Skip to Content

Perpustakaan

PERPUSTAKAAN, BUKU, DAN MUSUHNYA

Oleh: F. Daus AR

 

Indonesia Upayakan Digitalisasi Manuskrip Perpustakaan Nasional

Hingga tahun 2014 mendatang, Indonesia menargetkan digitalisasi terhadap 10.000 manuskrip yang tersimpan di Perpustakaan Nasional.

Universitas Udayana Bali Luncurkan Perpustakaan Lontar

Rektor Universitas Udayana Prof.Dr.Made Bakta dalam keteranganya di sela-sela peluncuran Perpustakaan Lontar di Denpasar Bali, Rabu Pagi (28/11) mengungkapkan peluncuran Perpustakaan Lontar merupakan usaha untuk mengingatkan kepada generasi muda akan pemikiran, gagasan dan konsep mulia para leluhur dalam bentuk kearifan lokal Bali.

Balai Dunia Rusia Didirikan di Bandung

Kedutaan Besar Rusia mendirikan Balai Russkiy Mir atau Dunia Rusia yang di dalamnya berisi kumpulan buku, kamus, dan sastra klasik berbahasa Rusia di lingkungan kampus Universitas Padjadjaran Bandung.

Pemprov. Jabar Canangkan Program Gerakan Wakaf Buku "Satu Buku Satu Orang"

Untuk menumbuhkan minat baca di rakyat Jawa Barat khususnya, dan Indonesia pada umumnya, Pemprov. Jabar mencanangkan program Gerakan Wakaf Buku "Satu Buku Satu Orang".

Perpustakaan Ali Sadikin Akan Dibangun di Bandung

Yayasan Pusat Studi Sunda akan membangun perpustakaan khusus untuk menampung berbagai buku dan karya sastra sunda. Lokasinya di  Jalan Garut Nomor 2, Bandung . Jumlah koleksinya saat ini sudah lebih dari 13 ribu judul. “Pembangunan dimulai akhir tahun ini atau awal tahun depan,” kata Sekretaris Yayasan Hawe Setiawan kepada Tempo, Kamis (31/3).

PDS HB Jassin & Perpustakaan UI, Bagai Langit dan Bumi

Sebagai tempat yang menyimpan banyak ‘jendela dunia’, perpustakaan seharusnya menjadi wahana yang amat bernilai harganya. Tentu kita tak boleh menyia –nyiakan ilmu pengetahuan yang banyak tertulis di setiap buku yang menjadi nyawa dari perpustakaan.

Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin Terancam Ditutup

Berita menyedihkan datang dari dunia sastra. Pusat dokumentasi sastra terlengkap di Indonesia, HB Jassin terancam ditutup karena kekurangan dana.

Hal tersebut disampaikan seniman Sitok Strengenge dan pelaku sastra lainnya, Eka Kurniawan. Mereka sangat prihatin dengan kondisi tersebut karena PDS HB Jassin adalah salah satu aset nasional yang perlu mendapat perhatian pemerintah.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler