Skip to Content

Aku Bangkit

Foto Gezi Rezki Rahim Mariaz Putri

Aku memang anak remaja yang senang akan pergaualan, tapi bukan pergaulan bebas maksudnya. Pergaulan yang biasa-biasa saja, ya paling tidak pergaualan yang mesih di jalannya, nggak melampaui bataslah.

Aku juga bisa di bilang sebagai remaja putri yang pemalas, setidaknya itu pandangan orang padaku, tapi, masa iya sih? Kan aku cuma ingin senang-senang kaya remaja lainnya, ingin merasakan indahnya hidup dengan nggak banyak beban. Tapi ya...sudahlah, toh itukan katanya orang, bukan aku, ya nggak? hehehehe. Aku akui deh, aku memang pemalas, nggak suka di suruh-suruh, egoisan, pemalu, pendiam, jutek, nyebelin, kadang galak, kadang juga baik, aneh banget kalo dipikir-pikir sifatku ini. Aku saja bingung dengan sifatku apa lagi orang lain ya? Teman-temanku juga bilang kalo aku suka baling-baling bambu, iets bukan baling-balingnya Doraemon ya?  

Hadoh, kalo di ceritakan semua tentang sifatku, ntar nggak masuk-masuk ni ke topik ceritanya, iya nggak? Benerkan? Yaudah deh langsung aja ke ceritanya.

Memang, rambut sama hitam tapi yang namanya pendapat tentu saja berbeda-beda, tapi nggak apa yang penting happy. hehehehe. Jujur aja, aku bukan penulis, aku bukan sastrawan, dan aku juga bukan artis. Aku ingin punya kehidupan yang damai dan tentram, aku ingin segala hidupku nggak di atur-atur, aku nggak suka kritikan dan juga saran. Aku juga nggak mau jalani hidup yang tak tau arah dan nggak jelas. Tapi, mungkin nggak ya? aku bisa sukses, sedangkan sifatku yang kaya gitu. Hhhhmmm aku bingung.

Aku coba agar aku nggak malas-malasan lagi, aku juga coba agar aku ngerubah sikap aku yang jelek menjadi baik, tapi itu terasa sulit. Bagaimana mungkin aku bisa sukses, huft kayanya nggak mungkin kalo aku mesih begini. Aku selalu berfikir, tapi itu hanya fikiran dan berkhayal menjadi orang sukses. Sukses dalam arti kata pekerjaan tetap dan juga menyenangkan, mapan, hidup mewah, dan bisa ngebahagiakan orang-orang yang ku sayang. Sayang ya? cuma khayalan.

Aku hanya remaja putri yang mesih duduk di bangku SMA, pikiran belum seperti pikiran orang dewasa sih, sifatpun kekanak-kanakan, tapi satu niatku "SUKSES". 

***

Nggak tau kenapa, seperti biasa kalo di hari libur yakinkan malas-malasan, mengurung diri di kamar sambil berkhayal, asyiknya. Maklumlah kebiasaan rutin kalo lagi libur mah emang begini. Tapi, ada yang janggal dengan pemikiranku kali ini. Mau tau apa? Hhhmmm masa aku tiba-tiba berfikir tentang masa depanku? janggalkan? menurutku sih janggal. Dan nggak tau kenapanya lagi, aku jadi makin semangat dengan pemikiran yang kaya gitu.


"Huft, kalo dipikir-pikir aku kok males banget ya? Gimana mau sukses ya kalo gini trus. Apa aku nggak kasian ngeliat mama yang terus-terusan kerja keras, ngingetin aku dan bilang "Zizi, kamu itu belajar dong. Jangan bisanya malas-malasan, kamu nggak kasihan apa liat mama? kamu nggak mau apa ngebahagiain mama?" selalu saja itu yang terlontar dari mulut mamaku. Itu malah membuatku kesal dan makin malas" itu yang ada di pikiranku saat aku lagi tiduran di atas kasur empukku.

Tapi, ketika aku membayangkan wajah mama, aku cukup kasihan juga, malah aku berfikir "Gua kasian banget ngeliat nyokap sebenarnya, tapi yyyaaa ini kan sifat gua? mau dia apain lagi? tapi, bener katanya mama. Gua harus bisa buat nyokap bahagia, gua nggak peduli gua mau capek kek, mau enggak kek, yang jelas gua nggak boleh malas-malasan lagi, gua harus sukses, harus, nggak bole enggak".

Entah apa yang terjadi, gua malah bergegas bangun, langsung ngambil air untuk nyiram bunga, setelah bunga-bunga tersiram dengan sejuknya air, eh aku malah ngamabil sapu untuk nyapu rumah "Owalah, sejak kapan gua mau megang sapu? plak!", yaudah deh, rumah gua sapuin sampe bersih, Setelah rumah bersih, bunga juga udah disiram, kaki aku malah jalan ke bak cuci piring dan tanganku dengan lincah membersihkan piring-piring kotor yang menumpuk. "Hebat banget sih gua? baru aja tadi mikir kaya gituan, langsung nyentrum ke otak dan ke hati gua buat bantu-bantu". Sampai-sampai adik aku nyindir "wow, hahahaha tumben banget ni mau bantu-bantu, ccciiieee bangga punya kakak yang udah tobat gini, lanjutin deh kak kerjanya" sambil nyengir kaya kuda ke aku. Malu banget di gituin, trus mama aku bilang gini "Nah, gitu dong, baru anaknya mama. Coba aja dari dulu kamu bisa ngertiin mama gini, bakalan seneng hatinya mama, yaudah lanjutin kerjanya ya?" Duh, kalo mama bilang gitu ke aku, jelas banget aku nggak pernah kerjanya. Malu-malu.

Cerita ini nggak berhenti sampai di sini lho, tapi juga di hari esoknya.

***

Sekarang hari Senin, seperti biasa harus bangun pagi biar nggak telat, soalnyakan sekolah aku jauh banget di ujung negri. hehehe kalo ujung negri jauh juga ya? lah, emang jauh, dan harus nungguin angkot yang bener-bener dikit jumlahnya. selalu penuh dengan anak-anak sekolah yang umumnya satu sekolahan sama aku. "Duh, udah jam 07.05 lagi, angkot penuh trus, temen-temen yang bawa motor nggak ngeliat apa gua lagi nunggu angkot nggak dapet-dapet, tompangin kek, pelit amat" itu anggapan dan kata hatiku kalo lagi nungguin angkot gini. Tapi udah beberapa menit kemudian, akhirnya ada angkot yang tempat duduknya mesih kosong, yaudah langsung naik deh. Beginilah cara aku untuk pergi ke sekolah, harus usaha dulu.

Kalo aku cerita kisah-kisahku hari ini di sekolah, bakalan lama. Langnsung aja deh ceritanya dari aku pulang sekolah. Cape banget habis pulang sekolah, mau makan dulu seperti biasa, pulang sekolah yakinkan makan, ops ganti baju dulu baru makan. hehehehe. setelah selsai makan, aku ngeliat piring lagi yang bertumpukan, yaudah aku cuci aja ni piring. Kayanya aku mesih insyaf deh, buktinya aku ngambil sapu lagi, eh mama malah bilang "nggak usah nyapu, nggak liat apa rumahkan mesih bersih kamu sapuin kemarin?" yaudah gua nggak jadi nyapu. Waktu gua masuk ke kamar mandi, ada satu bukit kain kotor yang belum di cuci, aku cuci deh tuh baju kotor. Mama aku malah bilang "lho? mau nyuci baju sebanyak itu? tumben kamu. Nggak capek apa? baru pulang sekokah bukannya istirahat malah nyuci?" aku cuma menggeleng aja, anehnya aku kok nggak capek ya? bingung.

Selesai sudah mencuci, anehnya lagi gua malah ngebuka buku pelajaran. Haduh, sejak kapan gua jadi anak kutu buku pake buka buju pelajaran dan belajar gini? ato jangan-jangan gua bangkit ya? tapi bagus lah kalo kaya gini, mana tau aku bisa sukses sesuai dengan keinginanku. Amin...
Aku harap, kisahku ini nggak berhenti sampai ini, karna aku nggak mau hari yang sekarang lebih baik dari hari esok. Yang aku inginkan hari esok lebih baik dari hari kemarin, agar aku, nggak masuk ke golongan orang-orang yang merugi. 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler