Skip to Content

Server untuk Jendela Sastra

Foto admin

Wahh... untuk kesekian kalinya di tahun 2011 ini, web kita ini di-suspend  (dinonaktifkan sementara) oleh pemilik server. Hari ini (29/4/11) dari pukul 15.00 sampai dengan pukul 19.30, Jendela Sastra di-suspend lagi. Kali ini yang paling lama dibandingkan sebelum-sebelumnya. Antara senang & sedih sih, senang-karena penyebabnya adalah jumlah pengunjung yang naik terus, sedih-karena web ini jadi sering mati dan sangat mengganggu kenyamanan.

Tempat hosting Jendela Sastra (MWN), sang pemilik server, mempunyai kebijakan untuk men-suspend web yang paling sibuk jika server down. Jadi... ya begitulah, kita yang kena.

Solusinya? Solusi terbaik tentu saja harus memiliki server sendiri. Selama belum memiliki server sendiri, selama masih menggunakan shared hosting, kita harus sabar jika web kita ini tiba-tiba mati atau di-suspend. Tapi, selama belum memiliki server sendiri, solusi sementara yang akan dilaksanakan adalah:

  1. Optimasi kode program supaya kerja server lebih ringan.
  2. Menambah komponen yang di-cache dan menambah umur cache.

Optimasi kode program... ops... padahal awalnya Jendela Sastra ini adalah proyek santai untuk mengisi waktu luang :) tapi tampaknya sekarang harus bekerja lebih serius lagi karena Jendela Sastra sudah menjadi rumah milik bersama begitu banyak orang, tanggung jawab untuk menjaga kenyamanan para penghuninya pun semakin besar.

Menambah komponen yang di-cache dan menambah umur cache, nah... ini akan menyebabkan update web semakin jauh dari real time. Tidak apa-apa ya... sabarnya ditambah sedikit :)

Ya... mudah-mudahan secepatnya bisa mempunyai server sendiri, masih banyak rencana untuk web ini yang terpaksa ditunda lagi karena masalah server down, overload, & suspend-men-suspend ini.
Ada yang mau nyumbang server? :)

Oh ya, sekali lagi, untuk seluruh anggota dan pengunjung Jendela Sastra, kami mohon maaf sebesar-besarnya jika sewaktu-waktu Jendela Sastra di-suspend lagi.

Pilihan tampilan komentar

Pilih cara kesukaan Anda untuk menampilkan komentar dan klik "Simpan pengaturan" untuk mengaktifkan perubahan.
Foto ombi

Ada yang mau nyumbang server?

"mudah-mudahan secepatnya bisa mempunyai server sendiri, masih banyak rencana untuk web ini yang terpaksa ditunda lagi karena masalah server down, overload, & suspend-men-suspend ini."
Ada yang mau nyumbang server? :)

Foto bangts

Nyumbang??

Nyumbang karta sastra aja ah..mbil belajar ma Om Ombi
heheheeeee.....

Foto Hikmat

sistem cache

sistem cache-nya sudah ditingkatkan, tapi mungkin 1-2 hari ini web masih lambat karena belum ter-cache semua & masih perlu penyesuaian di sana-sini.

untuk seluruh pengunjung, mohon diinformasikan jika ada yg error. terima kasih.
----

o ya buat yg sering berkunjung ke jendela sastra, kalau tampilannya kacau, cukup tekan F5 (refresh) atau kalau bandel, CTRL + F5.

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler