Skip to Content

Parade Teater Sumbar 2012, Diisi 10 Karya Terbaik Seniman Sumbar

Foto indra

10 karya terbaik seniman Sumatera Barat, mulai nanti Jum'at (5/10) malam hingga tangal 9 Oktober mendatang akan ditampilkan di ruang teater utama Taman Budaya Sumatera Barat dalam bentuk Parade Teater 2012.

Karya tersebut merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat.

Kesepuluh karya tersebut yakni Wek Wek karya D.Djaya Kusumah dengan sutradara Tatang Rusmana, Jambo Beranak Duri Dalam Daging karya dan sutradara Sulaiman Juned, Dara Jingga karya Wisran Hadi dengan sutradara S.Metron, ICU karya dan sutradara Kurniasih Zaitun, Warisan karya Chairul Harun dengan sutradara Muslim Noer, Dendang Waktu karya dan sutradara Muhammad Ibrahim Ilyar, Titian karya Wisran Hadi dengan sutradara Armeynd Sufharil, Tanah Ibu karya dan sutradara Syuhendri, Pangeran Anggang karya Chairul Harun dengan sutradara Rizal Tanjung dan Teater Demokrasi karya Putu Wijaya dengan sutradara Enrico Alamo.

Penata kegiatan Parade 2012 Syuhendri kepada RRI mengatakan, segala persiapan untuk pementasan ke 10 karya tersebut sudah dilaksanakan semaksimal mungkin. Terkait dengan perkembangan dunai seni peran di Sumatera Barat, menurutnya saat sekarang mulai mundur.

Perhatian dan minat para generasi muda di Sumatera Barat sekarang banyak di pengaruhi oleh budaya luar.

"Dari pengamatan saya, generasi muda banyak lebih cendrung pada budaya-budaya luar. Salah satunya mereka lebih menyukai dunia operet dari para dunia teater," ujar Syuhendri, Jumat (5/10).

Untuk itu menurut Syuhendri, kedepan perlu diupayakan seni teater tersebut dapat di masukkan dalam kurikulum pelajaran di setiap sekolah yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumatera Barat.

Syuhendri berharap, dengan parade teater tersebut akan lahir para seniman teater yang kondusif dan berkembang dengan baik di Sumatera Barat.


rri.co.id, Jum'at , 05 Oktober 2012 09:40:11 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler