Skip to Content

Hikayat AMIR HAMZAH BERPERANG DENGAN LANDAHUR

Foto Anna Windri

AMIR HAMZAH BERPERANG DENGAN LANDAHUR

            Amir Hamzah, paman Nabi Muhammad, seoranhg pahlawan yang gagah berani. Syah Persia meminta pertolongannya menghukum Landahur yang merampas Serandib. Amir Hamzah berangkat ke sana. Dikisahkan Amir Hamzah beserta keluarga dan pasukannya berangkat menuju kota Serandib. Amir Hamzah menyuruh Abbas mengirim surat kepada Landahur. Abbas radi’llahu’ anhu adalah menyurat pernama nama Allah ta’ala, dari itulah mulai memuji agama Nabi Ibrahim ‘alaihi’ssalam.

            Setelah dibuatkan surat oleh Abbas, lalu Amir Hamzah menyuruh Umar Umaiyah mengantarkan surat kepada Landahur. Setibanya di kota Serandib, dia bertemu dengan Landahur dan memberikan surat kepadanya. Umar Umaiyah membawa lari mahkota yang dibuat oleh raja Landahur. Lalu raja Landahur mengejar Umar Umaiyah untuk mengambil kembali mahkotanya. Setelah Umar Umaiyah sampai pada Amir Hamzah, ia pun memberikan mahkota itu kepadanya. Lalu Amir Hamzah memberikan mahkota itu kepada Umar Ma’adi Karib. Amir Hamzah pergi kek kota Serandib bersama Umar Umaiyah untuk menemui raja Landahur. Bertemulah Landahur dengan Amir Hamzah dan mereka memulai perang. Beberapa saat kemudian, Landahur mengajak Amir Hamzah untuk pergi ke kota Serandib dan akan dijadikan tamu olehnya. Lalu Amir Hamzah pergi ke kota Serandib mengunakan kuda sedangkan Landahur berjalan mengiringi Amir Hamzah. Sesampai di kota Serandib, Landahur menyuruh mentri-mentri dan orang-orang penting di istana menemui Amir Hamzah dan hormat kepadanya. Lalu Amir Hamzah didudukkan di atas singgasana di temani oleh Landahur disisinya. Tak lama Landahur pun mabuk berat lalu terguling-guling di tempat minuman. Maka Amir Hamzah dan Umar Umaiyah pun kembali ke istananya. Rakyat-rakyat di istananya pun sangat senang melihat mereka berdua.

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler