Skip to Content

MOtherhood, aku .. seorang ibu .. (yang) sama dengan kelelawar dan tikus got??

Foto Samudera Yekti

... tempat yang paling aman di dunia dan akhirat adalah tidur di pangkuan ibu, dengan tangan halus penuh cinta kasihnya mengusap penat di kepala dan punggung ...

 

 

Becoming a ...mom, to become a good mom, and being the great mom ever bukan sekedar hanya karena telah melahirkan sosok manusia ke dunia.

 

sekedar melahirkan, sebuah peristiwa memilukan terekam di Jurnal Soka Radio, dimana seorang ibu tega menyumpal mulut bayi yang baru dilahrikannya hingga tewas kehabisan napas di sebuah kamar hotel Tomi Harini Jember.

 

Sekedar melahirkan, peristiwa yang lain terekam di Kompas, seorang ibu tega menyayat punggung bayi laki laki yang ia lahirkan di luar nikah hingga harus dilarikan ke rumah sakit demi untuk mendapatkan perawatan intensif.

 

sekedar melahirkan, mamalia jenis apapun bisa melahirkan ..... tak terkecuali kelelawar dan tikus got.

 

Menjadi seorang ibu, menyediakan tempat yang hangat, makanan yang menutrisi otak dan organ tubuh vital lainnya ... sebagaimana saat di kandungan.

 

Menjadi seorang ibu, menjelaskan dan "menjelaskan"  pada anak bahwa dunia bisa menjadi tempat yang hangat bahkan dalam keadaan sendiri dan "sendiri" dalam kesendiriannya berkontemplasi dan menyerap semua insting dalam alam sadar dan bawah sadarnya, lalu mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat baginya. setelah itu, senyum dan tangis ibu tetap merekah sepanjang jalan hidup yang ditempuhnya.

 

Becoming a good mom, bukan sekedar menuruti kemauannya, seperti saat mengidam. tapi juga mengajarkan bahwa untuk memperoleh ngidam yang aneh aneh itu penuh dengan usaha dan perjuangan, apalagi kalau harus melawan arus (buah yang belum/ tidak musim), utopia di tengah jaman edan-nya Ronggowarsito. pun juga, bahwa melahirkan bukan sekedar mengeluarkan seorang manusia, namun juga generasi yang akan dan sanggup  mengukir sejarah..... bukan hanya sekedar catatan di Dispenduk Capil ......

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler