Skip to Content

Lokakarya Sastra dan Musikalisasi Puisi

Foto indra
files/user/762/ferry_curtis.jpg
Musisi balada Ferry Curtis saat memberikan paparan pada Workshop (lokakarya) Sastra “Musikalisasi Puisi”

Keberadaan seni musik pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari sastra. Perpaduan karya musik dengan sastra-puisi yang “berbicara” dalam perkembangan musik populer lazimnya disebut Balada.

“Dapat pula dikatakan bahwa pada hakekatnya sastra mengolah bahasa justru untuk mengungkapkan sesuatu yang sesungguhnya tidak terungkapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan bahasa yang umum. Hal itu tidak lepas pula dari 'live performance', penghayatan penyaji, reaksi penonton dan lainnya, amatlah penting dirasakan oleh seorang musisi” ungkap penyanyi balada Kota Bandung Ferry Curtis, dalam arahannya pada Workshop (lokakarya) Sastra “Musikalisasi Puisi”, bertempat di Galeri Teh Dago (Tea House), Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, Jln Bukit Dago Selatan No. 53 A Bandung, Jumat (25/10/2013).

Kegiatan lokakarya sastra yang berlangsung sejak Kamis (24/10/2013), dengan pembicara Ferry Curtis, Ahda Imran, Langit Amaravati, dan Meitha K.H., diikuti 60 orang peserta dari berbagai kalangan, merupakan bentuk pembelajaran menumbuhkan rasa percaya diri pada generasi muda terhadap seni sastra dan musik.

“Melalui workshop inilah kami perkenalkan bahwa sesungguhnya musik balada adalah musik populer dalam arti yang sebenar-benarnya, yang mengungkapkan kebenaran dengan cara sesungguhnya dan dapat disandur dari karya sastra,” ujar Ferry yang melalui lirik lagunya dikenal trainer penggalian potensi dan motivasi pada Sahabat Cahaya Edutainment dan relawan Shamsi Duha Foundation untuk penyakit Lupus.

Hasil dari kegiatan lokakarya, peserta akan menyuguhkan karya mereka dalam bentuk pagelaran musik balada “Catatan Perjalanan”, Sabtu (26/10/2013) pukul 19.30 WIB bertempat di Teater Terbuka Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat.

Selain karya-karya peserta, Ferry Curtis juga akan tampil bersama kelompoknya Ferry Curtis and Friends.


pikiran-rakyat.com, Jumat, 25 Oktober 2013 16:56 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler