Skip to Content

--= Bab XIII =--

Foto ainin najib

Kemarin, saat hujan masih lebat sekali. Aku hanya bisa duduk termenung di bawah pohon yg sangat besar dan rindang. Di sekitarnya ada banyak batu-batu yg berukuran cukup besar, dan terlihat seperti tersusun begitu rapi. Entah siapa yg sudah menyusun batu-batu itu sampai sedemikian rapinya. Banyak rerumputan ilalang yg tumbuh disekitar situ, terlihat sayup-sayup ketenangan didaerah itu. Tak tahu bagaimana bisa aku sampai ditempat itu, sendirian. Ketika diluar sama banyak orang-orang yg kebingungan mencari harta benda, sampai melupakan Tuhannya sendiri, dan selalu menyukai akan kemewahan. Tetapi masih ada sisa-sisa tradisional yg sangat kental ditempat ini, hampir seperti hutan, hanya saja tidak ada hewan-hewan yg terlihat. Tapi sekiranya pasti ada penghuninya daerah itu, entah hewan, atau apapun aku tak tahu.

Banyak sekali yg aku dapatkan dari situ, yaitu sebuah pembelajaran akan arti hidup ini. Bahwa kedamaian bukan terletak pada apa yg aku punya, tapi apa yg aku rasa. Dan rasa itu terletak dalam hati, yg selalu memompa kehidupan dengan gigihnya. Jika apa yg dirasakan dalam hatiku sangat tidak karuan, maka hati itu akan menyebarkan perasaan itu ke seluruh tubuh. Jadi kedamaian datangnya dari hati. Hati adalah cerminan dari surga dan neraka. Tak usai lama-lama menunggu diakhirat nanti untuk merasakan nikmatnya surga, sekarang pun bisa sebenarnya. Dengan diriku yg penuh dengan kehinaan ini, jika perasaan hatiku tenang dan damai, apakah itu juga termasuk nikmat yg tak dapat dipungkiri? Meskipun aku tidur dengan beralaskan tikar dari anyaman daun kelapa, dan dengan bantal batu, jika hatiku nyaman, apakah itu sudah menunjukkan suatu nikmatnya surga? Tapi jika hatiku ini penuh dengan ketegangan kerisauan kekalutan kegundahan dan semua hal yg tak dapat membuat hati ini tenang, itulah neraka bagiku. Meskipun aku tiup dengan kasur yg empuk, dan bantal yg empuk juga, serta ditemani wanita cantik yg siap melayaniku, tetapi hatiku ini tidak tenang dan damai, sama saja tidak ada rasa kedamaian, dan itulah neraka yg nyata.

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler