Skip to Content

Pendidikan

Badan Bahasa Kemendikbud Rilis "KBBI Disabilitas Netra"

Penyelenggaraan Bulan Bahasa dan Sastra oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menjadi salah satu ajang pembuktian para ahli bahasa dan sastra serta generasi muda untuk memunculkan berbagai inovasi produk kebahasaan dan kesastraan.

puisi-puisi Salman Imaduddin

Siapa Punya?

 

suatu hari di sebuah kota yang mati lampu

kaki ini memijak ragu

Siswa SD Kota Bandung Raih Rekor Menulis Puisi Terbanyak

Ribuan siswa Sekolah Dasar di Kota Bandung mencatatkan rekor baru di Original Record Indonesia (ORI). Mereka membuat rekor menulis puisi terbanyak dalam jangka waktu 10 menit.

FLS 2018 dan Momentum Mengintegrasikan Literasi dalam Kurikulum 2013

Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka Festival Literasi Sekolah (FLS) 2018 di Gedung Kemendikbud, Jakarta (28/12/2018). 

FLS diadakan mulai 28 hingga 31 Oktober 2018 dan tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-2 kali, pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017.

Kemdikbud Kembali Gelar Festival Literasi Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menyelenggarakan Festival Literasi Sekolah (FLS) pada 28-31 Oktober 2018. Kegiatan ini merupakan perayaan literasi yang mewadahi warga sekolah yaitu siswa, guru, kepala sekolah serta penggiat literasi.

Pembaca Sastra Indonesia Hanya 6,2%, Kurikulum Sekolah Harus Dorong Siswa Membaca

Pembaca sastra cenderung lebih bisa berempati kepada publik luas. Pembaca sastra juga lebih cenderung berderma. Data menunjukkan, mereka yang membaca sastra cenderung lebih ingin terlibat dalam kegiatan sosial dibanding yang tak membaca sastra (65,7 persen versus 48,5 persen).

Resmikan Laboratorium Kebhinekaan Bahasa, Ini Harapan Kemendikbud

Menyambut Bulan Bahasa dan Sastra yang akan diselenggarakan pada akhir Oktober 2017, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Dadang Sunendar mengatakan, pihaknya akan meresmikan Laboratorium Kebhinekaan Bahasa di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Lestarikan Kearifan Lokal, Pasanggiri Bahasa, Sastra & Seni Daerah Digelar UPTD Pendidikan Cikoneng Ciamis

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Pasanggiri Apresiasai Bahasa, Sastra dan Seni Daerah tahun 2017, Selasa (28/02/2017) lalu, bertempat di SDN 1 Margaluyu. Kegiatan itu diikuti oleh 29 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 116 orang siswa.

Indonesia Butuh Karya Sastra Perjuangan

Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (Hiski) kini memiliki 52 komisariat dan sudah menyelenggarakan konferensi kesusastraan ke-46. Hiski didirikan pada 17 November 1984 di Tugu, Puncak, Bogor. Salah seorang pendiri sekaligus penggagas organisasi ini adalah Prof Sapardi Djoko Damono.

Hidupkan Sastra di Temanggung, Guru Harus Paham Sastra

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, Darmadi mengatakan, ada banyak cara untuk menghidupkan sastra di Temanggung. Salah satunya bisa dimulai dari para guru yang harus paham sastra terlebih dahulu.  Sehingga siswa-siswinya pun akan memiliki ketertarikan.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler