Skip to Content

cerita rakyat

ASAL-USUL ORANG BATAK

Pada mulanya, orang Batak mengenal satu dewa namanya Mulajadi Na Bolon. Mulajadi Na Bolon menciptakan seekor ayam. Ayam ini paruhnya dari besi, tajinya sebesar kepompong dari tembaga. Ayam ini bertelur, telurnya tiga tiga. Telur ayam itu lebih besar dari sang ayam.

BELAJAR SASTRA LEWAT CERITA RAKYAT

Dini Tri

http://suaramerdeka.com/

CERITA rakyat tak melulu dikemas dalam rasa tradisional. Karena dengan mengikuti perkembangan zaman, cerita tersebut semakin menarik tanpa meninggalkan fungsi hiburan dan pendidikan. Seperti sajian drama tradisonal yang disuguhkan siswa-siswi SMPN 4 Sukoharjo yang mengangkat lakon Ande-ande Lumut ini.

Mitos Kesetiaan Widuri

Dahulu, lebih kurang tiga abad silam, di wilayah Pemalang sebelah utara masih banyak hutan rawa. Tanah daratan yang ada kurang subur. Di tempat itu tinggallah seorang yang bernama Ki Pedaringan.

CERITA RAKYAT DAN BUDI LUHUR BANGSA

Pada saat ini cerita rakyat sudah tidak lagi menjadi pengantar tidur anak-anak. Padahal cerita rakyat itu sebenarnya mampu membangun dan menanamkan karakter mulia. Melalui cerita-cerita rakyat itulah, anak-anak akan diberitahu mengenai mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang disukai Tuhan dan mana yang dibenci, mana yang membuat manusia menjadi hebat dan mana yang menjadi terpuruk.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler