Skip to Content

Trik Belajar

Foto Gellis

TIPS DAN TRIK CARA BELAJAR YANG BAIK

 1. Belajar Kelompok

Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar yang lebih baik dan menyenagkan karena ditemani ole teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaliknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Dan ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebaian kelompok, baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.

2. Rajin membuat catatan intisari pelajaran

Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca dimanapun kita berada.

3. Membuat perencanaan yang baik

Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengna kemampuan yang kita miliki. Jangan menargetkan yang nomr satu jika saat ini kita masih diluar 10 besar di kelas. Buat rencana belajar yang diprioritaska pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.

4. Disiplin dalam belajar

Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik.

5. Menjadi aktif bertanya dan ditanya

Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman, atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang berlum dipahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawabannya yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama dengan teman-teman.

6. Belajar dengan serius dan tekun

Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan, ketika waktu luang baca kelmabli catatan yang telah dibuat tadi dan hafalkan sambil dimengerti. Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Pelajarilah kembali soal-soal yang salah dijawab.

7. Hindari belajar berlebihan

Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur pada waktunya, karena jika begadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan.

8. Jujur dalam mengerjakan ulangan

Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulaangan. Mencontek dapat membuat sifat curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus menerus dan cendrung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Selain itu juga dapat menimbulkan perasaan malas untuk belajar.

“Semoga tips cara belajar yang benar ini dapat memberikan mafaat untuk kita semua dan menyadarkan kita untuk giat belajar karena belajar adalah  kunci sukses menuju masa depan yang cemerlang.”

 

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler