Skip to Content

Novel Perdana Arthur Conan Doyle Beredar

Foto Hikmat
files/user/4/the-narrative-of-john-smith.jpg
Sampul novel The Narrative of John Smith (Sumber: amazon.co.uk)

Novel perdana karya Sir Arthur Conan Doyle, si pencipta Sherlock Holmes yang pernah "hilang" itu, akhirnya diterbitkan hari Senin, 26 September 2011. Novel The Narrative of John Smith itu ditulis antara 1883 dan 1884 serta mengandung kilasan menarik dari pikiran Doyle muda (saat itu berusia di awal 20-an tahun).

Manuskrip buku itu diambil dari koleksi surat-surat pribadi yang muncul dalam sebuah pelelangan pada 2004 dan dibeli British Library seharga hampir 1 juta poundsterling atau Rp 14 miliar. Novel yang ditulis dalam empat buku catatan setebal 130 halaman itu kini tersedia dalam bentuk buku dan diedarkan ke seluruh dunia, bersamaan dengan pameran memorabilia Conan Doyle di British Library, London, Inggris.

Sebenarnya, Doyle tak ingin buku pertamanya itu diterbitkan. Beberapa tahun setelah menulis The Narrative, Doyle pernah mengatakan bahwa dia merasa ngeri jika buku itu dicetak. Tapi para akademisi mendukung penerbitannya karena sumbangannya untuk memahami karya Doyle kemudian.

"Buku ini memberi kita suatu pandangan unik ke dalam perkembangan pikiran kreatif sang pengarang," kata Rachel Foss, salah satu penyunting The Narrative. "Ini usaha pertamanya untuk menjalani transisi dari penulis cerita pendek ke penulis novel."

Novel itu mengisahkan seorang lelaki tua berusia 50 tahun yang terkena encok dan terpaksa tidur di dipan selama sepekan. Dia kemudian berusaha untuk menulis sebuah buku dan menjelaskan pandangannya secara terperinci mengenai topik-topik, seperti kedokteran, agama, sastra, dan desain interior. Banyak dari pendapatnya yang menggemakan pikiran Doyle, seperti kepercayaannya terhadap pentingnya ilmu pengetahuan dan kedokteran serta keraguannya terhadap dogma agama.


Sumber: TempoInteraktif.com, Selasa, 27 September 2011 11:04 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler