Skip to Content

Kisah Tragis TKW di Malaysia dalam Pentas Teater

Foto Hikmat
files/user/4/festival-teater-kala-monolog-iii.jpg
Seorang peserta festival teater monolog di Gedung Kesenian Societeit De Harmonie, Makassar, Sulawesi Selatan.

Kisah tragis yang kerap menimpa tenaga kerja Indonesia (TKI) yang menjadi pembantu rumah tangga (PRT) di Malaysia dipentaskan di Makassar. Pementasan dilakukan pada malam penganugerahan festival teater Kala Monolog III di Teater Arena Gedung Kesenian Sulsel Societeit De Harmony Makassar, Senin (4/7) malam.

Potret buram para tenaga kerja wanita (TKW) yang tersekap dalam penjara di Negeri Jiran diperankan oleh aktris teater berbakat asal Sentani, Papua, Luna Vidya yang membawakan naskah "Tolong" karya Nano Riantiarno.

"Tolong! tolong! tolong! Apa ada yang mendengar saya. Saya tahu tidak akan keluar jika tidak ada yang datang menolong," teriak Luna berulang-ulang hingga suaranya semakin melemah, kedua tangan dan seluruh badan ikut bergetar hingga terkapar terkulai lemas di tembok.

Luna memerankan sosok Marni, TKI yang sebulan lamanya disekap dalam penjara karena dituduh mencuri uang anak majikannya. Majikannya marah karena gagal memperkosa Marni.

Berselang satu menit, Marni mencoba bangun dengan susah payah untuk mencari pertolongan. Ia mencoba mengingat dan meminta tolong kepada sang suami yang dikisahkankan tinggal di Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Marni kali ini tak lagi bisa menulis keluh kesahnya kepada sang suami. Ia juga tidak bisa menulis dan menceritakan apa sebenarnya yang menimpa dirinya saat diperlakukan tidak manusiawi oleh sang majikan.

Sebelum dijerumuskan dalam penjara, Marni sempat mengabari suaminya tidak perlu melapor kepada polisi atau pun yang berwenang di Indonesia, karena ia yakin uangnya akan habis percuma. "Pemerintah tutup mata, karena tidak ada komisinya jika urus TKI," sindirnya.

Demikian juga dengan para pendekatan-pendekatan diplomasi yang dilakukan pemerintah Indonesia, Marni sama sekali tidak yakin dengan kecakapan para diplomat Indonesia mampu melepaskannya dari teruji besi.

Di akhir pentas, Marni tidak punya lagi harapan. Ia tidak diberikan kesempatan ke pengadilan Malaysia untuk menjelaskan bagaimana sang majikan memperlakukan dirinya dengan kasar, sampai hampir memperkosanya andai Marni tidak melawan. "Saya tidak akan biarkan orang lain menyentuh saya. Kalau itu terjadi saya akan bunuh dia (majikan) atau bunuh diri," ujarnya.

Dalam kondisi seperti itu, suami Marni yang berada di seberang lautan mulai menunjukkan ketidak peduliannya.

Saat lampu dinyalakan, aplaus meriah pun terdengar. Luna Vidya masih melanjutkan monolognya dengan memberikan spirit kepada penonton yang rata-rata perempuan untuk tidak lagi mau dibodoh-bodohi.


Sumber: republika.co.id, Selasa, 05 Juli 2011 07:39 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler