Skip to Content

JIPA Fest 2011 Skala Internasional

Foto Hikmat

Perhelatan ‘Jogja International Performing Art Festival’ (JIPA Fest) 2011 yang keenam kali, kembali digelar di Yogyakarta. Diikuti oleh seniman Indonesia dan berbagai negara, yaitu Korea, Jepang, Australia, Swedia, Amerika.

JIPA Fest 2011 merupakan sebuah festival independen di bidang seni pertunjukan kontemporer (tari dan teater), yang berupaya untuk mengembangkan apresiasi dan mendorong kreativitas masyarakat seni pertunjukan di Yogya. JIPA Fest di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, 23-26 September mendatang, dikonsep sebagai sebuah festival terbuka berdasarkan rekomendasi dari tim kuratorial yang independen oleh Bambang Paningron, Bimo Wiwohatmo dan Soga Masaru.

Bambang mengatakan, gelaran JIPA Fest skala internasional merupakan kegiatan budaya yang terbuka berdasarkan pada hubungan kemanusiaan dan kreativitas berkesenian. Pesertanya adalah seniman-seniman dari berbagai negara dan sudah sangat dikenal di bidang seni pertunjukan.

JIPA Fest 2011 kali ini akan dihadiri 11 grup tari dan teater, yaitu Katsura Kan (Jepang), Naomi Mirian (Jepang), Mao Arata (Jepang), Kun Yang Lin (USA), Michael Sakamoto (USA), Snuff Puppet (Australia ), Min Jung Oh (Korea), Ivana Stojakovic (Serbia), Mugidance dan Virphi Pahkinen (kolaborasi Indonesia-Swedia), Nyoman Sura (Indonesia), Anterdans (Indonesia). JIPA Fest sebelumnya bernama Jogja Art Festival dimulai tahun 2003, diselenggarakan oleh Jaran Production, event organizer yang banyak menggarap peristiwa seni budaya bertaraf internasional. “Bahkan Jaran Productions, juga tengah mempersiapkan Asia Tri Jogja Festival yang akan dilaksanakan di Kaliurang, 28-29 September 2011,” kata Bambang. (Kedaulatan Rakyat)


Sumber: kr.co.id, 08/09/2011 08:05:16 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler