Skip to Content

Borong...Borong...Bengong...Bengong....

Foto Balya Nur
files/borongborong_gambar.jpg
borongborong_gambar.jpg

“Coba periksa lagi,Bang.Di celana yang digantung itu barangkali masih ada duit yang nyelip,”perintah Mpok Encun kepada suaminya.Bang Topik,suaminya menurut saja.Walaupun Bang Topik guru silat,dan punya banyak murid di seantero kampung ,kalau sudah ngadepin bininya yang rada cerewet,Bang Topik cuma bisa ngeluarin jurus nurut.Bukan dia takut sama bininya,cuma pengeng saja dengerin bininya nyap nyap.

 

Bang Topik menjambret celana panjang yang tergantung di tambang.Merogoh dua kantongnya,mengibas-ngibaskannya dengan rada kesal,dan sekali lagi merogoh kantong dengan jengkel.

 

“ Ya udah deh kalau nggak ada,disuruh gitu aja marah.Sudah, cepetan ganti baju,entar keburu kesorean.Ke mana tuh anak-anak.Udah pada rapih,pasti main kotoran lagi.” Mpok Encun keluar kamar,teriak memanggil anak-anaknya,”Ojiiih…Imaaah…Ipaaah…Ojaaan….”

 

Keempat anaknya berhamburan menghampiri  ibunya.Bang Topik yang sudah ganti baju,keluar kamar nyemperin istrinya.Mpok Encun memperhatikan Bang Topik dari atas sampai ke bawah.Lalu memberi penilaian, “Bang…pake pecinya dong biar kelihatan gantengan dikit..”

 

Bang Topik lagi-lagi ngambil jurus nurut.Dia masuk kamar,keluar lagi memakai peci yang sudah rada kuning kecokelatan.Mpok Encun memberi komentar lagi,”Aduuh..Bang..peci udah mateng pohon gitu masih aja dipelihara.Emang nggak  ada peci lain? Makanya kalau punya duit jangan pake disayang-sayang.Sudah deh taruh lagi tuh peci. Kita beli di sana saja nanti.”

 

Menjelang lebaran kesibukan berputar tidak seperti biasanya. Agak cepat iramanya.Bukan cuma ada orang yang sembahyangnya setahun sekali,tapi juga ada yang beli pakaian setahun sekali.Makanya pengusaha pasar swalayan pas menjelang bulan puasa bikin toko sampai ke pelosok kampung.

 

Nah,di kampungnya Mpok Encun juga baru saja diresmikan pasar swalayan baru,mpok Encun menyebutnya,”toko betingkat.” Banyak orang-orang datang cuma mau melihat-lihat saja,atau sekedar mejeng.

 

Mpok Encun sampai di konter busana muslim,dia nyari peci buat Bang Topik.”Coba bang sedengin nih.” Mpok Encun menyodorkan peci kepada Bang Topik. Bang Topik dengan rada malas memakai peci itu. “ Nah, begitu kan gagah kelihatannya.Sudah deh pakai aja jangan dicopot.”

 

“Mau digebukin satpam lu,” kata Bang Topik sewot.

 

“Memangnya kita nyolong,apa?”

 

“Dicatet dulu,dibayar di kasir,baru boleh dipake..”

 

“O…begitu peraturannya..”

 

Akhirnya Bang Topik jadi repot kasih tahu cara-cara belanja di toko betingkat itu.sambil tidak lupa jangan belanja yang tidak penting,tapi mana bisa di tempat barang-barang yang bikin ngiler itu ngerem duit buat di belanjain.

 

Sesampai di rumah,pas bedug maghrib.Sambil berbuka puasa,mpok Encun mengingat-ingat sesuatu.”Keperluan apa lagi yang belon ya Bang?” tanyanya sambil nyocol kue putu mayang.

 

“Memangnya kenapa? Duit sudah habis?,” tanya Bang Topik sambil masukin timun suri ke mulutnya.

 

“Ya,cukup buat beli ketupat,beli kembang,beli daging,sama kacang panjang.”

 

“Iya,habis lebaran kita bengong..”

 

“Kan nanti murid-murid abang lebaran pada dateng ngasih salam tempel.”

 

“Elu sih ngarepin yang nggak pasti.”

 

“Masih ada yang belon nih bang.Coba bantuin ingetin dong bang..” Mpok Encun garuk-garuk kepala nggak gatel.

 

“Sudah ah gue mau wudhu,solat maghrib lebih penting daripada mikirin belanjaan melulu.Jangan lupa sisain buat bayar zakat fitrah.” Bang Topik bangun menuju kamar mandi.

 

“ Ya Allah ! Iye Bang.Aduh..gimana nih..bang..” Mpok Encun menepak kepalanya sendiri.”Kalau bayar zakat,nggak ada buat beli ketupat..”

 

Selesai wudhu,Bang Topik nyamperin Mpok Encun.”Begini aja..duit yang buat beli ketupat,buat bayar zakat aja.Bayar zakat fitrah kan hukumnya wajib. Lebaran nggak makan ketupat kan nggak berdosa.Lagian nanti juga kita dapet kiriman ketupat dari tetangga.”

 

“ Ya malu dong bang.Pinjam duit ke mana kek bang…Aduh gimana nih..” Mpok Encun megangin jidatnya.

 

“Sudah deh gue mau sholat maghrib,elu juga cepetan ambil wudhu.Eh,ambilin peci gue  di kamar.”

 

“Sudah ada peci yang baru,masih  aja pake peci yang sudah kaya buah kesemek.”Walaupun sambil menggerutu,Mpok Encun ngambilin peci buat lakinya.

 

Bang Topik tidak langsung memakai peci itu.Dia ngeluarin duit seratus ribuan dan limapuluh ribuan dari selipan peci bututnya itu.Menyerahkan uang itu kepada Mpok Encun ”Nih,jangan lu buat beli yang bukan-bukan.Buat bayar zakat.Denger nggak lu? ”

Nampak Mpok Encun masih penasaran.”Nah..abang ngumpetin duit di peci,sini aye periksa,siapa tahu masih ada lagi..” Mpok Encun menyambar peci butut itu,memeriksanya.Ternyata memang tidak ada sisa duit.

 

Sehabis lebaran,Mpok Encun bengong di jendela.Persediaan duit sudah habis sama sekali.”masa sih abang nggak pegang simpanan.Kemarin aye lihat murid abang, si Jaelani genggemin amplop.”

 

“Lha kan gue udah kasih sama lu?”

 

“ Iya itu kan yang aye lihat,yang aye nggak lihat? Masa sih cuma si Jaelani saja yang ngasih?”

 

“Makanya gue  bilang dulu apa? Jangan mentang-mentang lebaran,apa saja mau dibeli.Sekarang? Bengong lu..”

 

Tiba-tiba Mpok Encun bangun seperti mainan yang baru diganti batereinya.”Bang,mana peci Abang yang kaya buah kesemek?,” tanyanya semangat.

 

“Gue sudah ceburin di empang Haji Kodir,” jawab Bang Topik sekenanya

 

“Mentang-mentang sudah nggak puasa,mau bohong ya? Perasaan aye lihat,dimana ya?” Mpok Encun mengingat-ingat sambil mijit-mijit keningnya.” Nah,iya.Waktu aye beresin tempat tidur,perasaan aye ngelihat tuh peci.Di bawah kasur ! Ya, di bawah kasur!”

 

Mpok Encun cepat masuk kamar.Rupanya dia kalah gesit sama bang Topik yang sudah sampai di kamar duluan.Tangannya dimasukan ke bawah kasur,sambil menggerutu,“Dasar perempuan,kalau yang namanya duit, di lobang semut masih bisa dia endus.”

 

Bang Topik melempar beberapa lembar uang ke atas kasur.” Nih,jangan dihabis-habisin.Ingat,anak-anak kita sebentar lagi masuk sekolah.”

 

Mpok Encun mengambil uang itu,dia melihat  masih ada duit di tangan Bang Topik.” Itu yang abang pegang duit buat apa?”

 

“ Besok gue mau ke rumah kong aji Asmawi.Masa gue dateng lenggang kangkung,harus genggemin lah…”

 

“Bener nih Bang nggak ada simpenan lagi?” Tanya Mpok Encun penasaran

 

“Kalau nggak percaya lu panggil KPK buat periksa gue,sewot gue lama-lama..”Bang topik Menggerutu sambil negloyor keluar kamar.Akhirnya Bang Topik bisa marah juga sama Mpok Encun.Tentu saja Mpok Encun melotot kaya orang kesurupan.Tapi begitu melihat duit di tangannya,melototnya hilang,berganti senyuman.**

 

 


Pengeng : suara berdengung di telinga karena suara keras

Nyap nyap : Marah marah tiada henti

 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler