Skip to Content

Cirebon

Festival Teater Cirebon 3 Usung Tema 'Membumikan Tradisi'

Festival Teater Cirebon siap digelar oleh Teater Tjaaroeban untuk kali ke-3 di Gedung Kesenian Nyimas Rarasantang, Komplek Perkantoran Bima, Cirebon, pada 2-11 April 2017 mendatang.

Puisi Tuhanku dalam Iringan Seruling dan Suluk-Suluk Cirebonan

Kenang Chairil Anwar, Komunitas Sastra Rumah Kertas Gelar Malam Puisi

Ada yang menarik. Di tengah publik yang berlomba meraup keuntungan dari situasi itu, sekelompok anak muda di Cirebon masih terus menghidup-hidupi sastra. Mereka adalah komunitas Rumah Kertas.

Cirebon Teater Festival 2, Kekinian Tanpa Melupakan Tradisi

Kota Cirebon menjadi salah satu kota yang telah tercatat menorehkan tinta emas dalam sejarah Teater Indonesia dengan melahirkan dua tokoh Teater Indonesia, yaitu Arifin C Noor dan Nano Riantiarno. Namun seiring dengan berjalannya waktu, torehan itu kini mulai perlahan tenggelam. Dewasa ini, perkembangan Seni Teater di kalangan generasi muda kian memudar.

Cirebon Teater Festival 2 Resmi Dibuka

Cirebon Teater Festival 2 resmi dibuka, pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan menyalakan obor bersama oleh Kepala Dinas Porbudpar Kota Cirebon Dana Kartiman, Pangeran Patih Keraton Kanoman, Pangeran Raja Qodiran, Ketua Pelaksana dan disaksikan para tamu undangan, di Gedung kesenian rarasantang Kesambi Kota Cirebon, Sabtu (2/4) malam.

Cirebon Butuh 5.000 Guru Bahasa Cerbon

Cirebon membutuhkan sedikitnya 5.000 orang guru untuk memenuhi ketersediaan guru bidang studi bahasa Cirebon. Guru bahasa Cirebon saat ini tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Umumnya mereka guru bidang studi lain yang dipaksakan mengajar bahasa Cirebon.

Dua Buku Sastra Daerah Diluncurkan

Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Provinsi Jawa Barat meluncurkan dua buku sastra daerah berjudul "Jangjawwokan" dan "Cetrok Bekasi". Peluncuran kedua buku tersebut dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan "Sarasehan Pra Kongres Bahasa dan Sastra Cirebon", di Hotel Prima Cirebon, Senin (3/12/12).

"Saresehan Basa Cerbon", Menuju Bahasa Masa Depan

Sebagai upaya revitalisasi bahasa dan sastra Cirebon dalam hubungannya dengan berbagai hal menyangkut eksistensi kehidupan, akan digelar "Saresehan Basa Cerbon" selama dua hari di Hotel Prima, Cirebon, Senin-Selasa (3-4/12/12).

Acara tersebut diadakan atas kerjasama Lembaga Basa lan Sastra Cerbon (LBSC) dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Provinsi Jawa Barat.

Disparbud Jawa Barat Gelar Workshop Bahasa dan Sastra Cirebon

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat akan menyelenggarakan Workshop Bahasa dan Sastra Cirebon pada 18 hingga 20 September 2012 di Hotel Apita Cirebon, Jabar, dengan tema "Ngopeni Basa Lan Sastra Daerah Nguatakeun Budaya Bangsa".

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler