Skip to Content

Kejutan dari Paman

Foto nelzonjuntak

"Aku mau ikut! Pokoknya aku mau ikut nganter Oom Doni ke Bandara!" kataku setengah berteriak.


"Tapi kan kamu harus sekolah Cha, nanti gimana kalo ketinggalan pelajaran?" kata Bunda sambil mengelus kepalaku.


"Gak mau tau, aku harus ikut, sekolahnya bolos aja hari ini!" aku menjawab sambil menepis tangan Bunda di kepalaku.


"Yaudah, kalo mau ikut, cepet siap-siap. Kalo kelamaan nanti ditinggal nih." kata Ayah sambil menepuk pelan bahuku.


"Yeess asik, makasih ya, Yah." jawabku sambil memeluk Ayah.

 

 

 

Halo semua!

 

Kenalin nama aku Tasya. Lengkapnya Tasya Nabilah. Bagus kan? Aku udah sekolah kelas 5 SD loh sekarang. Aku anak tunggal di keluargaku. Ayah kerja jadi pegawai swasta, terus Bunda jualan makanan di mall gede di kotaku. Sehari-hari aku tinggal di rumah sama Mbok Yati. Mbok Yati ini baik deh, dia mau dengerin cerita aku kalo aku abis pulang sekolah. Terus masakin menu makan siang buat aku. Beresin kamarku, nyuciin pakaian aku. Pokoknya Mbok Yati is the best lah.

 

Waktu itu kayaknya hari Jum'at. Iya bener, aku inget banget soalnya sekolah pulang lebih cepat pas hari itu. Aku nyampe rumah dan langsung nyari Mbok Yati buat bikinin makan siang. Aku laper banget soalnya. Hehehehe. Tapi, pas aku masuk rumah, ternyata aku liat Bunda lagi asyik ngobrol sama laki-laki. Kayaknya sih masih muda gitu. Bunda liat aku dateng dan langsung manggil aku.

 

 

 

"Eh, Acha udah pulang. Sini nak salim dulu sama Oom Doni." kata Bunda. Iya, kalo di rumah nama panggilanku emang Acha. Imut kan? Hehehehe..

 

Terus aku maju pelan-pelan buat salim sama Bunda dulu, baru abis itu salim sama laki-laki yang namanya Oom Doni ini. Aku emang agak pemalu kalo harus ketemu orang baru.

 

"Wah, ini ya yang namanya Tasya. Udah gede ya, kelas berapa dek sekarang?" tanya Oom Doni sambil ngelus rambutku

 

"Kelas 5, Oom." jawabku sambil menunduk.

 

"Ga kerasa ya, padahal terakhir Oom liat, kamu masih kecil banget lho. Hahaha." kata Oom Doni sambil ketawa.

 

"Ya iyalah, masa iya aku kecil terus, ga tumbuh-tumbuh?!" kataku, tapi dalam hati. Hahahaha. Ga sopan lah kalo aku ngomong kayak gitu ke Oom Doni.

 

"Oom Doni ini sepupunya Ayah kamu Cha, dia mau tinggal di sini karena dapet kerjaan yang kantornya ga jauh dari rumah kita" kata Bunda menjelaskan. Aku cuma bisa ber-'oooh' ria sambil terus jalan ke dapur. Iya lah tujuanku kan tadi mau makan.

 

"Lho, mau ke mana Cha? Kok langsung nyelonong aja?" tanya Bunda

 

"Aku mau makan dulu Bun, laper banget tadi abis olahraga di sekolah." jawabku dengan malas-malasan.

 

"Oalah, yaudah. Eh, Don, kamu sekalian aja yuk makan disini." kata Bunda pada Oom Doni.

 

 "Saya nanti aja Kak makannya, tanggung udah mau sholat Jum'at." jawab Oom Doni sambil bergegas menuju kamar mandi.

 

 

Selanjutnya aku nggak tahu lagi mereka ngomongin apa, yang penting perutku harus diisi dulu nih. Sampai di dapur ternyata aku liat Mbok Yati lagi bengong sambil terus ngeliat ke arah ruang tamu. Tiba-tiba aku niat buat ngisengin si Mbok.

 

"DOR!! Hayo ngeliatin apa?" kataku sambil goyangin bahu si Mbok.

 

"E copot copot, aduh si non Acha ngagetin aja sih." kata si Mbok sambil ngurut-ngurut dadanya.

 

"Hahahaha lagian si Mbok aku panggilin daritadi kok nggak di jawab sih. Ngeliatin apa hayo?" kataku sambil pasang muka ngeselin.

 

"Ehm, itu non, sodaranya non Acha ganteng banget ya ampun. Kayak artis-artis sinetron gitu." jawab si Mbok sambil malu-malu.

 

Iya sih, setelah aku perhatiin lagi ternyata Oom Doni lumayan ganteng lah ya. Mukanya kayak artis sinetron gitu. Badannya bagus terus tinggi lagi, aku aja cuma sepinggang dia. Terus mukanya putih bersih, hidungnya mancung, terus ada kumis dan jenggot yang tipis-tipis gitu. Wajar sih kalo si Mbok begitu banget ngeliatinnya.

 

Abis makan, aku jadi ngantuk banget. Mana di sekolah tadi aku ada pengambilan nilai Penjaskes lagi. Hmm, kayaknya kalo rebahan sebentar enak nih. Ga kerasa niatku yang tadinya cuma rebahan, malah jadi bablas ketiduran. Dan aku baru bangun jam 4 sore. Pas bangun kulihat suasana rumah sepi banget. Aku keluar kamar dan coba panggil-panggil Bunda. Tapi ga ada jawaban. Yang ada malah Oom Doni yang baru keluar dari kamar tamu.

 

"Eh, Tasya, baru bangun Dek?" tanya Oom Doni padaku.

 

"Iya nih Oom. Bunda sama Mbok Yati ke mana kok sepi banget?" kataku sambil menunduk.

 

"Bunda lagi ke restoran sebentar, ada yang mau diurus katanya. Si Mbok tadi ke warung depan, mau beli bumbu sama mecin." kata Oom Doni menjelaskan.

 

"Ooh" kataku singkat.

 

Aku pun langsung nyetel TV menonton acara kartun kesukaanku. Aku asyik sendiri nonton karakter kartun yang lucu-lucu nggemesin itu. Pengen deh satu aku pelihara di rumah. Hehehe. Kayaknya aku terlalu asyik nonton sampe lupa kalo ada Oom Doni di dekatku.

 

"Kalo di rumah sendiri begini biasanya ngapain Dek?" tanya Oom Doni tiba-tiba

 

"Ya gini aja Oom, paling nonton, atau kalo hari Senin sama Kamis aku ikut TPA di Mesjid kompleks." kataku.

 

"Wah, pasti bosen tuh. Kamu suka main game ga? Di laptop Oom ada tuh game buat anak-anak." katanya sambil beranjak mengambil laptop.

 

Lalu aku diajarin main Dinner Dash. Pada tau kan? Itu lho, permainan yang nyiap-nyiapin makanan. Awalnya sih aku agak susah ngatur waktunya. Abis cepet banget pelanggannya dateng. Pesenan yang satu belum selesai, udah dateng lagi yang lain. Tapi berhubung aku anak cerdas, cuma beberapa menit aja aku udah bisa lancar mainnya. Ga kerasa udah lama banget aku main. Sampe pas Bunda dateng aja aku ga sadar.

 

"Halo Assalamu'alaikum. Ada orangnya ga nih?" kata Bunda sambil goyangin tangannya di depan mukaku.

 

"Wa'alaikumsalam. Ih Bunda mah gangguin orang aja sih. Lagi asik tau." kataku sambil cemberut.

 

"Lagian kamu sih, Bunda panggil daritadi kok ga nyahut. Main apa sih Cha kok serius banget?" tanya Bunda sambil melihat ke laptop.

 

"Ini Bun, mainan di laptopnya Om Doni. Seru deh Bun." jawabku sambil terus main.

 

"Oooh yaudah, sekarang kamu mandi dulu deh. Udah mau Maghrib nih." kata Bunda lagi sambil beranjak pergi ke dapur.

 

Aku langsung aja ninggalin laptopnya, terus mandi deh. Ga tahan juga kayaknya badan udah lengket semua. Abis mandi kulihat Oom Doni lagi di ruang tamu sambil main laptopnya. Aku samperin aja tuh Oom Doni, sekalian ngajak makan malam juga. Tapi malah dia duluan yang nyapa aku.

 

"Dek Tasya, gimana tadi udah jago belum main game-nya?" tanya Oom Doni sambil melihatku

 

"Udah dong Oom, game begitu doang sih kecil." jawabku sambil menjentikkan jari.

 

"Hahaha iya deh percaya." katanya lagi sambil tersenyum.

 

*************************

 

Gak tahu kenapa, kayaknya aku udah bisa mulai akrab sama Oom Doni. Orangnya baik sih, dan kalo ngomong suaranya lembut banget. Malah kayaknya lebih lembut daripada Bunda deh. Hahaha. Terus dia tuh ramah banget, sama orang ga pernah pasang muka galak. Selalu senyum, mana senyumnya manis lagi. Oiya, dia juga ga pernah marah. Jangankan marah, ngomong pake nada tinggi aja ga pernah.

 

Setelah beberapa bulan di rumah, aku makin akrab sama Oom Doni. Kami biasanya ngobrol pas malam waktu dia udah pulang kerja. Ini yang aku suka dari dia, walaupun mukanya kelihatan capek banget, tapi dia masih mau aja aku ajakin becanda-becanda ga jelas. Terus nih ya, sekali waktu pernah aku lagi kesusahan bikin PR, eh dia mau loh bantuin aku. Padahal dia juga lagi ngurusin kerjaan di laptopnya. Jadi kami berdua duduk sebelahan di ruang tamu. Aku ngerjain PR-ku, terus dia ngerjain kerjaannya di laptop sambil sesekali ngecek jawaban PR aku. Aku seneng banget deh pokoknya ada Oom Doni di rumah. Soalnya Bunda lebih sering pulang malam sekarang. Si Mbok juga kayaknya udah makin tua, jadi lebih banyak istirahat.

 

Sampe akhirnya pada satu malam, aku kebangun buat buang air kecil. Aku lihat jam, ternyata udah jam 2 pagi. Pas aku keluar kamar, aku denger suara orang ngobrol dari ruang tamu. Dari suaranya sih kayaknya suara Ayah sama Oom Doni. Yaudah akhirnya aku jalan pelan-pelan, biar ga ketahuan, Ayah suka rese soalnya kalo liat aku belum tidur. Abis dari kamar mandi, aku penasaran sama yang lagi mereka obrolin. Jadi aku nguping deh dari balik lemari. Hehehe. Aku denger mereka lagi serius banget ngobrolnya.

 

"Jadi gimana Don, bener kamu mau ambil tawarannya?" kata Ayah dengan suara khasnya.

 

"Iya Bang, sebenernya sih udah lama saya pertimbangkan, cuma baru bisa ngomong sekarang ke Abang." kata Oom Doni.

 

"Ya Abang sih setuju aja kalo emang niat kamu begitu. Hitung-hitung tambah pengalaman kan." 

 

"Hah? Yang bener Bang? Jadi saya boleh nih ngambil kerjaan di sana?" tanya Oom Doni dengan suara yang kayaknya seneng banget

 

"Mau gimana lagi? Memang pasti berat buat Abang lepas kamu. Tau sendiri kan kamu itu sepenuhnya jadi tanggung jawab Abang sama Kakak sekarang. Tapi kami juga ga bisa nahan mimpi kamu seenaknya." kata Ayah dengan suara agak dalam.

 

"Iya Bang, makasih banyak ya." kata Oom Doni

 

"Hahaha kamu ini kayak sama siapa aja. Terus kapan rencana berangkat?" tanya Ayah sambil tertawa ringan.

 

"Kalo berkas sih udah lengkap Bang. Berhubung izin dari Abang udah turun, mungkin sekitar minggu depan saya udah bisa ke sana." jawab Oom Doni.

 

"Terus nanti di sana tinggal di mana?" tanya Ayah lagi.

 

"Wah belum tau sih Bang, nanti saya paling cari flat atau sharehouse aja di sana." kata Oom Doni sambil garuk kepala.

 

"Oh, yaudah, kebetulan juga Abang ada kenalan di Belanda. Nanti kalo udah sampe sana kamu hubungi aja ya. Ini kontaknya." kata Ayah sambil memberikan sebuah kartu nama.

 

APA? Jadi Oom Doni bakal pindah ke Belanda?! Badanku serasa lemas ketika mendengar ucapan terakhir Ayah. Aku udah males dengerin obrolan mereka selanjutnya. Lalu aku menuju kamar untuk lanjut tidur.Di kamar aku malah kepikiran omongan mereka tadi. Aku mikir gimana jadinya kalo Oom Doni beneran pindah. Karena kan dia udah baik banget mau nemenin aku selama ini. Lama aku mikirin sampe akhirnya aku ngerasa pandanganku agak kabur, terus ada air yang ngalir dari mata aku. 

 

*************************

 

"Aku mau ikut! Pokoknya aku mau ikut nganter Oom Doni ke Bandara!" kataku setengah berteriak.

 

"Tapi kan kamu harus sekolah Cha, nanti gimana kalo ketinggalan pelajaran?" kata Bunda sambil mengelus kepalaku.

 

"Gak mau tau, aku harus ikut, sekolahnya bolos aja hari ini!" aku menjawab sambil menepis tangan Bunda di kepalaku.

 

"Yaudah, kalo mau ikut, cepet siap-siap. Kalo kelamaan nanti ditinggal nih." kata Ayah sambil menepuk pelan bahuku.

 

"Yeess asik, makasih ya, Yah." jawabku sambil memeluk Ayah.

 

Aku langsung ngebut mandi dan juga sarapan. Oom Doni yang melihat kelakuan aku cuma bisa senyum-senyum aja, sambil sesekali ngingetin biar gausah buru-buru kalo makan, nanti bisa keselak katanya. Aku sih bodo amat orang lagi seneng bisa nganter Oom Doni ke Bandara. Hehehe. 

 

Sampe di Bandara ternyata orang-orang udah lumayan rame di sana. Oom Doni masuk buat check-in sebentar. Beres urusannya, Oom Doni nyamperin kami di pelataran Bandara. Aku bisa lihat kalo matanya udah berkaca-kaca. Dia jalan ke arah Ayah terus langsung meluk Ayah kenceng banget. Aku ga tau yang diomongin, tapi kelihatannya Ayah lagi ngasih nasihat gitu buat Oom Doni. Abis itu dia meluk Bunda dan aku lihat Bunda cuma bisa nangis aja. Terus dia menuju ke arahku lalu jongkok di depanku. 

 

"Halo keponakanku yang paling cantik." kata dia sambil tersenyum.

 

Aku cuma bisa diam aja sambil ngeliatin mukanya. Matanya udah berkaca-kaca walaupun lagi senyum. Aku tau dia juga pasti sedih banget ninggalin kami semua. Terus dia berdiri dan gendong aku sambil ngelus punggungku. 

 

"Dek Tasya ga boleh nakal ya selama Oom pergi, jangan manja, PR harus dikerjain walau Oom ga ada, terus jangan suka ngusilin Mbok Yati, kasian dia udah tua, jangan lupa sholat, nurut sama Ayah dan Bunda ya." kata Oom Doni dengan suara bergetar.

 

Aku cuma bisa diam aja denger semua nasihat Oom Doni, sambil ngelapin air mata yang udah ngalir deras daritadi. Oom Doni nurunin aku dari gendongannya. Ngomong sebentar sama Ayah dan Bunda, terus gak berapa lama bergegas masuk ke ruang tunggu. Akhirnya dateng juga waktu aku pisah sama Oom Doni. Selamat jalan Oom Doni, semoga sukses di Belanda!

 

*************************

 

Tiga tahun berlalu, kini aku sudah duduk di kelas 2 SMP. Aku senang sekali bisa masuk SMP unggulan di kotaku. Karir Ayah udah makin maju, beliau sudah menjadi pejabat penting di perusahaannya. Restoran Bunda juga sudah berkembang pesat. Bunda sekarang sudah bisa membangun gedung restoran sendiri, tak lagi menyewa tempat di dalam mall.

 

Suatu sore ketika aku sedang cerita-cerita sama Bunda, tiba-tiba handphone Bunda berdering. Bunda beranjak mengambilnya dan berjalan ke teras depan. Lama aku menunggu hingga akhirnya beliau kembali ke dalam. 

 

"Cha, barusan Oom Doni telepon, katanya dia lagi ada penugasan ke Indonesia dan rencananya mau mampir nanti malam." kata Bunda dengan bersemangat.

 

"Hah? Oom Doni mau ke sini Bun?" kataku setengah tak percaya.

 

"Iya, nanti malam katanya. Yuk kamu bantuin Bunda masak makanan kesukaan dia." Bunda bergegas menuju dapur.

 

Wah aku senang sekali. Oom Doni paman kesayanganku nanti mau main ke rumah. Aku jadi bertanya-tanya seperti apakah rupanya sekarang. Aku rasa sih dia pasti makin ganteng setelah beberapa tahun di sana. Tanpa sadar aku meyiapkan masakan sambil senyum-senyum sendiri.

 

Malamnya, semua masakan sudah disiapkan. Ayah juga sudah aku minta agar pulang lebih awal. Kami semua menunggu kedatangan Oom Doni dengan sedikit rasa penasaran. Sudah segagah apa dia sekarang? Belum lagi pasti dia punya banyak cerita untuk dibagi kepada kami. Ah, aku sungguh tidak sabar menunggu kedatangannya.

 

Sekitar pukul delapan aku dengar ada suara ketukan di pintu depan. Aku langsung berlari untuk membukanya. Aku yakin ini pasti Oom Doni, paman kesayanganku. Setelah kubuka pintu aku agak terheran-heran melihat sosok di depanku. Seorang wanita, cantik berhidung mancung, mengenakan gaun hitam dengan panjang selutut. Badannya lumayan tinggi untuk ukuran wanita Indonesia. Lama aku menatapnya lekat-lekat sampai dia membuka suara lebih dulu.

 

"Halo Tasya, apa kabar kamu?" kata wanita itu dengan suara riang.

 

"Ya,baik. Maaf, cari siapa ya Mbak?" tanyaku hati-hati.

 

"Ih, kamu mah, masa lupa sih? Padahal aku udah jauh-jauh loh datang dari Belanda." katanya lagi dengan suara yang familiar. Ya, suara khas yang sangat aku kenal.

 

"O.. Oom  D. Do..Doni?" tanyaku sambil tergagap. Aku tak percaya ini.

 

"Iya, tapi mulai sekarang kamu boleh panggil aku Dona. Tante Dona." katanya sambil tersenyum manis

 

Aku merasa darah mengalir cepat ke arah wajahku, sehingga wajahku terasa panas. Nafasku tercekat, aku merasa lemas sekali. Pandanganku mulai berkunang-kunang dan seketika semuanya terasa gelap. Samar-samar aku mendengar suara Ayah dan Bunda memanggil namaku.

 

 

Jakarta, 19 Juni 2015

di depan komputer sambil menunggu Maghrib


batjasatoe.blogspot.com

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler