Skip to Content

Yuk, Nonton Festival Teater Tertua di TIM

Foto indra

Festival Teater Jakarta kembali digelar. Rangkaian acara yang berlangsung dari 26 November hingga 13 Desember 2012 mendatang dapat menjadi pilihan hiburan yang mendidik bagi pecinta seni teater.

Festival Teater Jakarta adalah pergelaran akbar teater di wilayah Jakarta yang saat ini sudah menginjak tahun ke-40. Pada awalnya acara ini digelar untuk mencari potensi-potensi kreatif untuk dapat pentas di Taman Ismail Marzuki. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan dunia teater di Jakarta pada khususnya.

Festival ini setiap tahunnya rutin diadakan, jadwalnya sendiri biasanya ditempatkan di penghujung tahun. Hal ini dikarenakan proses pemilihan grup teater yang cukup panjang, diawalli dengan pemilihan di tingkat wilayah.

Rangkaian acara Festival Teater Jakarta ini selain berisi pertunjukan dari beberapa kelompok teater, diadakan juga workshop, pameran foto perjalanan Festival Teater Jakarta, serta diskusi mengenai dunia teater di Indonesia dan luar negeri. Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah “Membaca Aku Membaca Laku Membaca Tradisi”.

“Tidak ada syarat khusus, yang penting harus berada di wilayah Jakarta. Jenjangnya sendiri tidak ada batas, namun biasanya lebih banyak teater mahasiswa dan umum karena untuk teater pelajar ada eventnya tersendiri,” ujar Madin Tyasawan, Ketua Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta.

Menurut Madin, sejak tahun 1973 festival ini telah menghasilkan 22 grup teater senior, namun sayangnya saat ini hanya sekitar 10 grup teater saja yang masih aktif menelurkan karya kreatifnya. Grup teater senior ini merupakan grup teater yang telah memenangkan Festival Teater Jakarta ini selama tiga tahun berturut-turut.

“Ini salah satu ajang yang memberikan hiburan yang mencerdaskan masyarakat luas, selain itu untuk para pelaku teaternya ini adalah wadah untuk mengembangkan kreativitasnya. Sedangkan untuk Jakarta ini merupakan sebuah ikon tahunan, ini sudah tahun ke-40 dan menjadi salah satu festival tertua bahkan di dunia,” ungkapnya ketika ditemui Okezone di Gedung Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, baru-baru ini.

Untuk dapat menonton pertunjukan teater ini setiap penonton dapat membeli tiket yang harganya cukup terjangkau yaitu sekira Rp30.000.

“Para penonton yang datang ke tempat ini pun cukup beragam, dari mulai mahasiswa hingga eksekutif muda. Kalau dari asing sendiri terkadang ada, namun belum terlalu banyak,” tambahnya.

Pada Selasa 4 Desember 2012 malam adalah saatnya Teater UI yang menjadi salah satu finalis untuk menampilkan karyanya yang berjudul “Bung Besar”. Kisahnya menggambarkan kegelisahan seorang pemimpin besar yang dikuasai oleh penasihat politiknya sendiri.

“Cukup bagus untuk penampilannya, terlihat berpengalaman, ceritanya juga sesuai dengan pemerintahan saat ini,” ujar Nunu, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang mengaku tertarik datang ke FTJ karena mulai berkecimpung dalam dunia teater.

“Baru pertama kali sih, dan seru jadi kalau ada waktu mau deh datang lagi, tapi kalau bisa publikasinya lebih gencar lagi,” ujar Listiani, mahasiswa Yarsi, yang ditemui usai menonton pertunjukan “Bung Besar”.


travel.okezone.com, Rabu, 5 Desember 2012 21:33 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler