Skip to Content

Lestarikan Kearifan Lokal, Pasanggiri Bahasa, Sastra & Seni Daerah Digelar UPTD Pendidikan Cikoneng Ciamis

Foto indra
files/user/762/pasanggiri-bahasa-sastra-seni-daerah-digelar-uptd-pendidikan-cikoneng-ciamis-2017.jpeg
Salah satu peserta saat mengikuti Pasanggiri Apresiasai Bahasa, Sastra dan Seni Daerah tahun 2017bertempat di SDN 1 Margaluyu. Photo: Heri Herdianto/HR

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Pasanggiri Apresiasai Bahasa, Sastra dan Seni Daerah tahun 2017, Selasa (28/02/2017) lalu, bertempat di SDN 1 Margaluyu. Kegiatan itu diikuti oleh 29 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 116 orang siswa.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cikoneng, Drs. Endang Mustofa Kamal, M.Pd, ketika ditemui Koran HR, Selasa (28/02/2017) lalu, mengatakan, mata lomba dalam kegiatan Pasanggiri Apresiasi Bahasa, Sastra dan Seni Daerah itu meliputi lomba cerpen (cerita pendek), pantun, menulis syair dan ngadongeng (bercerita).  

Endang menjelaskan, kegiatan Pasanggiri Bahasa, Sastra dan Seni Daerah tersebut rutin diselenggarakan setiap tahun. Menurut dia, kegiatan tersebut juga sebagai salah satu upaya menjaga jati diri daerah. 

“Bahasa, sastra dan seni daerah perlu kita lestarikan. Melalui ajang ini, diharapkan anak-anak sekolah bisa memperdalam dan menjunjung tinggi bahasa, sastra dan seni daerahnya sendiri,” katanya.

Senada dengan itu, Pengawas UPTD Pendidikan Kecamatan Cikoneng, Nandang Supriatna, ketika ditemui Koran HR, Selasa (28/02/2017) lalu, mengungkapkan bahwa bahasa, sastra dan seni yang diajarkan kepada para siswa sarat dengan nilai-nilai pendidikan.

Nandan menilai, kegiatan Pasanggiri Apresiasi Bahasa, Sastra dan Seni Daerah tersebut perlu terus dipertahankan agar generasi penerus bangsa, khususnya di Kabupaten Ciamis, bisa melestarikan kearifan lokal daerahnya.

Sementara itu, Irma Nirmalasari (11) siswa SDN 1 Kujang, ketika dimintai tanggapan, mengaku sangat termotivasi untuk menjuarai lomba cerpen. Irma mengaku kegiatan itu merupakan kali pertama dia ikuti.


 

harapanrakyat.com, Kamis, 2 Maret 2017

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler