Skip to Content

ZEN DAN SENI HAIKU

Foto Beni Guntarman
ZEN DAN SENI HAIKU
ZEN DAN SENI HAIKU

guntarmanbeni.wordpress.com - Dalam konteks menambah wawasan tentang haiku tradisional Jepang (hokku) maka kita harus berbicara tentang pengertian Zen dan kondisi mental Zen: Mushotoku, Hishiryo, Zanshin, Fudoshin, Mushin. Lima kondisi mental Zen ini sangat jelas merupakan sumber atau akar dari berbagai aturan haiku Zen yang kita kenal sangat ketat. Sebagaimana yang dikatakan Matsuo Basho kepada murid-muridnya yang mengeluh tentang aturan yang ketat, Basho bilang: “Pelajari dan pahami. Setelah itu lupakan!”.

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler