Skip to Content

Koruptor vs Pelaku Korupsi

Foto Jabrik

mau tahu arti dari kata KORUPTOR..

iye bang..

nih dengerin.. begini ceritanye...

Korupsi atau rasuah (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk,  rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok) adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi secara garis besar memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:

  1. perbuatan melawan hukum,
  2. penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana,
  3. memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi, dan
  4. merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

Jenis tindak pidana korupsi di antaranya, namun bukan semuanya, adalah

  1. memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan),
  2. penggelapan dalam jabatan,
  3. pemerasan dalam jabatan,
  4. ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara), dan
  5. menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara).

Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah|pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya. Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, dimana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali.

terus hubungannye ame judul posting apaan tuh bang.. (mbari garuk kepale..)

Selama ini kita menamakan orang yang melakukan tindak pidana korupsi dengan istilah "KORUPTOR" kan..???

iye bang..

nahh.. pegimane mule sekarang kite balik lagi dari istilah "KORUPTOR" ke istilah aslinye..

apaan tuh bang..

"PELAKU KORUPSI !!"

koq gitu bang..??

ya iyelahh... jangan ade lagi istilah yang bersifat "elit" seperti "koruptor" itu.. gua kaga setuju.. samain aje die  ame "MALING !". Selama ini kite kalo liat temen-temen lame kite masuk bui lagi, pan.. media selalu menulis tentang mereka sebagai "PELAKU KRIMINAL" ato "PELAKU PEMBUNUHAN" ato juga "PELAKU PENCURIAN" .. tul kaga tong..!

betul bang..

nahh.. kite samain aje die ame pelaku kejahatan nyang laennya.. "PELAKU KORUPSI....!!" dan atu lagi nihh.. KORUPTOR..? KEBAGUSAN ISTILAHNYE.. KAGA PANTES!! apus aje istilahnye dari kamus bahasa INDONESIA... SETUJUUUUUUU!!!

KAGAAAA!! (tereak mbari ngacir ninggalin bang jabrik takut ditimpeh bakiak..)

(by. Jabrik)


ditulis oleh Jabrik pada: 29 Maret 2013; jam 15:29 ◄

Baca juga:

Kambing Hitam
Preman
Koruptor vs Pelaku Korupsi
Obrolan Tukang Ojek

Saya tulis kembali dari blog saya http://bangjabrik.wordpress.com

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler