Skip to Content

Jawa Timur

Ngaji Sastra: Konsultasi Bersama Para Sastrawan

Semaraknya perkembangan karya sastra di Nusantara, membuat alumnus Sastra Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ikut mengambil peran. Tak hanya melalui media sosial, mereka juga menggelar diskusi rutin bertajuk  Ngaji Sastra di kampus tersebut.

HISKI Malang Diskusi Transformasi Pemakzulan Sastra

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PS-PBSI), Universitas Islam Malang menjadi tuan rumah Diskusi Ilmiah Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Cabang Malang, Rabu (01/03/2017). 

Karya Sastra Lokal Minim di Perpusda

Minimnya karya sastra lokal di Perpustakaan Umum dan Arsip Kabupaten Sumenep mendapat sorotan dari sejumlah penggiat sastra. Padahal penulis sastra produktif banyak bermunculan di Kota Sumekar.

Kelompok Seniman Madura Gelar 'Tadarus Puisi'

Seniman dan budayawan se-Madura menggelar diskusi sastra dan "tadarus puisi" di Kantor Dewan Kesenian Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (26/6) malam sebagai upaya menghidupkan kembali seni dan budaya Pulau Garam yang akhir-akhir dinilai mulai menurun.

Diskusi soal Pramoedya Ananta Toer di Bojonegoro

Karya-karya Pramoedya Ananta Toer bisa dikatakan menjadi bacaan wajib anggota Komunitas Atas Angin di Bojonegoro.

Tepat pada tanggal 30 April kemarin, merupakan Haul Pramoedya Ananta Toer yang ke-10. Beberapa anggota Komunitas yang aktif dibidang literasi (baca-tulis) itu kemudian membuat forum kecil untuk melakukan refleksi.

Kisah Ayu Remaja dengan Puisi 'Jangan Panggil Aku Pincang'

Senyum mengembang setelah tangis pecah saat remaja berambut ikal ini menceritakan perjalanan amputasi kaki kirinya. Namun Amanatul Diah Ayu, siswa kelas 6 SDN 5 Pesanggaran, Banyuwangi itu tetap bersemangat bercerita tentang impiannya menjadi seorang dokter.

Besok Prof Djoko Saryono Bicara Gagasan Kepenyairan

Di kalangan akademisi sastra di Jawa Timur, Prof Djoko Saryono tergolong tokoh langka. Dia tidak hanya berkutat dengan kegiatan akademis, semisal penelitian atau mengajar di kampus. Prof Djoko juga mengeluarkan keringat dingin untuk menghasilkan karya sastra.

Konsistensi Penyair Muda di Surabaya

Koordinator Bengkel Muda Surabaya, Ribut Wijoto menilai "Kota Pahlawan" merupakan ladang subur penyair puisi. Tak sedikit dalam setiap generasi bermunculan penyair baru. "Meski dikenal kota industri, tapi Surabaya tak pernah kehabisan penyair puisi yang lahir dan berproses membesarkan syair," ujarnya, Minggu (11/10).

Karya Sastra Pramoedya Ananta Toer Jadi Kajian di Eropa

Para sastrawan dan kritikus sastra di Eropa mendirikan pusat studi bernama "Teaching Pram in Europe" di London, Inggris, untuk mengkaji karya sastrawan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer.

Adu Jago Bahasa Indonesia di Olimpiade Unesa

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengisi Bulan Bahasa yang jatuh setiap Oktober. Tahun ini, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali memeriahkan Bulan Bahasa dengan menggelar Olimpiade Bahasa Indonesia.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler