Skip to Content

Festival Teater Jogja 2014 (FTJ 2014) akan Digelar kembali Akhir September

Foto indra

Taman Budaya Yogyakarta kembali akan menggelar Festival Teater Jogja 2014 (FTJ 2014) pada akhir September 2014 mendatang.

Berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, FTJ 2014 kali ini mengambil tema 'Multikulturisme dalam Ruang Sosial Kini'.

Menurut Ketua Panitia, Sri Wahyuni, pemilihan tema ini merujuk pada isu-isu sosial, budaya, politik,ekonomi dan agama dalam konteks relasi sosial beserta seluruh anasir dan sub-sub persoalan yang hidup di dalamnya.

"Teater dan persoalan sosial memang tak bisa dilepaskan, melalui FTJ 2014 sengaja mendorong pelaku teater bisa mengolahnya menjadi gagasan kreatif yang bisa dihadirkan dalam sebuah pentas teater," ujar Sri Wahyuni, Jumat (27/6/2014).

Untuk pelaksanaan FJT 2014, panitia akan menyelenggarakan seleksi terbuka (call for proposal) bagi kelompok-kelompok teater di Yogyakarta.

Panitia FTJ 2014 memberi penekanan pada pelaksanaan FTJ 2014 bisa diikuti kelompok teater yang baru terbentuk atau kelompok teater yang belum pernah menjadi peserta FTJ sebelumnya.

"Grup-grup teater yang berminat mengikuti Festival Teater Jogja 2014 mengajukan proposal ke Panitia Festival Teater Jogja 2014," terangnya.

Materi proposal terdiri dari judul pertunjukan, latar belakang penciptaan, konsep cerita (kepahlawanan), konsep pemanggungan, inovasi pertunjukan yang ditawarkan, profil singkat grup dan anggota grup, dan bisa ditambah materi pendukung penting lainnya.

Ketentuan lain yang harus dipenuhi peserta FTJ 2014 adalah metode penciptaan yang mengedepankan proses yang bersifat rekreatif, eksploratif dan kreatif, sebagai upaya pengembangan individu/kelompok dalam menciptakan peristiwa teater.

"Durasi pertunjukan minimal 45 menit dan maksimal 60 menit, pertunjukan dimainkan oleh minimal 5 orang aktor," sambungnya.

Untuk pengajuan proposal keikutsertaan FTJ 2012 dapat dilakukan sejak saat sekarang hingga 27 Juni 2014 pukul 14.00 WIB.

Proposal dapat dibawa langsung ke Ruang Seksi Pergelaran (dekat tempat parkir sebelah barat laut), Taman Budaya Yogyakarta, Jalan Sriwedani nomor 1 Yogyakarta. Proposal juga bisa dikirim via e-mail ke alamat : festejo2012@yahoo.com.

Panitia FTJ 2014 akan memilih lima kelompok yang akan tampil dalam Festival Teater Jogja 2014.

Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2014.

Disediakan subsidi dana produksi sebesar Rp 5 juta serta fasilitas pertunjukan gratis kepada masing-masing grup yang terpilih. Informasi selengkapnya hubungi 08532855 1990 (Yuni).


tribunnews.com, Jumat, 27 Juni 2014 11:28 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler