Skip to Content

Sastrawan Asia Deklarasikan Perhimpunan Sastra

Foto Hikmat

Fadli Zon dan sejumlah sastrawan dan penulis dari Asia Tenggara hari Kamis (21/11/2013), mendeklarasikan Perhimpunan Sastra Budaya Negara Serumpun (PSBNS).

Acara deklarasi berlangsung mulai Pukul 09.30 WIB di Rumah Budaya Fadli Zon, Sumatera Barat. Dihadiri delegasi 6 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, dan Timor Leste, dengan total peserta lebih kurang 70 orang.

Dalam keterangannya yang diterima Tribunnews.com, Fadli Zon, dewan redaksi majalah sastra Horison yang juga pendiri Fadli Zon Library ditunjuk menjadi Ketua Umum PSBNS. Dr. Free Hearty sebagai Ketua Eksekutif, dan Dr. Sastri Sunarti Sweeney sebagai Sekretaris Jenderal.

Fadli Zon yakin, PSBNS akan menjadi jembatan penghubung dalam membina kerjasama antar negara serumpun. "Keanggotaan PSBNS tak hanya terbatas enam negara Asia Tenggara yang ikut deklarasi pada hari ini saja. PSBNS membuka diri kepada sastrawan dan budayawan dari berbagai negara lain," ujarnya.

Setiap negara yang tergabung dalam PSBNS disebut Chapter. Para Ketua Chapter diantaranya: Indonesia (Handoko F. Zain Sam), Brunei Darussalaam (Brahim Tengah), Malaysia (Jasni Matlani), Singapura (Anie Din), Timor Leste (Alexandra Araujo Tilman), dan Thailand (Dr. Nik Rakib).

Selesai acara deklarasi, dilanjutkan Peluncuran dan Diskusi Buku “Cerita Etnik 5 Negara” dengan pembicara: Dr. Eva Krisna, dan Harris Efendi Thahar. Moderator: Dayangku Mastura (Malaysia).

PSBNS memiliki program antara lain, penerbitan antologi cerpen dengan tema budaya etnis dan warna lokal masing-masing negara yang ditulis dalam bahasa Melayu; penerbitan tanggapan pembaca (kritik sastra).

Kemudian pertukaran penulis ke masing-masing negara anggota; pelatihan penulisan kreatif; pendirian kelompok pembaca; pengkajian akademis; dan penerjemahan karya sastra.


Sumber: tribunnews.com, Kamis, 21 November 2013 13:26 WIB

Komentar

Foto Ach. shobirin

puisi

salam kenal semua.......

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler