Skip to Content

Pelabuhan Tanjungpandan Berganti Nama Menjadi Pelabuhan Laskar Pelangi

Foto Hikmat
files/user/4/pelabuhan-laskarpelangi.jpg
Pelabuhan Laskarpelangi

Pelabuhan Tanjungpandan di Provinsi Bangka Belitung berganti nama menjadi Pelabuhan Laskar Pelangi. Pergantian nama itu disampaikan PT Pelabuhan Indonesia, Sabtu (11/6).

"Nama baru Pelabuhan Laskar Pelangi diharapkan bisa mendukung kemajuan wisata di Pulau Belitung," kata Manager Umum PT Pelindo II cabang Tanjungpandan, Mohammad Iqbal saat mendampingi Wagub Babel Syamsuddin meresmikan terminal penumpang Pelabuhan Laskar Pelangi Tanjungpandan, Babel.

Terminal baru ini mampu menampung calon penumpang hingga 200 orang. Pelabuhan seharga Rp 1,7 miliar ini diperlengkapi dengan ruang VIP dan pertokoan.

Penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata terharu ketika mendengar keputusan PT Pelindo II yang mengabadikan judul novelnya sebagai nama pelabuhan.

"Saya berterima kasih pada kreativitas Pelindo, ketika  bertemu Pak Iqbal (GM Pelindo Belitung) dan mengungkapkan idenya untuk memberi nama pelabuhan dari judul novel Laskar Pelangi," ucapnya.

Menurut Andrea, ada banyak novel yang isi dan judulnya  mengispirasi bergeraknya aktivitas ekonomi suatu daerah. Salah satunya terjadi di Hannibal, Iowa, AS tempat lahirnya penulis besar Mark Twain. 

"Nama-nama seperti pelabuhan, pelayanan air bersih, banyak yang diambil dari kisah di karya-karya Mark Twain seperti The Adventures of Huckleberry Finn dan The Adventures of Tom Sawyer, selain itu banyak tempat mengambil sisi karyanya seperti persembunyian Tom Sawyer," ujarnya. (ANT/Vin)


Sumber: Liputan6.com, Minggu 12/06/2011 10:51 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler