Skip to Content

Buku Manuskrip Puisi DKJ 2015 Terbit Akhir April

Foto indra
files/user/762/cover-buku-pemenang-sayemba-manuskrip-puisi-dkj-2015.jpg

Untuk pertama kalinya, komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menyelenggarakan Sayembara Manuskrip Buku Puisi tahun lalu. Ada 574 buah manuskrip buku puisi yang diterima penyelenggara, kali ini buku puisi tiga pemenang akan rilis 25 April mendatang.

Ke-3 pemenang tersebut adalah Norman Errikson Pasaribu dengan puisi 'Sergius Mencari Bacchus' (Juara 1), Ni Made Purnamasari 'Kawitan' (Juara II), dan Cyntha Hariyadi dengan 'Ibu Mendulang, Anak Berlari' (Juara III). Buku ketiganya akan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

"Saat itu, kami merasa perlu mengadakan Sayembara Manuskrip Buku Puisi karena puisi masih menjadi media ungkap yang penting dalam khasanah kebudayaan kita," ujar Fikar W. Eda, Ketua Komite Sastra DKJ.

Norman Erikson Pasaribu mengisakan tentang sebuah tragedi, kisah yang disampaikan dengan nada ringan dan komikal. Dalam keterangannya, Jumat (22/4/2016), penulis menunjukkan kepiawaiannya mencampur adukkan berbagai macam referensi, alusi, dan gaya. Sampai kepada persoalan pop culture.

Pemenang kedua Ni Made Purnama Sari, dalam puisinya membiarkan pengendapan emosi, intensitas, dan kesubliman menjadi kekuatan manuskrip-nya. Sedangkan pemenang ketiga, Cyntha Hariadi dengan 'Ibu Mendulang Anak Berlari' menggunakan bahasa sederhana dan naskahnya berhasil memotret kekompleksan sebuah pengalaman menjadi ibu. Ia pun menyulap detail-detail banal kehidupan domestik menjadi sesuatu yang menakjubkan.

Ketiga buku masing-masing dibanderol seharga Rp 45.000.


detik.com, Jumat, 22 April 2016 10:38 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler