Skip to Content

Forum Bahasa dan Sastra 2011 Media Aesculapius FKUI

Foto Hikmat

Dalam rangka merayakan Bulan Bahasa yang jatuh pada Oktober ini, Media Aesculapius Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyelenggarakan Seminar, Workshop, dan Bedah Buku "FORUM BAHASA DAN SASTRA 2011" (FBS 2011) pada Sabtu, 22 Oktober 2011, di Auditorium Sarwono Gedung A Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Acara ini menghadirkan para penulis yang sedang naik daun, antara lain Iwan Setyawan (penulis novel best-seller "9 Summers 10 Autumns"), Helvy Tiana Rosa (pendiri Forum Lingkar Pena dan penulis lebih dari 40 judul novel), serta Agustinus Wibowo (penulis novel perjalanan best-sellers "Selimut Debu" dan Garis Batas"). Acara ini telah diadakan untuk keempat kalinya. Tahun-tahun sebelumnya, acara ini sukses mengundang nama-nama besar seperti Dewi Lestari, Ahmad Fuadi, Khrisna Pabichara, Tere-Liye, Naning Pranoto, dan Esti Kinasih.

Tahun ini, FBS 2011 mengangkat tema "Merajut Kisah Hidup dalam Kata". Gagasan ini lahir sebagai apresiasi terhadap fenomena karya-karya sastra yang berangkat dari pengalaman nyata penulisnya. Berbagai karya seperti tetralogi "Laskar Pelangi", "Ayat-Ayat Cinta", serta termasuk "9 Summers 10 Autumns" dan "Selimut Debu", begitu kental akan sentuhan kisah personal dari para penulisnya. Acara ini akan mengulik daya tarik sastra "pribadi" sekaligus mengasup para peserta dengan kiat menuliskan kisah hidup ke dalam cerita, langsung oleh para penulis yang telah lebih dulu sukses melakukannya. Tak hanya pembekalan materi, dalam acara ini para peserta dapat mengikuti workshop menulis yang langsung dipandu oleh para pembicara. Tak ketinggalan, terdapat sesi bedah buku "Selimut Debu" langsung bersama penulisnya, Agustinus Wibowo, yang didatangkan dari kediamannya di Beijing.

Acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan FBS 2011, meliputi pula Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Fotografi (1 Agustus-30 September 2011) serta Pameran Sastra (19-22 Oktober 2011) di Lobi Bawah FKUI. Pendaftaran dapat dilakukan lebih awal (early bird) hingga 18 Oktober 2011 atau langsung di tempat pada 22 Oktober 2011. Para early birds akan mendapat potongan harga sebesar 25%. Semua peserta akan mendapatkan pula buku kumpulan karya peserta lomba FBS 2011.

Info lebih lanjut dapat dilihat di situs resminya fbs2011.co.cc. (Oviliani Wijayanti/FBS 2011)

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler