Skip to Content

HAIKU OLEH-OLEH DARI PULAU PENYENGAT

Foto Beni Guntarman
files/user/2512/pulau_penyengat.jpg
pulau_penyengat.jpg

Cindai terindah

Iman lekat di hati

Cahaya wajah

 

Berperi depan kaca

Tegahlah lidah

Sembarang kata

 

Perangai buruk

Meracuni hati

Memperdayamu

 

Hawa nafsumu

Laut yang maha dalam

Tenggelam ilmu

 

Membersih hati

Dengan dzikir bertubi

Batu dipalu

  

Tingginya pohon

Dijangkau dengan ilmu

Barulah paham

 

Kekalkan hati

Berdamping dengan Allah

Sebaik ilmu

 

Tenggelam hati

Dalam ingat pada-Nya

Tangan bekerja

 

Di ruang kalbu

Tertampung isi dunia

Hitam dan putih

 

Awasnya mata

Orang mengenal Allah

Menembus dinding

 

Berkacak pinggang

Tanda hati yang batu

Berhindar diri

 

Bila bicara

Rendahkanlah dagumu

Agar tak pongah

 

Sorga-Neraka

Hak penuh Tuhanmu

Yang Maha Tahu

 

Menuntut ilmu

Tebar luas buahnya

Menjadi amal

 

Jagalah hati

Baik dan buruk hidup

Ada padanya

 

Mengenali diri

Pintu masuk utama

Mengenal Allah

 

Hendaklah diri

Tahu hakikat makhluk

Akan binasa

 

Sembunyi diri

Dari tatap Tuhanmu

Tak ada tempat

 

Berbaik sangka

Pada setiap orang

Terjaga hati

 

Berlaku Sopan

Terhadap orang ramai

Tanda berbudi

 

Pada yang muda

Saling harga sesama

Agar tak ricuh

 

Pada yang tua

Datang mencium tangan

Berlaku hormat

 

Datang bertatap

Pulang terlihat punggung

Ucapkan Salam

 

Mengetuk pintu

Sopan santun bertamu

Ke rumah orang

 

 

 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler