Skip to Content

Teater Tanah Air Berjaya di India

Foto indra
files/user/762/teater-tanah-air.jpg
Pentas Teater Tanah Air "Spectacle Zero" di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. (TEMPO/ Novi kartika)

Teater Tanah Air pimpinan Jose Rizal Manua kembali meraih prestasi internasional. Tampil dalam International Children Festival of Performing Art di India, mereka mendapat penghargaan sebagai penampil terbaik.

“Prestasi itu kami raih kembali, mereka tampil maksimal,” ujar sutradrara teater Jose kepada Tempo melalui pesan singkat, Rabu malam, 11 Desember 2013.

Mereka tampil mewakili Indonesia dalam festival yang digelar 5-8 Desember lalu di Gedung Auditorium Kamani, New Delhi, India, pada 7 Desember 2013. Anak-anak anggota Teater Tanah Air membawakan naskah Zero karya sastrawan Remy Sylado.

Naskah itulah yang mengantar mereka menjadi penampil terbaik. Naskah itu bercerita tentang upaya melindungi lingkungan dan bumi dari keserakahan manusia. Jose menjelaskan naskah ini dipilih karena bentuknya teater visual. “Naskah itu memukau 700-an penonton di gedung itu,” ujar Jose lagi.

Untuk tampil di festival ini, mereka menyiapkan diri selama sebulan. Naskah ini adalah naskah yang akan  dipentaskan saat mereka gagal berangkat ke Festival Teater Anak-anak Dunia ke-10 pada 2010. Pada festival yang sama pada 2006, mereka juga meraih prestasi sebagai penampil terbaik dan Jose terpilih sebagai sutradara terbaik.


tempo.co, Kamis, 12 Desember 2013 08:39 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler