merupakan kehormatan. Tidak saja bagi diri saya, tetapi juga untuk Lampung," ujar Isbedy Stiawan, di Bandarlampung, Rabu.

Isbedy menjelaskan, dari Sumatera yang diminta yaitu Tarmizi Rumahhitam (Kepulauan Riau), D Kemalawati,  Linda Christianty (Aceh).
Sedangkan yang lain, Jamal D Rahman, Zen Hae, Sihar Ramses Simatupang, Nukila Amal (Jakarta), Joko Pinurbo (Yogyakarta), Triyanto Triwikromo (Semarang), dan Rudi Fofid (Maluku Utara).
Ia pun menjelaskan, menurut panitia, Dino Umahuk, penyair asal Ternate, para kurator akan bersidang kali pertama pada Maret 2011. Selanjutnya, dijadwalkan Agustus-September 2011.

Sastrawan Lampung yang giat menulis buku dan puisi itu menyambut gembira atas penunjukan tersebut, dan akan bekerja semaksimal mungkin menyukseskan TSI IV di Ternate.

"Pada TSI III di Tanjungpinang, saya hadir sebagai peserta, pembaca puisi di panggung utama, dan menulis puisi tentang Tanjungpinang. Kali ini, saya dipercaya sebagai Dewan Kurator. Karena itu harus jaga kepercayaan panitia TSI IV, apalagi yang menandatangani SK kami adalah Wali Kota Ternate," ujarnya.
Isbedy mengharapkan sastrawan Lampung lainnya bisa diundang dan pemerintah daerah setempat mendukungnya, karena tanpa dukungan pemerintah sulit bagi penggiat sastra untuk menenuhi undangan di luar daerah tersebut.

"Apalagi TSI IV itu kegiatan nasional, jadi pemerintah semestinya harus memberikan dukungan yang positif. Apalagi, para sastrawan atau seniman yang diundang karena kualitas karyanya sudah diakui," kata dia.
Isbedy yang juga aktif di Dewan Kesenian Lampung (DKL) itu memprediksi, sastrawan Lampung yang diundang ke TSI IV Ternate Oktober yang akan datang, sekitar delapan orang.

Mereka adalah Arman AZ, Fitri Yani, Inggit Putria Marga, Agit Yogi Subandi, Ari Pahala Hutabarat, Alexander Gb, S.W Teofani, Ferdinand Moses.

"Ini hanya perkiraan, sebagai salah satu kurator TSI saya tak bisa sendiri menetapkan. Pilihan dan ketetapan dari suara terbanyak Dewan Kurator," tuturnya.

Isbedy menjelaskan lebih lanjut, ia pun diminta panitia Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) V di Palembang, 15-18 Juni 2011, untuk editor buku PPN V.
Selain editor buku puisi PPN V, lanjut dia, ia pun sebenarnya salah satu kurator atau tim delegasi untuk Indonesia, di samping Ahmadun Yosi Herfanda, Chavchay Syaifullah (Jakarta), Anwar Putra Bayu (Sumsel), dan Fakhrunnas MA Jabbar (Riau).

PPN adalah kegiatan bagi penyair serumpun melayu: Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, dan Thailand bagian Selatan. PPN pertama berlangsung di Medan, kedua di Kediri, Jawa Timur, selanjutnya Malaysia, dan ke empat di Brunei tahun 2010.

Redaktur Seni Budaya Haluan Kepri Terpilih Jadi Dewan Kurator TSI 


SEKUPANG-- Satu apresiasi bagi redaktur seni budaya Haluan Kepri, Tarmizi A Sultan, dari Walikota Ternate dan Panitia Temu Sastrawan Indonesia (TSI) 4-2011. Tarmizi terpilih sebagai salah seorang dari sebelas nama sastrawan Indonesia yang dipercaya sebagai Dewan Kurator (DK) TSI 4 yang akan dilaksanakan di Ternate Oktober 2011 mendatang. DK ini merupakan lanjutan dari TSI 3 yang digelar Oktober 2010 lalu di Kota Tanjungpinang.

Tarmizi mengatakan kepastian terpilihnya sebagai salah seorang DK TSI 4, tidak hanya apresiasi secara personal baginya, tapi juga penghargaan bagi Kepri. Mengingat, dari 11 nama yang ditetapkan sebagai DK TSI 4 tersebut, hanya tiga nama dari Sumatera. Dua nama lainnya yakni Isbedi Stiawan dari Lampung, dan D Kemalawati dari Aceh.

"Saya baru lima hari lalu kembali dari Pulau Pangkor, Perak Malaysia, memenuhi undangan panitia Festival Puisi dan Lagu Rakyat Antar Bangsa. Sekembalinya ke Batam, saya membuka email, dapat kiriman surat dari Panitia TSI 4 ternate, yang menetapkan saya sebagai salah seorang dari sebelas Dewan Kurator TSI 4,'' jelas tarmizi

Menurut pembina komunitas seni rumahitam Batam tersebut, sebelum surat dari panitia TSI 4 Ternate itu diterimanya lewat email, ia telah dihubungi melalui telepon dan pesan singkat melalui facebooknya, meminta kesediaan jadi salah seorang DK TSI 4.

Disebutkannya, dalam DK ini, selain tiga nama dari Sumatera, juga terdapat sejumlah nama dari Pulau Jawa, diantaranya Joko Pinurbo, Sihar Ramses S (Redaktur Budaya Harian Sinar Harapan). Sedangkan dari wilayah Inonesia Timur ada nama Rudy Fofid dari Ambon. Seperti halnya TSI 3 Tanjungpinang, Oktober 2010 lalu, SK Dewan Kurator langsung ditandatangani Walikota di mana TSI dilaksanakan. Untuk TSI 4 Ternate, SK Dewan Kurator dikeluarkan Walikota Ternate. Direncanakan pertemuan awal Dewan Kurator akan dilaksanakan Maret 2011 mendatang langsung di Ternate.

"Salah satu tugas utama DK TSI, melakukan seleksi terhadap karya sastrawan seluruh Indonesia yang berminat mengikuti TSi. Dari penyeleksian tersebut nantinya, ditetapkan 200 orang peserta yang akan diundang, dan karya yang lolos kurasi akan diterbitkan dalam bentuk antologi puisi, cerpen, esai TSI 4 Ternate,'' pungkas tarmizi. (hk/tz)

 


Komentar

Foto Pratiwi

assalamu alaikum, Pada TSI ke

assalamu alaikum, Pada TSI ke 4 ini ada kelas untuk mahasiswa bukan?
tolong kirimkan alamat email TSI yang bisa saya hubungi tersebut.
terima kasih..

Foto edi sst

wassalamu'alaikum

wassalamu'alaikum wr. wb.
Ya, pada TSI ke-4 ini ada kelas siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Hal ini sesuai dengan berita yg dirilis dalam http://www.balagu.com/Temu%20Sastrawan%204%20di%20Ternate. Berikut kutipannya: "Kemudian ada kegiatan Bengkel Sastra yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan minat dan kemampuan siswa, mahasiswa, guru dan dosen sastra/ bahasa indonesia dalam mengapresiasi atau mencipta karya dan kritik sastra. Kegiatan ini akan dibagi dalam empat (4) kelas, yakni: dua (2) kelas untuk siswa, khusus puisi dan cerpen. Satu (1) kelas untuk mahasiswa dan satu (1) kelas untuk guru dan dosen sasta/bahasa Indonesia. Untuk kelas mahasiswa serta guru dan dosen selain selain cerpen dan puisi juga ditambahkan materi kritik sastra. Narasumber/fasilitator bengkel sastra adalah sastrawan peserta TSI-4 yang akan di pilih oleh Dewan Kurator dan Panitia."
Tapi, maaf, saya blm menemukan alamat email Panitia TSI. Sy hanya memiliki alamat email panitia TSI yg khusus utk mengirimkan karya puisi dan cerpen. Silakan Mbak Pratiwi kunjungi juga : http://www.jendelasastra.com/berita/pengumuman-pengiriman-karya-tsi-4-ternate-2011

Salam hangat ... :)

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler