Skip to Content

Tanya Jawab Seputar Jendela Sastra

Foto admin

Berikut ini adalah jawaban atas pertanyaaan seputar Jendela Sastra yang sering ditanyakan oleh pengunjung dan Anggota Jendela Sastra.

  1. Apa dan siapa Jendela Sastra itu?
  2. Siapa yang bisa menjadi Anggota di Jendela Sastra?
  3. Adakah syarat-syarat/ketentuan untuk menjadi Anggota?
  4. Apakah saya akan memperoleh imbalan (honorarium) atas tulisan-tulisan saya?
  5. Bagaimana dengan hak cipta tulisan-tulisan saya?
  6. Bagaimana cara menerbitkan karya sastra atau tulisan lain?
  7. Apakah tulisan saya langsung terbit, atau diterbitkan oleh Redaksi?
  8. Apabila saya tidak memilih Terbitkan, apakah tulisan saya akan terbit?
  9. Bolehkah saya membuat karya sastra dalam bahasa daerah?
  10. Bolehkah saya menulis karya sastra atau tulisan lain hasil karya orang lain atau menyalin dari situs lain?
  11. Bolehkah saya menyalin atau menerbitkan tulisan-tulisan di Jendela Sastra di situs web lain atau di media lain?
  12. Saya sudah mendaftarkan diri tapi tidak bisa login, apa yang harus saya lakukan?
  13. Saya sudah meminta kata sandi baru, tapi tidak menemukan emailnya di kotak masuk email saya, ke mana emailnya?
  14. Mengapa setelah logout/keluar, tulisan yang baru saya buat dan terbitkan tidak ada di halaman depan?
  15. Mengapa setelah logout/keluar, tulisan yang saya edit, hasilnya kembali ke tulisan sebelum saya edit?
  16. Mengapa komentar saya tidak langsung tampil?
  17. Saya mengirim pesan melalui halaman Hubungi Kami, mengapa tidak ada balasan atau ke mana balasan akan dikirimkan?
  18. Ke mana saya bisa menghubungi penulis secara langsung/pribadi?

 

 


 

 

  1. TANYA: Apa dan siapa Jendela Sastra itu?

    JAWAB: Jendela Sastra adalah sebuah situs web untuk mewadahi para pencinta sastra  Indonesia untuk saling berbagi karya sastra, warta, dan wawasan  kesastraan mereka. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca Tentang Jendela Sastra dan Isi dan Penulis Jendela Sastra.

  2. TANYA: Siapa yang bisa menjadi Anggota di Jendela Sastra?

    JAWAB: Siapa saja dapat mendaftarkan diri menjadi Anggota Jendela Sastra, gratis. Klik Buat akun baru untuk mendaftar, atau baca panduannya di Cara Menjadi Anggota/Penulis di Jendela Sastra.

  3. TANYA: Adakah syarat-syarat/ketentuan untuk menjadi Anggota?

    JAWAB: Ketentuan keanggotaan dan penulisan di Jendela Sastra dapat dilihat di Ketentuan Pengguna.
    Syarat lain adalah Anda sudah memiliki alamat email sendiri yang masih aktif. Email dapat Anda buat di mail.yahoo.com, gmail.com, dan lain-lain (Jendela Sastra tidak menyediakan layanan pembuatan email). Email digunakan oleh kami untuk mengirimkan pesan-pesan khusus terkait keanggotaan Anda atau terkait sistem Jendela Sastra dan tidak akan dipublikasikan atau diserahkan kepada pihak lain.

  4. TANYA: Apakah saya akan memperoleh imbalan (honorarium) atas tulisan-tulisan saya?

    JAWAB: Maaf, kami tidak memberikan imbalan (honorarium) atas tulisan yang Anda buat di sini. Kami juga tidak akan menarik biaya atas keanggotaan Anda.
    Jendela Sastra adalah sebuah situs web non komersial, kami-pengelola, dan semua anggota, memberikan kontribusi sesuai kemampuan masing-masing secara sukarela, bersama-sama melakukan sesuatu untuk sastra Indonesia.

  5. TANYA: Bagaimana dengan hak cipta tulisan-tulisan saya?

    JAWAB: Tulisan-tulisan yang diterbitkan di dalam situs ini adalah hak milik Anda sebagai penulisnya dan/atau pemilik/pengarang/penerbit asli tulisan tersebut. Anda dapat mencantumkan ketentuan tambahan tentang penerbitan/penyebarluasan tulisan Anda di luar Jendela Sastra apabila dirasa perlu. Untuk lebih jelasnya, baca Ketentuan Pengguna nomor 1.g dan 1.i.

  6. TANYA: Bagaimana cara menerbitkan karya sastra atau tulisan lain?

    JAWAB: Setelah menjadi Anggota dan/atau melakukan Login, menu Masuk (di kolom sebelah kanan, bagian atas) akan berubah menjadi menu keanggotaan Anda. Klik Buat Materi, lalu pilih jenis materi tulisan yang akan Anda buat.
    Menu tersebut dapat juga diakses dari menu Control Panel. Penjelasan yang lebih terperinci dapat dibaca di Cara Membuat Tulisan di Jendela Sastra.

  7. TANYA: Apakah tulisan saya langsung terbit, atau diterbitkan oleh Redaksi?

    JAWAB: Kebijakan Redaksi saat ini adalah, saat pertama kali membuat tulisan-tulisan, Anda tidak bisa langsung menerbitkan tulisan. Apabila keanggotaan dan tulisan-tulisan Anda tidak melanggar Ketentuan Pengguna, Redaksi akan mengaktifkan fasilitas Penerbitan Tulisan, setelah itu tulisan dapat diterbitkan oleh Anda sendiri dengan memilih Terbitkan di Penerbitan Tulisan saat membuat atau meng-edit tulisan.
    Jadi, apabila tidak melanggar ketentuan, tulisan-tulisan selanjutnya dapat langsung diterbitkan oleh Anda sendiri.

  8. TANYA: Apabila saya tidak memilih Terbitkan, apakah tulisan saya akan terbit?

    JAWAB: Walaupun tidak memilih Terbitkan, Redaksi akan menerbitkan tulisan Anda, kecuali bila melanggar ketentuan.

  9. TANYA: Bolehkah saya membuat karya sastra dalam bahasa daerah?

    JAWAB: Boleh, tuliskan sastra daerah mana di Label agar pembaca mudah mengenali, misalnya Sastra Sunda. Saat ini kami belum menyediakan kategori khusus sastra daerah, jadi gunakan Label untuk menandai sastra daerah. Apabila sastra daerah sudah banyak, kami akan menyediakan kategori khusus sastra daerah.

  10. TANYA: Bolehkah saya menulis karya sastra atau tulisan lain hasil karya orang lain atau menyalin dari situs lain?

    JAWAB: Selama tidak ada larangan dari penulis, penerbit, atau pemilik situsnya, boleh. Tuliskan penulis aslinya dan sumber tulisan tersebut. Perhatikan juga apakah ada ketentuan khusus dari penulis, penerbit, atau pemilik situsnya.

  11. TANYA: Bolehkah saya menyalin atau menerbitkan tulisan-tulisan di Jendela Sastra di situs web lain atau di media lain?

    JAWAB: Selama tidak ada ketentuan khusus dari penulisnya dan bukan untuk tujuan komersil, Anda boleh langsung menyalin atau menerbitkan kembali di situs lain dengan mencantumkan penulis dan alamat web (link) asal tulisan tersebut atau minimal mencantumkan www.jendelasastra.com sebagai sumber tulisan. Untuk keperluan komersial, Anda harus meminta ijin langsung kepada penulisnya. Baca Ketentuan Pengguna.

  12. TANYA: Saya sudah mendaftarkan diri tapi tidak bisa login, apa yang harus saya lakukan?

    JAWAB: Pastikan Anda login menggunakan Nama Pengguna dan Kata Sandi yang benar. Perhatikan juga bahwa Nama Pengguna di Jendela Sastra bukan alamat email Anda. Apabila kata sandi atau nama  pengguna lupa, Anda dapat meminta sistem untuk mengirimkan kata sandi baru: klik Permintaan kata sandi baru, kemudian isi Nama Pengguna atau alamat email Anda (saat mendaftar), isi kode CAPTCHA, lalu klik Kirimkan kata sandi baru. Sistem akan mengirimkan email berisi link khusus untuk mengubah kata sandi Anda, klik link tersebut.

  13. TANYA: Saya sudah meminta kata sandi baru, tapi tidak menemukan emailnya di kotak masuk email saya, ke mana emailnya?

    JAWAB: Pastikan Nama Pengguna atau email yang Anda masukkan benar (sesuai dengan Nama Pengguna atau email saat mendaftar). Apabila sudah benar, periksa kembali email beberapa menit kemudian, mungkin terjadi gangguan (delay), atau periksa kotak SPAM mungkin email dari sistem Jendela Sastra masuk ke dalam kotak SPAM. Kadang kala saat lalu lintas situs sedang tinggi, pengiriman email menjadi lambat. Kadang kala juga, email otomatis dari sistem terdeteksi sebagai SPAM oleh server email. Apabila masih kesulitan, hubungi kami melalui menu Hubungi Kami, pilih kategori Bantuan Teknis.

  14. TANYA: Mengapa setelah logout/keluar, tulisan yang baru saya buat dan terbitkan tidak ada di halaman depan?

    JAWAB: Sistem web kami menggunakan cache untuk memperingan kerja sistem dan mempercepat tampilan. Perlu waktu beberapa menit sampai beberapa jam sebelum sistem cache ter-update, sehingga tulisan-tulisan baru tidak langsung tampil di halaman depan.

  15. TANYA: Mengapa setelah logout/keluar, tulisan yang saya sunting/edit, hasilnya kembali ke tulisan sebelum saya edit?

    JAWAB: Sistem web kami menggunakan cache untuk memperingan kerja sistem dan mempercepat tampilan. Perlu waktu beberapa menit sampai beberapa jam sebelum sistem cache ter-update, sehingga hasil penyuntingan tidak langsung terlihat oleh pengunjung bukan anggota.

  16. TANYA: Mengapa komentar saya tidak langsung tampil?

    JAWAB: Komentar dari Anggota akan langsung terbit, tetapi komentar dari pengunjung bukan anggota akan melalui moderasi Redaksi, sehingga tidak langsung tampil.

  17. TANYA: Saya mengirim pesan melalui halaman Hubungi Kami, mengapa tidak ada balasan atau ke mana balasan akan dikirimkan?

    JAWAB: Halaman Hubungi Kami adalah halaman untuk mengirim pesan melalui email kepada Redaksi dan pengelola situs web Jendela Sastra, dan bukan kepada penulis (Anggota). Kami akan berusaha menanggapi email Anda secepatnya, dan tanggapan akan diberikan melalui email Anda, oleh karena itu Anda harus memberikan alamat email yang benar dan masih aktif.

  18. TANYA: Ke mana saya bisa menghubungi penulis secara langsung/pribadi?

    JAWAB: Penulis dan semua Anggota di Jendela Sastra hanya dapat dihubungi oleh sesama Anggota. Apabila Anda bukan anggota, daftarkan diri Anda, kemudian dari menu Pesan, klik Tulis Pesan, lalu tulis nama Penulis/Anggota yang ingin dihubungi; atau dari kotak Informasi Penulis/Pengguna saat membaca sebuah tulisan, klik tombol Kirim Pesan Pribadi di bawah foto penulis. Apabila sama-sama online, Anda dapat melakukan chatting menggunakan chat-bar di bagian bawah halaman Jendela Sastra.

 

 

Pilihan tampilan komentar

Pilih cara kesukaan Anda untuk menampilkan komentar dan klik "Simpan pengaturan" untuk mengaktifkan perubahan.
Foto agus purwanto

bung admin,ada yang salah

bung admin,ada yang salah dengan "pusara cinta"?kog ga'bisa .terbit ?makasih..,

Foto admin

re: bung admin,ada yang salah

hmmm...sekarang sudah bisa terbit kan ya? :)
iya mungkin anda menghilangkan tanda centang pada pilihan "Terbitkan"-nya, jadi tidak terbit.

Foto agus purwanto

makasih admin..,ada keindahan

makasih admin..,ada keindahan baru dlm hari2ku lwt media kita ini.

Foto Veronica Um Kusrini

Terima kasih yang mendalam.

Admin yth.
terima kasih sekali. Sungguh.

Foto admin

re: Terima kasih yang mendalam.

Sama-sama, terima kasih banyak telah bergabung dan sudi berbagi karya-karya anda di sini.

Foto Emil E Elip

Uload gambar profil

Pak/Bu Admin, saya baru saja bergabung dan terima kasih beberapa puisi saya dah muncul. Bagaimana ya caranya upload gambar profil saya. saya coba beberapa kali kok tidak bisa. Tq

Foto admin

re: Upload gambar profil

Foto profil bisa di-upload di menu "Profil saya", kemudian klik "Sunting", nanti ada kolom "Unggah foto".

Foto admin

re: foto

Foto profil:
Klik menu "Profil saya", kemudian klik "Sunting", terus agak di bawah halaman sunting tersebut ada "Unggah Foto" untuk mengunggah/meng-upload foto profil anda.
Klik Simpan.

Foto dalam tulisan:
Unggah foto di bagian "Lampiran" saat membuat tulisan.

Foto Nyda Berliana

waktu

kira-kira jarak antara penulis menyimpan tulisan dan redaksi menerbitkan selang berapa lama ya?

Foto admin

re: waktu

untuk tulisan pertama, tulisan tidak bisa langsung terbit, karena kami harus memastikan terlebih dahulu apakah tulisan tersebut spam atau bukan, jadi waktunya tidak tentu, tapi kami usahakan secepat mungkin.

untuk tulisan selanjutnya langsung terbit - penerbitan diatur sendiri oleh penulis.

mohon maaf jika jarak penulisan dan penerbitan tulisan anda terlalu lama, semoga tidak kapok menulis di jendela sastra :)

Foto Misnoto Madura

Diterbitkan dalam bentuk buku

Admin, apa boleh saya menerbitkan karya-karya saya yang diterbitkan Jendela sastra dalam bentuk buku? Terimakasih.

Foto admin

re: Diterbitkan dalam bentuk buku

kalau tulisan karya Anda sendiri boleh

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler