Skip to Content

Saini KM Jadi Tokoh Teater Indonesia 2012

Foto indra
files/user/762/malam-anugerah-fti-saini_km.jpg
Jumpa pers terkait pemberian anugerah teater Indonesia di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, Rabu (18/1/2012).

Pelaku teater kelahiran Sumedang, Saini KM, didaulat menjadi tokoh teater Indonesia berkat pengabdiannya selama 40 tahun bagi pengembangan dunia teater di Indonesia.

Pemberian anugerah itu akan dilakukan oleh Federasi Teater Indonesia (FTI), dalam acara FTI Award yang diselenggarakan di Taman Budaya Jawa Barat, 25 Januari mendatang. Dengan demikian,

Saini adalah pelaku teater pertama dari Jawa Barat yang menerima gelar tertinggi di Indonesia.

Dimulai sejak tahun 2006, penerima penghargaan ini adalah WS Rendra, Putu Wijaya, Nano Riantiarno, Slamet Rahardjo, dan Wisran Hadi.

Ketua FTI, Radhar Panca Dahana, mengungkapkan bahwa acara ini dibesut oleh pelaku teater dan diharapkan menjadi sarana apresiasi bagi pelaku teater, Rabu (18/1/2012).

Selama ini, banyak seniman yang kecewa karena mereka dituntut untuk meneruskan budaya, sementara mereka hanya diberi penghargaan berupa piagam dan uang ala kadarnya.

Penyelenggaraan acara ini sengaja dilakukan di tempat asal seniman tersebut. Radhar beralasan agar masyarakat juga bisa langsung mengapresiasi tanpa harus jauh-jauh ke Jakarta.


regional.kompas.com, Rabu, 18 Januari 2012 14:47 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler