Skip to Content

Pion Putih Kecil

Foto nelzonjuntak

Aku adalah pion putih kecil.

Tubuhku yang kecil dan ringkih ini selalu menjadi bulan-bulanan. Belum lagi langkahku ketika bergerak, terengah-engah menyusuri satu demi satu bidang papan peperangan. Lihatlah para petinggi, seperti Benteng yang dapat bergerak jauh, lurus maju ataupun menyamping. Atau Menteri yang dapat bergerak diagonal sejauh apapun yang dia mau. Atau seperti kanjeng Ratu yang dapat bergerak bebas mengombinasikan gerak Benteng dan Menteri. Atau sesederhana Kuda yang dapat bergerak melompati pasukan lain.

Aku adalah pion putih kecil.
Aku tergabung bersama pasukan putih, seperti warna cat yang menyelubungi tubuhku. Warna yang melambangkan kesucian. Di seberang sana sudah menunggu pasukan hitam yang akan menjadi lawan kami. Terkadang juga kami melawan pasukan merah atau cokelat. Warna apa saja. Aku tidak peduli, asalkan aku dibutuhkan, aku pasti siap berperang demi kehormatan.

Aku adalah pion putih kecil.

Dalam rombongan pasukan, aku selalu berada pada baris terdepan. Di belakangku, berdiri dengan gagah para petinggi kaum kami. Ada Benteng, Kuda, Menteri, kanjeng Ratu, dan tokoh paling penting dalam peperangan ini, sang Raja. Kurasa mereka cukup aman berada di belakangku. Setidaknya sampai sang Kuasa memerintahkan kami untuk bergerak. Kami tidak dapat menentukan jalan hidup kami sendiri. Ada sang Kuasa yang mengatur strategi dan memutuskan arah pergerakan kami.

Aku adalah pion putih kecil.

Kali ini rupanya sang Kuasa memilihku untuk bergerak memulai peperangan. Ini merupakan peraturan sejak dahulu kala, dimana pasukan putih diberi keistimewaan menyerang lebih dulu. Peraturan turun temurun, bahkan sejak mendiang kakek buyutku masih aktif menjadi prajurit. Kakek buyutku yang gagah dan terbuat dari kayu jati. Yang kini telah dijadikan gantungan kunci.

Aku adalah pion putih kecil.

Pandanganku tajam menatap lurus ke depan, ke arah para pasukan hitam yang tampak beringas. Tak kuketahui pasti bagaimana nasib kawan-kawanku yang lainnya. Aku anti menatap ke belakang. Sekali maju, pantang mundur. Begitulah prinsip yang diajarkan para moyangku. Tak terhitung berapa kali aku dihina atas prinsip yang aku anut. Dikatakan bodoh, keras kepala, bebal, sok suci dan banyak lagi. Hanya karena aku tak mau lari dari peperangan.

Aku adalah pion putih kecil.

Tanpa terasa peperangan sudah semakin sengit. Beberapa petinggi sudah tumbang keluar dari bidang peperangan. Baik dari pasukan kami maupun dari pasukan hitam. Rekan-rekanku sesama pion pun sudah banyak yang berguguran. Setelah kuamati, hanya tertinggal kanjeng Ratu, Menteri, dua Benteng, dan beberapa pion tersisa di pasukan putih. Pasukan hitam ternyata lebih mengenaskan dengan hanya menyisakan Benteng dan Menteri. Sang Kuasa menggerakkan kami bergantian untuk menyerang. Kanjeng Ratu dan Menteri terus-menerus mengejar sang Raja kubu lawan.

Aku adalah pion putih kecil.

Kulihat pertahanan pasukan lawan sudah semakin terbuka. Sang kuasa pun semakin bersemangat untuk mencapai kemenangan. Tidak kuduga sebelumnya, sang Kuasa menggerakkanku menuju daerah lawan. Sendirian. Lagi, ternyata aku hanya dijadikan umpan untuk menekan Raja lawan. Para petinggi terlihat asyik membentuk formasi penyerangan dari belakang. Pasukan lawan tampak mati-matian mempertahankan Raja mereka.

Aku adalah pion putih kecil.

Kurasa sang Kuasa sudah bertindak terlalu jauh. Saat keadaan dimana posisi Menteri terancam, ia menjadikanku tameng. Aku pun tak punya pilihan lain. Aku bahkan terlalu ngeri untuk menatap sang Benteng lawan yang berdiri congkak di depanku. Selanjutnya bisa ditebak, si Benteng lawan keparat tanpa ampun langsung menyerangku. Membuatku harus meninggalkan arena peperangan. Tak ada niatan lagi untuk menyaksikan jalannya peperangan. Aku terlalu kecewa. Kecewa terhadap diriku sendiri yang selalu dikorbankan.

Aku adalah pion putih kecil yang malang, yang selalu dijadikan alat untuk menang.


Jakarta, 12 Juni 2015
ditemani riuh suara jangkrik

 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler