Skip to Content

Lomba Menulis Puisi: Kado untuk Guru 2011

Foto edi sst

LOMBA MENULIS PUISI: KADO UNTUK GURU 2011

 

Pendaftaran: 5 Maret s/d Deadline 25 Juni 2011

Mengusung Berkesenian, Cerdaskan Anak Bangsa

dengan Berkarya dalam tema “Pendidikan & Guru”

 Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, pekerjaan yang mulia, dulu guru adalah gudangnya sumber ilmu, dan dengan kemajua n tekhnologi yang canggih, maka guru adalah sebagai fasilitatornya murid. Cerdaskan anak dengan pendidikan, hormati guru dengan keikhlasan. Untuk para guru “Mengapa Anda Menjadi Guru? pernahkan anda Tuliskan min 10 Alasan anda menjadi guru?” Untuk para murid, mari sejenak mengingat masa sekolah kita dulu “Adakah guru yang paling kita sukai? Adakah guru yang paling tidak kita sukai?” rekam dan ingatlah. Maka dengan itu lomba ini saya adakan dengan tujuan untuk menjaring semangat dari teman-teman sebuah ajang kreasi “Cipta Puisi” dengan tema “Pendidikan & Guru” seberapa besar Kado penghargaan seorang guru dalam membimbing dan memberikan kecerdasan dalam dunia pendidikan.

Adapun ketentuan/kriteria perlombaan cipta puisi adalah sebagai berikut:

     
  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia, TKI / TKW, tidak dibatasi umur (Pelajar, Mahasiswa, Guru, Umum, dll)
  2. Naskah harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutkan pada lomba yang bersamaan.
  3. Bertemakan: pendidikan / guru 
  4. Bentuk puisi bebas, halaman bebas, ditulis / diketik dalam Bahasa Indonesia 
  5. Naskah ditunggu selambat-lambatnya 15 Juni 2011 cap pos. Pemenang akan diumumkan 25 Juni 2011. di blog, Facebook Ady Azzumar, Group Rumah Puisi, Email.

Tehnik Pengiriman Naskah:

1. Via Email: Tulisan diketik dan dikirim ke Email: indonesiaku2011@yahoo.co.id (lampirkan biodata naratif + No Hp, naskah karya, dan bukti transfer) Peserta lomba wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 25.000 ke No. Rekening: 801-09-91003 Bank SUMSEL BABEL cabang Syariah Palembang. Atas  Nama: Supriadi

atau

2. Melalui Via Pos: (Naskah print / tulis + Uang Pendaftaran 25.000, + Biodata lengkap  dan No. Hp). Kirim:

Kepada: Ady Azzumar (Supriadi, S.Pd.I)

Alamat: Jl. Ir. H. Djuanda No. 21 Kelurahan Ps III Muara Enim, 31314 (SUMSEL) cp. 085267557556

Dewan Juri:

Puisi akan dinilai oleh 3 dewan juri:

1. Mukhlis Rais, Lc. M. Pd. I (Penulis, Ketua FLP Mesir 2003-2005)

Mukhlis Rais, mantan ketua FLP Mesir 2003 – 2005.  aktif menulis di berbagai media: Sriwijaya (Cairo), Suara Musi (Cairo), Ukazh (Cairo), Izzah (Cairo) Raudhatuna (Cairo), Tarbawi, Republika, Sumatera Ekpres. Sanili, Koran Jum’at, dll. Karya dalam bentuk Antalogi Bersama:  Ketika Nyamuk Bicara FLP SUMBAGSEL (Zikrul Hakim, 2004), Kado Untuk Mujahid FLP Mesir (Fikri, 2004),  Matahari Tak Pernah Sendiri, Di Sini Ada Cinta (LPPH, 2004). Pernah aktif membina FLP Cabang Ogan Ilir & FLP Ranting Raudhatul Ulum Palembang. sekarang sebagai Staf Pengajar di STAIN Langsa ACEH.

2.  Yadhi Rusmiadi Jashar (Penulis, Guru Bahasa Indonesia, Pimred Majalah PANTAU (1995-1997)

Yadhi Rusmiadi Jashar bernama asli Rusmiadi, S.Pd, lahir 12 Maret 1973. menamatkan studi di Universitas Sriwijaya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, tahun 1998. Pekerjaan yang ditekuni, antara lain Guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri 19 OKU (1999), Dosen FKIP Universitas Baturaja (2003), dan Guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri 41 OKU (2010). Semasa kuliah aktif di beberapa organisasi kampus, di antaranya Ketua II HMPSBI FKIP Unsri (1995-1996). Ketua Umum UKM Teater Unsri (1994-1996), dan Pimpinan Redaksi Majalah PANTAU FKIP Unsri (1995–1997). Selain itu, turut membidani lahirnya Komunitas Pengarang dan Penyair Muda Palembang sebagai Koordinator I (1995–1997).  Aktif menulis sejak duduk di bangku SMA, ditandai dengan dimuatnya cerpen Gigolo dan cerpen Gigolo Tua di Harian Sriwijaya Post. Karya-karya berupa cerpen, puisi, esei, dan artikel pernah dimuat Buletin Priiit, Majalah Gelora Sriwijaya, Majalah Pantau, Harian Sumatera Ekspres, Sriwijaya Post, dan Lampung Post, dan sebagainya. Menerbitkan secara terbatas buku kumpulan cerpen Orator (1995) dan kumpulan cerpen remaja Seraut Wajah dalam Bayangan (1996). Beberapa prestasi yang pernah dicapai, antara lain Juara I LKTI Tahun 1996 di Unsri, juara I LKTI Tahun 1997 di Unsri, Juara I Lomba Kritik Sastra Se-Sumatera Selatan Tahun 1997, Juara Harapan I LKTI Se-Sumatera dan DKI Jakarta Tahun 1997 di Universitas Bengkulu, dan Juara Harapan II Lomba Cipta Cerita Pendek se-Sumsel Tahun 1997 di Palembang. Beberapa kali diminta menjadi juri lomba baca puisi dan baca cerpen.

3. Ady Azzumar Creator Grop FB Rumah Puisi.

Ady Azzumar bernama asli Supriadi, S.Pd.I Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah SUMSEL th. 2008-2010, Aktifis Forum Media Dakwah Indonesia. Buku pertamanya kumpulan puisi “Ruh dalam Maksiat” penerbit Lieterer Kahtulistiwa (November 2010), “Kerdam Cinta Palestina” Antalogi bersama FLP se-Sumatera. (polifenol 2010). “Simponi Munajat Pada-Mu” (Oktober 2010). Munajat Sesayat Do’a (Leutika, 2010) antalogi puisi festival bulan purnama majapahit (2011)  Antalogi: Kisah Hewan bersama 30 penulis Indonesia (2010), Antalogi “Pahlawan yang Menginspirasiku” bersama 20 penulis Indonesia.

Karyanya pernah nongkrong di: Majalah Sabili, Gi-Zone, Gaul, Gemilang Prestasi, Harian Sriwijaya Post, Berita Pagi, Sumatera Ekpres, dll. Prestasinya: Juara II menulis cerpen se-Sumsel (2007) di Palembang, Juara Harapan II menulis puisi se-Sumsel (2007) di Palembang. Juara III menulis puisi se-Sumsel (2009) di Lubuk Linggau. Cerpen Pilihan Terbaik Kategori Kontroversi, UNSA AWARDS 2010.  Juara terfavorit 1 lomba Puisi Islami Rhomadhan 1431 H, Juara 1 puisi Pahlawan Inspirasi FLP Bekasi (2010), Nominasi 10 terbaik dalam lomba cipta puisi 1 Muharram ( group UNSA 2010)

Keputusan dewan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat, dan hal-hal yang menjadi penilaian oleh dewan juri, di antaranya: 1. Kesesuaian Tema 2. Kekuatan Metaphor dan Diksi, 3. Keindahan Puisi, 4. Kekuatan Pesan\Makna 5. Pemilihan Judul

Hadiah Pemenang Lomba :

  1. Juara 1: Uang tunai 500.000,- + Sertifikat penghargaan + T-Shirt dari Singapura oleh: Nessa Meta Kartika, mendapatkan buku antalogi puisi “Kado untuk Indonesia” + Buku kumcer  Bulan Celurit Api karya Benny Arnas + Buku Kumcer  Tangan untuk Utik karya Bamby Cahyadi + Buku Fiksi karya Uda Agus (Gusrianto) + buku puisi Ruh dalam Maksiat karya Ady Azzumar
  2. Juara 2: Uang tunai 300.000,- Sertifikat penghargaan + T-Shirt dari Singapura oleh: Nessa Meta Kartika, mendapatkan buku antalogi puisi “Kado untuk Indonesia” + KUMCER  Bulan Celurit Api karya Benny Arnas +  Kumcer  Tangan untuk Utik karya Bamby Cahyadi + Buku Fiksi karya Uda Agus (Gusrianto) buku puisi Ruh dalam Maksiat karya Ady Azzumar
  3. Juara 3: Uang tunai 200.000,- Sertifikat penghargaan + T-Shirt dari Singapura oleh: Nessa Meta Kartika, mendapatkan buku antalogi puisi “Kado untuk Indonesia” + KUMCER  Bulan Celurit Api karya Benny Arnas +  Kumcer  Tangan untuk Utik karya Bamby Cahyadi + Buku Fiksi karya Uda Agus (Gusrianto) buku puisi Ruh dalam Maksiat karya Ady Azzumar
  4. Akan dipilih seratus lima puluh (150) naskah terbaik untuk diterbitkan & Semua peserta tanpa terkecuali akan mendapatkan Piagam Penghargaan dengan Logo Group Rumah Puisi, logo Facebook, dan logo cover buku. Dikirim melalui via email peserta (dua minggu pengiriman setelah pengumuman lomba, melalui via email masing-masing).

Demikian pemberitahuan lomba puisi ini saya sampaikan, semoga terjalin kerjasama yang baik di antara penyelenggara dan peserta, serta pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam lomba puisi ini. TERIMAKASIH. Info ini boleh disebarkan ke sekolah-sekolah, perpustakaan, dll. Mari beri kado untuk gurumu dengan sebuah puisi.

Penyelenggara dan info lengkap Creator Grop FACEBOOK Rumah Puisi

Ady Azzumar: Jl. Ir. H. Djuanda No. 21 Kelurahan Ps III Muara Enim, 31314 (SUMSEL) CP 085267557556


Komentar

Foto Devi

cmmw tw... bukti transfer,,

cmmw tw... bukti transfer,, jika melalui email..bgaimana dikirim nya?
apakah dlm bntk foto?

Foto edi sst

Betul difoto

Betul, biasanya difoto pakai kamera digital lalu file-nya dilampirkan dalam email. Fotonya yang jelas terbaca ya. Moga2 aja kamu menang, Dev.

Foto Devi

lebih dari satu?

kalau mau ngirim karya boleh lebih dari satu?kalau boleh uang pendaftarannya dua kali lipat juga?

Foto edi sst

Wah, sebaiknya hal itu kamu

Wah, sebaiknya hal itu kamu tanyakan kepada CP-nya, Mas Ady Azzumar, di nomor hape seperti yang tercantum di atas. semoga kamu menang, ya ...

Foto Devi

Lomba puisi

selain Bank SUMSEl bisa ga?? Transfernya...

Foto edi sst

Ketentuan Panitia

Menurut ketentuan Panitia, kita diminta mengirim ke nomor rekening Panitia di Bank Sumsel Babel Cabang Palembang. Jika rekening Mas Fahmi banknya berbeda, transfer antarbank saja. Paling hanya kena biaya transfer. Selamat berlomba.

Foto Devi

kirim via pos

klo kirim karya lewat pos, buat yg dpet juara, di kirimnya lewat email atau pos lagi?

kalo uang pndftaran untuk satu karya atau bisa lebih?
terima kasih

Foto edi sst

Pemenang

Pengumuman di atas menyebutkan pemenang lomba akan diumumkan di blog, Facebook Ady Azzumar, Group Rumah Puisi, dan email. Jika data peserta lengkap, ada no. HP, alamat email, alamat pos lengkap, mungkin saja itu dijadikan alternatif oleh Panitia untuk menghubungi para pemenang. Untuk memastikan hal itu, coba kamu kontak Mas Ady Azzumar saja. Kayaknya tidak ada ketentuan uang pendaftaran hanya untuk satu puisi. Ok, semoga kamu menang, Hasy .. :)

Foto Devi

wow bagus nih... btw, ada

wow bagus nih... btw, ada lomba menulis puisi juga u/ menyambut bulan suci Ramadhan 1432 H/2011 M.
kunjungi http://puisi-cerpenku.blogspot.com/2011/07/lomba-menulis-puisi-1.html

sukses selalu ya...

Foto edi sst

ok

oke, segera sy meluncur

tks, salam sukses ... :)

Foto Devi

kok lama kali

kok lama kali

Foto edi sst

sudah ada ...

sudah ada pengumuman pemenangnya, Ica
daftar 30 besar pemenang lomba ini ada di sini http://www.jendelasastra.com/berita/pengumuman-30-besar-lomba-cipta-puisi-kado-untuk-guru-2011

salam ... :D

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler