Skip to Content

Rumah Budaya Fadli Zon Gelar Seminar Teater

Foto indra

Rumah Budaya Fadli Zon bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia Padangpanjang menggelar seminar teater dalam rangka pekan apresiasi teater ke-5.

"Seminar ini bertemakan ’Keberpihakan Teater Kepada Penonton’ yang selama ini dinilai masih minim," kata Panitia Pelaksana, sulaiman Juned, di Rumah Budaya Fadli Zon, Selasa.

Dia menyebutkan suatu pertunjukan jika susah dimengerti penonton, maka seniman dinilai belum berhasil mencapai tujuan dari pelaksanaan pertunjukan itu.

Dalam seminar sehari yang digelar ini, kata dia, akan dibahas solusi dan pendapat cara menarik penonton dalam setiap pertunjukkan teater.

Seminar mendatangkan pembicara seperti Prof. Yudiaryani dengan materi "Membaca Pertunjukan Teatrikal dan Ruang Penonton", N. Riantiarno dengan materi "Masyarakat Teater Koma", Yusrizal KW dengan materi "Sosial Media dan Komunitas Untuk Teater", terakhir Edisuisno dengan materi "Merenungi Polariasi Teater Bagi Kebutuhan Tontonan".

Menurut Yudiaryani, pertunjukan teater membutuhkan komunikasi untuk merajut beragam ide dan intensi seniman dengan beragam tanggapan penonton. Komunikasi tersebut menjadi suatu cara penonton untuk mendekatkan dirinya yang disampaikan seniman.

"Perubahan intensi seniman misalnya terhadap penggunaan konvensi ruang pemanggungan terkadang membutuhkan tingkatan toleransi oleh penonton," sebutnya.

Penanggung jawab Rumah Budaya Fadli Zon, Edin Hadzalic menyebutkan, pihaknya selalu mendukung setiap kegiatan yang berbaur seni dan budaya.

"Kami mendukung setiap kegiatan yang berbaur seni dan budaya apa lagi budaya minang yang diselenggarakan masyarakat atau lembaga di Rumah Budaya ini," sebutnya.

Dia mengatakan bentuk dukungan yang diberikan kepada masyarakat untuk menggali potensi seni dan budaya tersebut dengan menyediakan fasilitas tempat dan lainnya.

"Sudah saatnya kita mempopulerkan kekayaan budaya bangsa, sehingga bisa lebih dikenal ke manca negara," sebutnya.


oase.kompas.com, Rabu, 17 Oktober 2012 02:16 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler