Skip to Content

Aku Terlempar

Foto edi sst

 

Aku Terlempar

: Lanskap Malam Pergantian Tahun

 

Aku terlempar di batu-batu yang dipecahkan waktu

Baru kemarin pembawa talam kencana kembali pulang

Kampungku bergetar. Geremang tahlil masih terdengar

Melilit jadi ornamen di batang-batang pohon kamboja

Menjadi asap dupa menebarkan wangi kayu cendana

 

Di baju lusuh ini api masih melekatkan jelaga

Matahari menghitung titik demi titik yang melupa

Di tepi laut para peri mulai melepas tali-tali perahu

Kulit kerang hitam di pasir pantai menancapkan ragu

Tapi tiang tetap dipasang, layar terkembang memburu

 

Di teras surau ujung desa seorang tua bergurau

Menyapa ramah angin yang akan membawanya

Ke barat laut menuju langit bermandi cahaya

Meninggalkan seonggok hitam batu karang

Yang ujungnya tajam menyentuh bintang

 

Aku menumpuk malam sebongkah demi sebongkah

Kusajikan kelak di atas altar dengan jari gemetar

Saat setangkai kembang ilalang kering menggeletar

Tergeletak di tanah. Angin pun menerbangkannya

Bersama rajawali yang bertengger di pohon tua

 

Cahaya maha cahaya, singkapkan tirai hijab yang gaib

Agar dapat kulihat tangga sinar lembut cahaya bulan

Kujejakkan langkah di undak demi undak ke atas awan

Berbekal secawan air dingin padasan yang menyegarkan

Hingga tiba saat jarum jam terpental oleh rindu

 

Grobogan, Malam 1 Muharam 1432 H

 


Sumber gambar : atjehpost.com

Komentar

Foto ARZapata

indah sekali....

endah sekali...
cahaya di atas cahaya
menghantar kebahagian tiada terkira
terimakasih kang...
bawa diriku kesana jua....

Foto edi sst

Jangan Percaya, Bang

Bang, kudengar di sela pijar bergeletar
Begitu banyak sulur jalan yang tak terukur
Begitu banyak lorong yang dibiarkan kosong
Sebanyak panas paras nafas yang terkuras
Menuju Cahaya Maha Cahaya

Tinggal kita ambil bola di lapangan
Bergulat erat dengan urat yang berkelindan
Seberapa jauh derai hati kita melenting
Seberapa merdu dawai hati kita berdenting
Hidup adalah kumpulan permainan

(Tapi, jangan percaya, Bang. Itu kan orang bilang
Sedang di sini aku malah masih iseng sendiri
bermain baris puisi tertikam berlapis sepi)

Foto bangts

terkapar

terlempar
akhirnya terkapar dalam rindu

bagus !!

Foto nashrudin joha

cahaya diatas cahaya

yakin tuh dah menelusuri kesana...?
oleh2nya apa om...?

Foto edi sst

masih banyak

@ Bangts : terima kasih, Bang, telah sudi mampir

@ Nashrudin Joha :
Masih banyak hijab, Gan
blm sampai ke sana
orang tua yg sk bergurau
di surau ujung desa itu
mgkin yg dah sampe sana

aku di sini msh sk iseng sendiri
bermain baris puisi tertikam berlapis sepi

salam .... :-)

Foto adi firmansyah

kiasan-kiasan??

ya mungkin lebih indah bila bersama-sama kesana dan mengalami kejadian nyata...

salam kenal p.edi

Foto edi sst

salam kenal juga

ya, indahnya jk kt bs ke sana
terima kasih telah sudi mampir ..

salam kenal juga, Mas Adi .... :)

Foto adi firmansyah

kritik saya

pak saya masih muda dan perlu banyak bimbingan
kalu ada waktu iseng ketemu puisi saya, tolong bapak beri masukan
supaya adi bisa lebih maju pak, saya suka puisi daridulu, hanya saja baru tahu disini tempatnya

Foto edi sst

saya juga

saya juga msh trs belajar Mas Adi
mari kita saling belajar
nanti sy pasti membaca puisi2 Mas Adi

salam ... :)

Foto adi firmansyah

trima kasih

iyah pak trima kasih banyak
maturnuwun sanget...:)

Foto ARZapata

maafkan aku bolak balik

maafkan aku bolak balik mampir, bukan tanpa sebab, hanya karena sebuah kerinduan yang membawaku kesini.....

Foto edi sst

Ah, Mas ARZapata

Ah, Mas ARZapata
sy malah berterima kasih
jenengan sudi bolak-balik mampir
ke lapak dg puisi sederhana ini
smoga smua mbawa berkah

salam, Mas .... :)

keyennnnnnn bgt kata2 akhi

keyennnnnnn bgt kata2 akhi ne...

Foto Shandy

MERINDING INDAH

terbaca seakan nyata.. apalagi terdengar, mungkin nurani ikut menggetar.. karya ini merinding indah.. ciptakan iri teramat.

Salam kenal Pak Edy, sudi kiranya membimbing saya dengan karyanya. :)

Foto edi sst

zahra & shandy : terima kasih, ya.

@ zahra : terima kasih, ya. sdh sudi mampir ...

@ shandy : terima kasih, shandy, telah mampir ke lapak saya.
salam kenal juga. sy juga msh belajar.
mari kita sama2 berkarya & saling belajar

Foto Shandy

undangan

Pak saya undang ke gubug karya saya... saya tunggu caci-makinya disana.. :)

Foto D-Nyota

speechless

dalem bangetz... bacanya terusin ntar jha...
salam :D

Foto edi sst

Paling ...

@ Shandy : saya sdh beri komen thdp puisi2-mu lo. tetap smangad nulis puisi ya

@ D-Nyota : wah, datang lagi satu bidadari Yaman, neh. mabruk .. mabruk .. (btl tdk bhs arabnya? sori jk slh ya). bgm hsl ujianmu? blm slesai baca kok kabur. paling nnti trs lupa hihi ...

salam ... :)

Foto Yudho

hattrick kunjungan

ini kali ketiga saya mampir kesini, sampai kini pun masih tak terpikir... darimana mana syair indah mengalir...asli indah banget pa edi....TOPP........:)

Foto edi sst

mas yudho

ah, mas yudho terlalu memuji
sy msh terus belajar nulis lo
tks, telah bolak-balik mampir
besok mampir lg, bw oleh2 ya hehe ...

salam hangat ... :)

Foto asmuni

Hanya dalam waktu kurang lebih 11 bulan

Mas Edi, ajarin saya dong, gimana sih caranya biar jadi penulis terpopuler. Dalam waktu kurang dari satu tahun, pengunjung tulisan Mas Edi sudah mencapai angka ratusan ribu. Luar biasa...

Foto novan eko

kagum

indah banget

Foto edi sst

penulis terpopuler

@ Mas Asmuni : wadyuh, bgm ya. apa mungkin krn judul2-nya yg mengundang ya. cb gunakan simbolisasi & ungkapan2 yg tdk klise tp tdk bombastis. selebihnya, sy kyknya asal nulis saja. selamat berkarya ... :-)

@ novan : terima kasih, Mas, telah mampir. salam ... :-)

Foto Yayag YP

Syahdu&bikin merinding

Dari larik ke larik runut dibaca, yang terasa syahdu, tapi juga buat merinding, menggetarkan.
Saya suka.

thedarknessofsatire.blogspot.com

Foto janeva

karya yg cukup 'Membunuh'

bagus sekali...
*saya suka*...

jaan mateni

jaan mateni tenaan..hebat..salut saya sama kosakata yang sebegitunya...kata kata yang mampu mndikte tiap tiap rasa...

Foto edi sst

terima kasih ya ...

@ Mbak Yayag : terima kasih Mbak Yayag. sy jg masih belajar.
salam hangat ... :)

@ Janeva : Hai, Janeva, terima kasih ya, telah mampir ke lapak saya yg sederhana ini. slmt menikmati ... :)

@ Raf Fa : jaan menjura tenan kommennya, sampe malu aku.
terima kasih, Mas, apresiasinya. salam ... :)

Foto antoliyan

keren

keren sekali puisinya pak edi .. numpang menimba ilmu ya pak .. saya suka puisi tapi ngga bisa bikinnya hehe .. ada nyoba bikin tapi jelek, nggak pede mau posting disini

Foto edi sst

pede aja lagi ...

terima kasih Mas Antoliyan,

rasa suka itu modal yg luar biasa lo. ayo, nulis puisi lagi lalu posting di sini, nanti kabari sy, pasti sy akan mampir. pede saja, Mas. kita sama2 belajar kok di sini hehe ..

salam hangat dari saya ... :D

Foto Yuri W Hazkya

hebat

hebat sekali bang,,brilian...

Foto antoliyan

terima kasih

terima kasih pak edi buat semangatnya :) .. saya akhirnya memberanikan diri mengirim puisi .. silakan mampir dan mengkritiknya .. matur nuwun :)

Foto edi sst

Segera Meluncur ...

@ Mas Yuri : Terima kasih apresiasinya Mas. salam kenal ... :)

@ Mas Antoliyan : siip, sy segera meluncur ke tekape, neh ... :D

Foto Rani Selalu Sendiri

Puisi ini,, Ini puisi!,,

Puisi ini,, Ini puisi!,, Indah Pak Edi,, Tajam yang mengalir lembut,, Saya belum punya kemampuan mengapreasi arti, tapi membaca puisi ini saya sudah dibawa mengalun sebelum mencoba mengartikannya,, Puisi ini,, Suasana!

Foto edi sst

Nikmati saja ...

Ah, Rani,
tdk usah repot2 cari arti puisi
nikmati saja coretan sederhana ini
biarkan kamu terbawa mengalun oleh suasana
nikmati saja. ayo sambil dinikmati tehnya hehe ...

salam api ... :)

Foto novan eko

hmmmmmmm

tiap buka ini mesti baca ini
om dapat kata2 ini dari mana?blajar dimana om?
tiap baca mesti tenggelam dlm kata2 lupa akan suasana

Foto Moh. Shobri

edi sst

Membaca sajakmu, aku seperti membaca diriku sendiri
laut memang gemuruh, tapi apakah kapal akan merapat ke dermaga cahaya atau terus terombang-ambing di samudera?
............Salam kenal Kang dari Sumenep!

Foto edi sst

apa kabar sumenep?

@ Novan : Wah, terima kasih ea sdh baca2 puisi sederhana ini. Semoga tdk kapok hehe ... Kata2 ini aku pungut dari jalanan berdebu ea hehe ... :) Salam ... :D

@ Mas Sobri : Wah, apa kabar Sumenep? Madura adl pulau yg aku rindu. Aku beberapa kali ke Kedindinglor Kenjeran, hny sempat nyeberang Suramadu, blm sempat keliling Madura. Dlm gemuruh laut selalu ada angin sunyi yg mencuri haluan kapal menuju dermaga Cahaya. Semoga. Salam kenal kembali ... :)

Foto novan eko

guru

ijinin aku nyuri pengalaman dari om :)
makasih om....

Foto ugi sastrais

salam kenal

Seperti membaca karya ws rendra atau cak nun..bagus sekali pak..

salam kenal saya

Foto Moh. Shobri

Trimakasih

Trimakasih atas puisinya yang sangat menarik

Foto edi sst

curilah ...

@ novan : hehe ... curilah jk memang ada yg bs kau curi. salam :)

@ ugi : wadoow, jgn samakan dgn kedua bagawan itu, Ugi. Tak sebandinglah. sy masih pemula hehe ... Tks, salam, Ugi ... :)

@ Puisi : selamat menikmati Puisi. Tks a lot, telah mampir :)

Foto Reni NA._sP

"Aku menumpuk malam sebongkah

"Aku menumpuk malam sebongkah demi sebongkah

Kusajikan kelak di atas altar dengan jari gemetar"

kuartikan sebagai sebuah perjuangan mendapatkan keindahan(tapi penuh ketakutan).i like pak puisinya.

Foto edi sst

jeli juga ...

wah, Reni mengartikan dgn jeli. tepatnya bukan ketakutan tp khawatir 'persembahannya' tdk diterima akibat kekotoran hati krn "di baju lusuh ini api masih melekatkan jelaga". Terima kasih komennya Reni. ayo nulis

salam hangat ... :)

Foto alfansuri

saya butuh kritik dan saran

pak, saya masih pemula..
jadi kalau ada waktu luang silahkan mampir ke karya karya saya..
mohon kritik dan saran nya..

terima kasih

Foto edi sst

segera ...

mari kita bersama2 belajar
segera meluncur ke karya2 Mas Alfan

salam ... :))

Foto Reza F

Turut menyimak

...
....
.....
Tak ada kata
Hanya membawa irama-irama rasa,,
Hanyut menelaga

Foto alfansuri

terima kasih.

terima kasih mas edi..

Foto yoga

puisi yang sederhana, tapi

puisi yang sederhana, tapi mempunyai makna yang luar biasa,, saran buat pak edi... di tunggu puisi tentang kehidupan.

Foto edi sst

kehidupan ...

@ Mas Reza : Silakan menikmati Mas. Terima kasih telah mampir. salam hangat ... ))

@ Mas Alfan : Sama2, Mas. Salam sastra ... :D

@ Mas Yoga : Terima kasih Mas Yoga, telah sudi mampir. Terima kasih pula sarannya. Kehidupan adalah tema yg sangat besar. Banyak puisi saya berbicara tentang kehidupan dengan berbagai keadaannya. Termasuk, ketika sebuah puisi berbicara ttg kematian, sebenarnya jg tengah berbicara ttg kehidupan. Salam, Mas Yoga ... :))

Foto Linggar Rimbawati

Salam Kenal, Meski Agak Telat

halo bang edi, salam kenal...
puisinya indah nian,,, meski saya gak ngerti betul isinya.
saya juga nulis puisi, tapi tak indaah saya rasakan bahasanya, mohon bimbingannya
salam,

Foto jufri naldi

puisinya indah sekali pak,

puisinya indah sekali pak, mohon ajaran bagi pemula sperti saya pak dan beri masukannya kepada puisi saya ya pak edi? terima kasih atas perhatiannya pak :)

juf

Foto edi sst

salam kenal juga ...

@ Linggar : Halo, Linggar, salam kenal juga. Terima kasih ea telah sudi mampir ke lapak saya ini. Gak ngerti betul isinya tdk apa2 kok, dinikmati saja puisinya hehe ... Sdh posting puisimu ke sini? kirim saja. Di sini kita bisa saling belajar. Tetap semangat ea. Salam maniez ... :D

@ Jufri : Terima kasih Jufri, telah sudi mampir. Banyak2-lah membaca puisi yg bagus2 karya penyair terkenal Indonesia. dari situ kita akan bisa belajar banyak ttg simbolisme, bunyi, diksi, dsb. dlm puisi. Mari kita sama2 belajar. Tetap semangat menulis. Salam hangat ... :)

Foto Andi Kata

Idem dengan Linggar R.

Iya, pak. Saya baru daftar. Baru lihat-lihat. Tulisan-tulisan di sini sangat menarik sekali.

Foto sitirochmah

subhanallah

Assalamualaikum wr wb. salam kenal, kang
mentadaburi alam dimalam 1 muharam sungguh luar biasa. sepertinya aku ikut terbawa dalam perenungan kang edi.
kang, mohon bimbingannya untuk merangkai kata seindah puisi kang edi. Terima kasih. Wass

Foto edi sst

selamat datang ...

@ Andi : selamat datang, selamat bergabung Mas Andi. Ya, di sini kita bisa bersama2 belajar menulis sastra. Ayo kirim lagi tulisamu, Mas Andi. Tetap semangat. Salam ... :D

@ Mbak Siti : Wa'alaikum salam wr. wb. salam kenal balik, Mbak. Ah, sy jd malu dipuji begitu. Hny org2 yg bijak & 'menep' hatinya yg bisa bertadabur. Sy merasa blm bisa. Puisi2 sy msh dangkal. Mari kita saling belajar di sini. Terima kasih sdh sudi mampir di lapak yg sederhana ini. Salam hangat ... :D

Foto sitirochmah

ajari aku bahasa yang indah

Ass. Kang, tolong ajari sy bahasa yg indah dalam menulis puisi ya. saya belajar menulis tp tdk bisa menggambarkan keadaan alam, sy cenderung perasaan sndr yg sy tulis, benar ga kang. tolong kritisi ya tulisan ku, spy bs lbh baik. Terima kasih. Wass

Foto leil fataya

Tidak Terjebak Dalam Rima

Khas penyair Barat sih, saya rasa.
Memang saya sudah mulai jenuh dalam jebakan rima, miskin makna
ini sajak yang menyegarkan
nge-refresh ide-ide yang sudah butut di kepala.
MANTAP!

Foto wisnu bayu

salam kenal, saya baru

salam kenal, saya baru belajar menulis beberapa puisi dan Alhamdulillah sudah memberanikan diri mempostingnya...hehehe, cuma mau tanya pak, bagaimana mencari kosakata yg tepat utk pesan dan gagasan yg hendak kita sampaikan. apalagi dg bahasa simbol yg begitu kuat seperti puisi di atas...

Foto edi sst

rima yg kuat ...

@ Mbak Siti : Smua puisi hakikatnya adalah gambaran perasaan penulisnya. Simbol2 alam yg digunakan pun mewakili perasaan penulisnya. Sy sdh membaca bbrp puisi Mbak Siti. Sbg karya awal sdh bagus, hny perlu peningkatan dlm simbolisasi (mau pake penanda alam atau yg lain itu trserah) & pemilihan diksi agar tdk berkesan klise. byk2-lah mbaca puisi2 penyair trkenal yg bagus2. Mari kita sama2 belajar. Terus menulis, Mbak. Salam ... :)

@ Leil : Terima kasih telah mampir ke sini, Leil. Benarkah khas Barat? Sy tdk bgt tahu ttg puisi Barat hehe ... Ea, memang mmbuat rima yg kuat itu tdk mudah krn tdk skadar persamaan bunyi. Rima hrs memperkuat makna puisi. Ayo nulis lagi, Leil. Sy tunggu. Salam hangat ... :D

@ Wisnu : Kita belajar brsama di sini Mas. Sy belajar byk menemukan kosa kata & simbol yg tepat dgn banyak membaca puisi2 karya penyair kita yg bagus2. Sy yg srg tertegun dg diksi/simbol dlm puisi2 tsb mencoba 'meniru' agar pembaca bs 'tertegun' membaca puisi sy. Tp, sy pun kadang merasa tdk selalu berhasil. Sy msh belajar. Terima kasih telah sudi mampir. Menulis trs, Mas, lalu diposting lagi. Salam semangat ... :D

Foto Sofyan Nayv

puisi hanyalah

puisi hanyalah puisi
kidungnya tak lebih berilusi
sajaknya berjuntai menjejak pesona tak tersemai
alurnya membusung rahasia samudra tak bertepi
untaiannya bak harmoni yang tak terbeli

puisi hanyalah puisi
ceritanya tak terjejak dengan pasti.

hakikat puisi itu seperti apa sih gan?
salam kenal. ^^

Foto edi sst

saat kau tertegun

Mas Sofyan, tk ada yg bs memastikan definisi apa itu puisi. Menurut sy, saat Mas Sofyan tergetar melihat seorang bocah kecil menatap dgn mata kosong fondasi bekas rumahnya yang lenyap bersama kedua ortunya tersapu tsunami di Mentawai, itulah puisi. saat getaran itu ditulis mk jadilah karya puisi. tp, hakikat puisi adalah getaran saat sbelum puisi itu dituliskan. Wallahua'lam.
Tengkiu tlh mampir, salam kenal kembali, Mas.

Foto Adri Wahyono

ketemu disini Pak Edi...

ketemu disini Pak Edi... salam kenal disini ya?
baca puisi Pak Edi selalu menarik...

salam persahabatan

Foto edi sst

Hai, Mas Adri ...

wah, Mas Adri di sini juga ya
menarik juga baca cerpen-cerpen Mas Adri
ayo nulis terus mas ...

tks hadirnya. salam hangat ... :)

Foto Desi Rahmiaty P

aku tersenyum

aku tersenyum dalam katamu
jiwaku pun lebih

puisi yang indah pak .boleh saya menjadi murid bapak ?

Foto edi sst

aku pun tersenyum ...

ahahay ...
mari tersenyum dalam puisi
silakan menikmati puisi sederhana ini
jadi murid? ahahay ... boleh, boleh
di sni semua jd mrd, tk ada yg jd guru (kcuali bang ombi hehe)
semua belajar bersama angin yg mendesah syahdu ... :)

salam hangat, Desi ... :D

Foto bagus sigit setiawan

kenalan

salam kenal Pak Edi..
saya baru di sini. hehe

Foto edi sst

salam ...

salam kenal juga Mas Sigit
new comer, new spirito hehe ... :)

ayo nulis, Mas ... :D

Foto izat gunawan

salam mas edi

karya ini menarik sekali mas...salam

Foto Gellis Deka Salaqi

Perfeck, karya yang memukau.

Perfeck, karya yang memukau. Bang Edi, saya penulis pemula. Saya suka karya-karya Abang. Salam Kenal Gellis DS.

Foto edi sst

terima kasih ...

@ Mas Izat : hanya puisi sederhana Mas. terima kasih tlh mampir, Mas. Puisi2 Mas Izat tak kalah menarik. Salam :)

@ Bang Gellis Deka : terima kasih Bang Gellis atas apresiasinya. Mari kita trs belajar. Salam kenal juga ... :)

Foto Samudera Yekti

Memukau mata, memikat rasa

Memukau mata, memikat rasa
membacanya seolah kata tak sempat terujar
hanya diam dalam asa
bilakah keindahan puisi ini dapat ku kejar

salam kenal mas

Foto edi sst

mari kita ...

ahahay ...

menarik kata-katamu, Fifi
marilah kira bersama mengejar
rasa keindahan yang tak terujar

tks telah sempatkan mampir, Fifi. salam ... :)

Foto Endrow Noeh

sudikah ulurkan aparesiasi da ilmunya?

Hingga tiba saat jarum jam terpental oleh rindu ?

i wawaw...dapet bgt??? maaf pak msih baru,,

kalau ada waktu yg istirahat oleh pendapatnya,
senanglah hatinya oleh arahannya,
Candalah kisahnya oleh hujanan yg satu per satu,

Zymbolyz 1

Foto Kukuh A Bakhtiar

belajar

Salam kenal Om Edi,

Diksi memainkan emosi..

Foto edi sst

marilah kita coba ...

@ Endrow : terima kasih mau mampir ke lapak saya ini. ah, sy juga masih terus belajar. merilah kita coba menulis secara kreatif. salam hangat utk Endrow ... :)

@ Kukuh : salam kenal juga, Kukuh. ya, dalam puisi kita bermain diksi, dlm diksi kt memainkan emosi, dlm emosi kita menemukan arti. ayo nulis terus ... :)

Foto edi sst

segera mampir ...

selamat menikmati puisi yg sederhana ini, Mas
terima kasih, sudi mampir ke lapak saya
salam kenal juga ... :)
sy segera mampir ke TKP hehe ... :)

Foto Rasull abidin

salam kenal

membaca karya karya bapak...
jadi ingin bersilaturahmi, tamparlah sy dengan ilmu pada apa yg saya buat...di gerobak saya ini...makasih

Foto edi sst

slm kenal jg ...

wah, terima ksh, Mas Abidin, mau singgah di sini
sy sdh beri komen di puisi "episode merah"
puisi yg cukup memikat ...

salam hangat, Maz ... :)

Foto Rasull abidin

terima kasih

sejuta terima kasih buat bapak...atas ilmu dan sarannya, menambah semangat untuk menulis,salam hangat selalu..semoga ttp jaya.

Foto Endrow Noeh

i Like it..

Berbekal secawan air dingin padasan yang menyegarkan

Hingga tiba saat jarum jam terpental oleh rindu ..

rendah mulia sajak penyair,
mngalir sungai berair

Zymbolyz 1

Foto edi sst

Sama2 Mas ...

@ Rasull Abidin : Sama-sama Mas ... Tks :)

@Endrow Noeh : rendah mulia komen adinda, bersenda di dlm dada.
terima kasih telah mampir ke lapak saya, Endrow ... :)

Foto Moh. Shobri

Sang Senior..

assalamualaikum pak... Datang ya ke pondok rumbia anak jauh mu ini, yang baru menguntit indahnya dunia sastra. di tunggu kedatangan dan juga pendapat-pendapat sang senior..... eheheheh... salam dari bangka barat, prov. Bangka Belitung

Foto tubagus

hanya PEMBACA

indahnya sastra,
tak terasa memancing air mata
"SALAM KENAL"

Foto edi sst

wah, dari jauh ...

ahahay ...

@ Gama : wa'alaikumsalam, Gama. wah dari jauh, neh. terima kasih telah sudi mampir ke lapak saya ini. Mari kita saling belajar. Semoga perkenalan kita bermanfaat. Salam hangat dari Semarang, Gama ... :))

@ Bang Tubagus : indahnya sastra, indahnya air mata. terima kasih Bang Tubagus. Salam Kenal kembali ... :D

Foto Indah Kumala

Sebatas pembaca

ingin lebih mendalaminya..

Foto edi sst

salam Indah

ahahay ...

hai Indah, trims ya sdh sempatkan singgah
salam hangat dari semarang ... :)

Foto Sastra Seratus Kilometer

SUBJEK

Subjek pada puisi ini masih mengabur dalam bentuk yang tak tertata jelas, diksi yang digunakan masih memberikan kesan bahwa penulis Indonesia masih perlu banyak belajar.
peralihan larik per larik pada puisi memberikan kesan liarnya jiwa penulis yang tak terkekang oleh konsep, padahal kita mengenal puisi itu punya konsep yang lebih elegant dari penuturan, pemilihan diksi, yang membuat puisi adalah salah satu karya yang paling rumit sekaligus paling mudah diciptakan. Gaya bahasa yang kering pada puisi ini terkesan sangat kacau membuat pembaca jengah dengan ide yang sebenarnya bagus tapi pengolahan ide yang amburadul memberikan kita konsep buruknya pemikiran para penulis puisi, jika saja puisi ini disisipi metafor-metafor kata yang mencengangkan maka puisi ini akan memiliki daya jual yang tinggi.......

=Sastra100Km=

Foto L Septe Sand Wings

http://www.jendelasastra.com/

http://www.jendelasastra.com/karya/puisi/perebutan-kecil

Foto abay pangestu

karya yang spektakuler

karya yang spektakuler

Foto edi sst

terima kasih

ahahay ...

@ sastra Seratus : terima kasih Mas Sastra Seratus telah mau mampir. kritik Mas sastra smoga bisa nambah smangat sy mmperbaiki diri. Hanya, mmbahas puisi sy untuk menilai para penulis puisi indonesia pd umumnya kayaknya berlebihan. msh byk penulis kita yg jauh lbh hebat puisi2-nya, tdk spt puisi sy. sayang Mas sastra tdk menyebutkan satu kata pun dari puisi sy utk skadar menganalisis, agar lbh konkret penilaiannya. salam ... :)

@ L Septe Sand : tengkiu telah mampir ... :)

@ Abay Pangestu : terima kasih Mas Abay, telah sudi mampir. salam hangat selalu ... :)

Foto Moh. Shobri

Salam kenal Mas

Salam kenal Mas Edi....
Sungguh aq gak bisa menyembunyikan sanjungan terhadap karya puisi Mas,
Indah dalam rima, Padat, Abstrak dan penuh makna kias.
Ijinkan Aq singgah unk belajar
Mohon ijin juga share mas

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler