Skip to Content

Agenda Sastra

ASU

aku benci bingar

Aku tak ingin di pasar

Berlariku ke hutan

Tetap tak kutemukan

 

Sembunyiku di balik pohon randu

pada punggung batu

kalibening

Belum genap satu bulan Gentong kabur dari tanah Arab menghindari ganasnya polisi Tanah Suci untuk segera bertemu matahari di ufuk bukit Sriti Lumajang yang ranum akan bunga-bunga salak pondo. Siang itu dia benar-benar risau, menyemat kegalauan  menuruni  jalan setapak  diantara pagar  pembatas rumah jalan masuk salah satu gang di Bekasi. Jakarta.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI: ANTOLOGI PUISI PENYAIR LIMA NEGARA

Menyeleksi ribuan puisi dari ratusan penyair bukan persoalan mudah. Terlebih lagi penyair yang mengirim karyanya dari berbagai negara yang pastinya memiliki bahasa berbeda. Dikarenakan itulah, kami memahami betul betapa keputusan ini tidak akan memuaskan semua pihak.

TINJA

 

Penulis Pantun Makin Sedikit

Mulai ditinggalkannya tradisi seni pantun membuat resah sastrawan Adriana HS. Kegelisahan itu mendorong dirinya untuk membuat kumpulan Pantun dengan tajuk yang unik, Pantun Nakal Terasi Rasa Duren. Karya sastra popular itu akan diluncurkan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dalam acara Bincang-Bincang Sastra edisi ke-84 Sabtu (29/9) mendatang.

Sastra Bulan Purnama Hadirkan Geguritan di Tembi

Di beberapa kota di Jawa seperti Solo, Semarang dan Surabaya masih banyak ditemui orang yang menulis puisi dalam Bahasa Jawa atau disebut geguritan. Mereka disebut sebagai penggurit.

Bertempat di Tembi Rumah Budaya, Jalan Parangtritis pada acara Sastra Bulan Purnama 13, Senin (1/10) sejumlah penggurit akan memamerkan karyanya dalam tajuk Membaca Geguritan Membaca Jawa.

Disparbud Jawa Barat Gelar Workshop Bahasa dan Sastra Cirebon

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat akan menyelenggarakan Workshop Bahasa dan Sastra Cirebon pada 18 hingga 20 September 2012 di Hotel Apita Cirebon, Jabar, dengan tema "Ngopeni Basa Lan Sastra Daerah Nguatakeun Budaya Bangsa".

Jakarta Tuan Rumah Forum Keberagaman Bahasa Asia-Eropa

Kota Jakarta dipercaya menjadi tuan rumah acara Forum Keberagaman Bahasa Asia-Eropa. Acara tersebut akan digelar oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada 4-5 September di Hotel Borobudur, Jakarta.

Medan Berpotensi Jadi Klibat Teater

Medan dinilai sangat berpotensi menjadi kiblat teater mahasiswa di Indonesia mengingat pertumbuhan teater mahasiswa pada perguruan tinggi di ibu kota Sumatera Utara itu terus meningkat.

KRITERIA PENERIMAAN KARYA PUISI PPN-VI JAMBI 2012

KRITERIA PENERIMAAN KARYA PUISI PPN-VI JAMBI 2012 

Kepada

Yth. Bapak/Ibu/Tuan/Puan/Saudara:

Di Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand,

Philipina, Vietnam, Laos, Kamboja, Timor Leste, dan Myanmar.

 

Dengan Hormat,

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler