Skip to Content

Badai Kehidupan

Foto musthohar

( SISWA MASUK KELAS, SUASANA RAMAI, JOGED, BEL BERBUNYI, GURU MASUK, SISWA MENATA KURSI)

 

Siswa 1     : ( masuk sambil jogged)

Andi           : ( wajah murung, sedih)

Siswa 2     :

Andi           : aku sedih. Sedih sekali !

Siswa 3     : kenapa ?

Siswa 4     : ya kenapa? Dari tadi aku lihat kamu murung dan sedih ?

Siswa 5     : ada masalah apa ? cerita sama kita !

Andi           : bapak !

Siswa 6     : bapak mu kenapa ?

Andi           : Bapak !

Siswa 2     : kenapa dengan bapakmu ?

Andi           : bapak melarangku sekolah.

Siswa 3     : apa melarang kamu sekolah?

Andi           : ya. Aku dilarang sekolah .  kata bapak" Pekerjaan di sawah sangat banyak, sekarang musim panen, jadi aku harus bantu dia, memetik Lombok dan terong" . kalau aku gak kesawah aku gak akan dikasih uang sekolah.

Siswa 3     : wah ! kok begitu ya bapak mu ?

Siswa 2     : aku tidak setuju dengan bapakmu.

Andi           : katanya sih meskipun tidak sekolah, aku juga masih bisa bekerja.

Siswa 6     : apa bapak mu menginginkan kamu seperti dia ? "ke sawah setiap hari bawa cangkul, kepanasan, kehujanan", itu kan berat buat kamu, kalau kamu gak kuat bisa-bisa kamu sakit.

Siswa 4     : kalau semua orang tua ingin anaknya bekerja di sawah ! bagaimana Negara kita bisa maju ! apa kata dunia ?

Siswa 2     : benar ! padahal Negara kita adalah Negara yang kaya akan sumber daya alam. Orang bilang Indonesia adalah negara gemah limpah loh jinawih. Tapi kenapa rakyatnya banyak yang miskin, kelaparan, gizi buruk.

Siswa 3     : ya benar ! lebih gila lagi , sekarang BBM naik, harga kebutuhan pokok juga ikut naik ! tapi kenapa gajih buruh kok gak ikut naik ? pada hal kalau yang satu naik yang lain juga harus naik !

Siswa 4     : pemerintah tidak adil.

Siswa 2     : kenapa sih ! pemerintah menaikan BBM, padahal Indonesia Negara penghasil minyak bumi terbesar ketiga di dunia.

Siswa 4     : katanya sih harga minyak dunia naik ! kalau harga BBM gak dinaikan negara  akan mengalami kekurangan APBN.

Siswa 2     : ngomong APBN ! kaya DPR aja !

Siswa 3     : kalau Negara mengalami kekurangan APBN, kenapa harus ada BLT ?

Siswa 4     : " ono' – ono' wae pemerintah"

Siswa 5     : gimana rakyatnya bisa makmur, kalau rakyat didik menjadi pengemis !

Siswa 4     : maksud loh….h!

Siswa 5     : gimana tidak menjadi pengemis, buktinya banyak masyarakat yang rela mendaftarkan dirinya menjadi daftar orang miskin, demi BLT.

 

 

 

 ( BEL BERBUNYI, SISWA MENATA T EMPAT DUDUKNYA, GURU MASUK KELAS)

Guru          : ( ketuk pintu ) assalamu'alaikum Wr. Wb

Siswa        : wa'alaikum salam wr. Wb.

Guru          : good morning student's ?

Siswa        : good morning teacher?

Guru          : how are you to day?

Siswa        : we are fine ! teacher !

Guru          : good…. good…. good….  I am very happy

Siswa 4     : Pak ! sekarang waktunya pelajaran IPA, bapak malah berbahasa inggris ?

Guru          : ya benar…! Tapi pak guru hanya ingin tahu, apa kalian juga pandai berbahasa asing. Sebab pak guru dengar, ada sebagaian masyarakat yang menganggap sekolah kita tidak bisa bahasa inggris. Eh …ternyata anggapan masyarakat tidak benar. Buktinya kalian juga fasih dalam berbahasa inggris. Sekarang buka buku pelajarannya !

Siswa        : ( membuka tas mencari buku, dan mengambil kitab/ buku)

Guru          : ( guru membacakan) BAB 5. KEKAYAAN ALAM INDONESIA

                                   Indonesia adalah Negara agraris, mayoritas penduduk berpenghasilan dalam sektor  pertanian. Tanah yang subur cocok untuk berbagai macam tanaman. Sebab Indonesia terletak pada daerah katulistiwa, sehingga memiliki dua musim. ( cerita " saya jadi teringat dengan nyanyian gomblo " bukan lautan hanya kolam susu, buka……., kata orang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dilempar jadi tanaman )

 

Selain itu Indonesia juga kaya akan kekayaan alam, baik yang ada di daratan maupun di lautan. Menurut badan BPS ( badan pusat statistik ) menyebutkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa penghasil emas terbesar ke empat di dunia, minyak bumi terbesar ke tiga di dunia, tapi…….( menangis sedih )

Siswa        : ( ikut sedih) tapi kenapa bapak menangis ? bapak sakit ya ?

Guru          : tidak ! bapak tidak sakit, bapak Cuma teringat dengan peristiwa 2 bulan yang lalu ?

Siswa        : 2 bulan yang lalu ada apa pak ?

Guru          : dua bulan yang lalu di makasar ada seorang ibu dan dua buah anaknya mati bersamaan akibat kelaparan. Padahal mereka hidup di negri yang kaya akan kekayaan sumber alamnya. Bapak jadih sedih mengingat peristiwa tersebut, mungkin semua ini disebabkan oleh moralitas bangsa Indonesia yang sudah bersifat individualis dan serakah, terutama pejabat pemerintah. ditambah buruknya pendidikan di Indonesia. ( bel berbunyi )

Guru          : Karena waktunya sudah habis, bapak akhiri dulu pelajaran kita pada hari ini, wassalamu'alaikum wr, wb

Siswa        : ( Bersama ) pak pulang ya pak ?

Guru          : ya silakan pulang ke rumah masing-masing.

Siswa        : Ye………

 

Musik Ilustrasi

( GURU DAN SISWA KELUAR DARI DALAM KELAS) ( BAPAK , IBU dan  ANDI PERGI KE SUNGAI SAMBIL LARI)

 

Bapak        : andi….andi…..andii…( makin keras)

Ibu             : ada apa pak ! pagi-pagi sudah teriak-teriak, bapak habis sarapan di warung ya ?

Bapak        : enak aja ! kalau ngomong itu jangan ngawur !

Ibu             : habis bapak teriaknya kenceng banget, kayak orang habis sarapan tiga piring aja.

Bapak        : saya mencari andi bu ! kemana dia ? aku panggil dari tadi tidak  menjawab.

Ibu             : oh….andi pak ?

Bapak        : ya..!

Ibu             : kelihatannya dia tadi lari tergesah-gesah sambil pegang perut, mungkin dia lagi ke sungai buang hajat.

Bapak        : ya … sudah kalau begitu. Aku pikir dia pergi kemana !

Ibu             : pak lihat tas warna hijau nggak pak?

Bapak        : tas

Ibu             : iya tas warna hijau.

Bapak        : ibu mau kemana pagi-pagi sudah mencari tas ?

Ibu             : mau pergi ke pasar pon ! beli beras dan minyak goreng.

Bapak        : ini bu tasnya,  oh ya …. Jangan lupa belikan bapak tape ya bu ? sudah lama bapak gak makan tape.

Ibu             : ya…ibu berangkat dulu ya ..pak ?

Bapak        : tunggu buk !

Ibu             : ada apa ?

Bapak        : hati-hati kalau dijalan.

Ibu             : ibu berangkat dulu ya pak ? dada bapak…..k!

( IBU KELUAR, ANDI MASUK )

Andi           : wah ….! Enak tenan …..

Bapak        : enak tenan…enak tenan… habis dari mana kamu ?  bapak tunggu dari tadi gak pulang-pulang.

Andi           :  bapak !

Bapak        : hari ini kamu tidah usah pergi ke sekolah, sekarang waktunya musim panen, terong dan lombok yang ada di sawah sudah waktunya untuk dipanen,  kalau kamu nggak mau ikut ke sawah bapak nggak akan kasih kamu uang buat sekolah.

Andi           : tapi…..tapi…

Bapak        : gak pakai tapi-tapian.

Andi           : tapi andi kan harus sekolah, pak ?

Bapak        : kalau kamu gak mau Bantu bapak, ya.. sudah! bapak gak akan kasih kamu uang buat sekolah lagi !

Andi           : ya sudah kalau memang itu mau bapak ! padahal hari ini andi harus ujian.

Bapak        : sudah…. Ganti baju sana ujian kan bisa lain kali, yang penting kamu sekarang Bantu bapak memanen lombok dan terong di sawah, bapak berangkat dulu. Jangan lupa bawa keranjang terongnya. Bapak tunggu di sawah.

Andi           : ya  pak ..! ( andi pergi dengan wajah penuh kekesalan)

 

Musik

 

( IBU PULANG DARI PASAR, SEORANG GURU MENDATANGINYA)

Ibu             : pak…pak…? Kemana bapak , tadi minta dibelikan tape, sekarang gak ada di rumah, ( ibu kaget melihat seragam andi ) ini kan seragam andi, apa andi tidak masuk sekolah hari ini. Padahal kemarin dia bilang besok ada ujian tapi kenapa seragamnya masih tetap disini. Jangan-jangan..!

Guru          : assalamu'alaikum

Ibu             : jangan-jangan..?

Guru          : assalamu'alaikum…

Ibu             : wa'alaikum salam….eh pak guru. Maaf pak ! mari silakan masuk.

Guru          : terima kasih bu..! begini bu maksud kedatangan saya kemari mau menanyakan andi.

Ibu             : memang kenapa dengan andi ?

Guru          : ya ..itu yang mau saya tanyakan kepada ibu " kenapa andi tidak masuk hari ini ? padahal hari ini kan dia harus ujian?" kenapa dia tidak masuk sekolah? Apa andi sakit ?

Ibu             : tidak pak..! saya dari tadi juga bingung mencari andi, padahal kemarin dia bilang besok pagi ada ujian, tapi kenapa seragamnya sekarang masih ada di rumah. Jangan-jangan…?

Guru          : Jangan-jangan…? Kenapa bu ?

Ibu             : Jangan-jangan dia pergi ke sawah sama bapaknya. Soalnya tadi pagi bapaknya mencari – cari dia.

Guru          : kalau begitu tolong antar saya bu.

Ibu             : mari pak !

 

Musik

 

( GURU DAN IBU PERGI KESAWAH, ANDI DAN BAPAKNYA SEDANG MEMASUKKAN TERONG KEADALAM KERANJANG)

 

Ibu             : andi…andi…..

Andi           : ada apa bu….eh pak guru… maaf pak !

Guru          : andi kenapa hari ini kamu tidak ikut ujian ?

Ibu             : padahal kemarin sore kamu bilang besok ada ujian !

Bapak        : dari tadi bapak dengar kamu sendiri ..? maaf pak saya kira andi ngomong sendiri.

Guru          : begini pak badrun, hari ini kan andi ada ujian kenapa dia tidak masuk ? sayangkan kalau tidak ikut, apalagi sekarang waktu ujian akhir, kalau tidak ikut dia tidak akan bisa melanjutkan sekolah lagi.

 

 

 

Ibu             : iya pak, betul kata pak guru.

Bapak        : betul-betul, apanya yang betul. Saya tadi memang sengaja melarang andi untuk tidak masuk ujian, karena menurut saya ujian tidak terlalu penting.

Guru          : maksud bapak.

Bapak        : maksud saya, meskipun saya gak pernah ikut ujian ! saya juga bisa makan, dan membiayai kebutuhan anak istri saya.

Guru          : memang betul pak….. tidak ikut ujian, semua orang masih juga tetap bisa makan, dan membiayai kebutuhan anak istri. Tati ujian itu tidak ada kaitannya dengan makan, dan membiayai anak istri, ujian itu kaitannya dengan pendidikan.

Ibu             : ya pak…..! pak guru benar.

Bapak        : kalau begitu….apa dengan pendidikan bisa menjamin kita bisa makan ?

Guru          : bapak ini gimana…sih ? ya tidak lah pak..! masa..! orang yang berpendidikan saja yang bisa makan. Meskipun tanpa pendidikan semua orang juga masih bisa makan.

Bapak        ; kalau begitu…..apa gunanya pendidikan.

Guru          : pak…soal makan dan tidak makan itu adalah masalah rizqi, dan rizqi itu sudah ada yang ngatur, sudah ditentukan sama yang atas sana.

Bapak        : kalau rizqi sudah ada yang menagatur dan menentukan. Lalu apa gunanya pendidikan.

( BAPAK , IBU DAN ANDI MENDENGARKAN GURU DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH, TIBA-TIBA PAK BADRUN PINGSAN)

 

Guru          : bapak ini gimana sih…! Dalam sebuah hadist disebutkan :

 

                                                      طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة  

                               Artinya mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi orang muslim laki-laki dan perempuan. Jadi sebagai orang islam kita itu wajib mencari ilmu, baik ilmu umum msupun ilmu agama.

                               Dan dalam al-qur'an allah berfirman :

يرفع الله الذين امنو منكم والذين اوتوالعلم د رجات                                         

 

                               Artinya " allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu" jadi itulah tujuan pendidikan. Kalau derajat seseorang sudah diangkat oleh allah, tentu dia akan memperoleh kehidupan yang bahagia baik dunia maupun di akhiratnya.

Bapak        : ( pingsan )

Andi           : pak….bangun….pak…..bangun

Ibu             : andi bapakmu kenapa…?( panik sambil menangis)

Guru          : pak badrun….

Andi           ; pak guru bagaimana ini pak.? bapak saya..?

Guru          : andi janganlah kamu menangis dan panik sebaiknya kita bawah aja kerumah sakit. Sekarang kita bawah pulang aja dulu ke rumah.

Ibu             : ( menangis) pak bangun pak…X

 

( DOKTER DAN PERAWAT MASUK, SUSTER SIBUK MENCATAT, DOKTER SEDANG ASYIK TELPON )

Dokter       :  ( masuk, dan telpon bordering ) wa'alaikum salam……ya…di sini dokter arga ? ada yang bisa saya bantu.

Suster       : bapak nggak usah bantu ini kan kerjaan saya ?

Dokter       : oh …mama….. …. biarkan saja dulu ?

Suster       : au….au… (ketakutan)  

Dokter       : kenapa ma…..au…au… ? aku kira ada apa..?

Suster       : ini jadi ditaruh dimana pak ?

Dokter       : biarkan saja dulu ?

Suster       : apa di biarkan..! bapak ini gimana sih tempat berantakan begini kok suruh biarkan saja ?

Dokter       : saya kan sudah bilang biarkan saja dulu nanti saya yang urus ?

Suster       : terus sekarang apa yang saya kerjakan…?

 

 

 

 

Dokter       : istirahat aja dulu kalau capek…!

Suster       ; apa pak..? istirahat…?

Dokter       ; ya….sudah ya maa…emmmah hati-hati dirumah ya..ma..! wa'alaikum salam. ( kaget…)

Dokter       : kamu ini gimana sih….! disuruh bersihkan malah duduk-duduk. Nanti kalau ada pasien yang datang. Gimana ?

Suster       : tadi kan bapak sendiri yang suruh saya istirahat dulu..?

Dokter       : kalau kamu istirahat, apa kata pasien nanti..! masa..! " kantor dokter arga ternyata gak rapi". Apa kata orang nanti…….

Musik

( ANDI-GURU, BAPAK, IBU MASUK )

Andi           : pak…..tolong bapak saya pak…?

Dokter       : ya … silahkan…..? kenapa bapakny…?

Ibu             : tidak tahu dok…tadi tiba-tiba saja, dia pinsan tak sadarkan diri.

Dokter       ; apa bapaknya sering pingsan, kalau di rumah?

Ibu             ; tidak..dok, baru kali ini saja dia pingsan.

Dokter       : apa sebelum pingsan, merasakan keluhun ?

Ibu             : tidak ..! dok…., tapi beberapa hari dia sering merasa perutnya sakit, sesak nafas, batuk-batuk, dan kepala pusing.

Dokter       : ( memeriksa mata..) eh…maaf bu….saya…saya…

Ibu             ; kenapa dok…?

Dokter       : maaf bu ..! bukannya saya menakut-nakuti, tapi penyakit suami ibu sudah parah dan sangat kecil kemungkinan untuk sembuh.

Andi           : bapak sakit apa dok..!

Dokter       : bapak mu kena penyakit, tipes dan jantung.

Andi           : apa ?

Dokter       ; ya ..andi..!

Andi           : jadi….jadi….

Bapak        ; ( sadar,tapi dalam mata tertup dan memanggil-mangil ) andi….andi….

Andi           ;  ya pak ..andi di samping bapak..

Bapak        : andi maaf kan bapak ya.. nak?

Andi           : ya ..andi sudah maafkan bapak…!

Bapak        : maafkan bapak,sebab bapak telah melarang kamu untuk sekolah, bapakbaru sadar. Ternyata apa yang dikatakan oleh gurumu itu benar.

Andi           ; sudahlah pak..? bapak tidak usah memikirkan masalah tadi. Bapak istirahat saja dulu.

Bapak        ; tidak andi, bapak rasanya sudah tidak kuat, mungkin sebentar lagi bapak akan istirahat untuk selama-lamanya.

Ibu             : tidak …pak..? kenapa bapak bicara begitu..?

Bapak        : bu aku pesan tolong jaga andi ya bu..? dan didik dia, ibu harus mengusahakan agar dia tetap bisa sekolah, kalau perlu sawah dibelakang rumah, ibu jual buat biaya sekolah andi.

Ibu             : andi….

Andi           ; pak….bapak….( menangis )

Guru          : انا لله وانا اليه راجعون  andi bapak mu sudah meninggal. Sabar ya andi…

                                                         ( SEMUA MENANGIS )

Musik

 

 

TAMAT…………

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler