Skip to Content

Lomba Puisi KSI Award 2011

Foto Mardiana Kappara

LOMBA PUISI KSI

Lomba Terbaru: Puisi KSI Award

 

KSI — lengkapnya Komunitas Sastra Indonesia— adalah sebuah organisasi masyarakat bidang kebudayaan akan berulang tahun ke-15 pada Desember 2011. Dalam konteks inilah lomba itu diadakan: untuk menadai dan merayakan ulang tahun.

Ini bukan lomba menulis puisi pertama yang dibikin oleh KSI. Beberapa tahun lalu, KSI yang didirikan oleh sejumlah sastrawan itu — antara lain Wowok Hesti Prabowo, Ahmadun Y Herfanda, Diah Hadaning dan lain-lain — telah mengadakan lomba serupa. Dari lomba itu kemudian lahir buku “Narasi 34 Jam” (Antologi Puisi Antikekerasan KSI Award) pada 2001. Buku itu disunting oleh Ahmadun Y. Herfanda, Diah Hadaning dan Endang Supriadi.

Anda tertarik untuk ikut lomba puisi KSI Award 2011? Berikut pengumuman lengkapnya:

 

Penghargaan Sastra

‘KSI Awards’ 2011

 

Bulan Desember 2011 Komunitas Sastra Indonesia (KSI) berusia 15 tahun. Untuk memaknai usia yang sudah cukup dewasa itu, kami akan memberikan KSI Awards kepada penyair yang puisinya dinilai terbaik oleh sebuah Tim Juri. Penghargaan — berupa uang tunai dan piagam penghargaan — tersebut akan diserahkan pada malam pembukaan Kongres KSI yang akan diadakan di Jakarta pada bulan Januari 2012.

Syarat-syarat bagi calon peraih KSI Awards adalah sbb.

 

1. Terbuka bagi semua penyair yang aktif atau pernah aktif di suatu komunitas sastra di Indonesia dan luar negeri, tanpa dibatasi usia dan tempat tinggal.

2. Mengirimkan 5 puisi terbaru (ciptaan tahun 2010-2011) yang belum pernah dipublikasikan dan belum pernah dibukukan.

3. Tema puisi bebas, diutamakan yang bernuansa lokal, atau kesan puitik tentang situasi kota tempat tinggal penyair.

4. Naskah puisi, disertai biografi singkat dengan menyebutkan komunitas sastra yang pernah diikuti, dan foto diri, dikirimkan melalui email ke ksastraindonesia@yahoo.co.id, CC ke shobir_ksi@yahoo.co.id, bwdwidi@yahoo.com, dan ahmadun.yeha@gmail.com.

5. Naskah harus sudah sampai ke email tersebut di atas (Panitia) paling lambat 30 Oktober 2011 pukul 12.00 WIB.

6. Dewan Juri akan memilih satu puisi “Juara Utama” yang berhak menerima KSI Awards 2011, empat “Puisi Unggulan” penerima penghargaan “Karya Terpuji”, serta 95 puisi pilihan untuk dibukukan bersama karya-karya para “Penyair Tamu” yang dipilih oleh Panitia Kongres.

7. Para pemenang akan diundang ke Jakarta untuk menerima Penghargaan yang akan diserahkan pada malam pembukaan Kongres KSI 2012, di Jakarta, pada bulan Januari 2012.

Selamat berkarya terbaik untuk meraih KSI Awards 2012.

 

Jakarta, 17 September 2011

PANITIA KSI AWARD 2011

 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler