Skip to Content

Sastra Jawa

Nguri-uri Budaya lewat Menulis Aksara Jawa Terpanjang

Tak kurang dari 500 peserta meramaikan pemecahan rekor Muri menulis aksara Jawa terpanjang yang digelar di Solo Paragon Mall, kemarin. Dalam kegiatan yang digelar mulai pukul 10.00 hingga 16.00 tersebut berhasil menyelesaikan tulisan sepanjang 500 meter.

KAMIT - Drama Komedi Berbahasa Jawa

KAMIT

Sandiwara Basa Jawi

Dening: Gusmel Riyadh


TOKOH: 10 Orang

SINOPSIS

“perkara nyumbang wis owah dadi utang piutang….”

yen atimu

                            yen atimu

lonte

L O N T E


Kowe pancen lonte

naliko tak boking..,

kowe curhat,nangis ing pangkonku

Serat Sastra Gending Kental Bahasa Simbolik

Alunan tembang Kebo Giro dari karawitan Panembrama Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang mengiringi kelulusan Zaenudin Bukhori meraih predikat Doktor Studi Islam dari Program Doktor di kampus tersebut, Kamis (8/11).

SastraJawa.co

SastraJawa.co

www.sastrajawa.co - Sastra Jawa Gagrag Anyar
Situs web sastra Jawa yang dikelola oleh Organisasi Pengarang Sastra Jawa (OPSJ); Ketua: Sucipto Hadi Purnomo, Sekretaris: Bonari Nabonenar.

Sastra Bulan Purnama Hadirkan Geguritan di Tembi

Di beberapa kota di Jawa seperti Solo, Semarang dan Surabaya masih banyak ditemui orang yang menulis puisi dalam Bahasa Jawa atau disebut geguritan. Mereka disebut sebagai penggurit.

Bertempat di Tembi Rumah Budaya, Jalan Parangtritis pada acara Sastra Bulan Purnama 13, Senin (1/10) sejumlah penggurit akan memamerkan karyanya dalam tajuk Membaca Geguritan Membaca Jawa.

Pentas Seni & Sastra Jawa HUT 21 SSJY

Syukuran HUT ke-21 Sanggar Sastra Jawa Yogyakarta (SSJY) rencana digelar Minggu (19/2) mulai pukul 09.00 WIB di Balai Bahasa Yogyakarta (BBY). Selain potong tumpeng, seluruh acara berisi pentas seni dan sastra Jawa.

Sastra.org, Program Digitalisasi Sastra Jawa

Sastra.org, Program Digitalisasi Sastra Jawa

www.sastra.org - Situs web ini dibangun sebagai katup penyebarluasan hasil program digitalisasi sastra daerah (sastra Jawa) oleh Yayasan Sastra Lestari sejak 1997.

PRIHATIN

Murkiyem   :

(Menggendong bayi, sambil mengayun-ayun pelan, ke kiri dank e kanan serta mendendangkan tembang jawa)

 

Tak LELO…, LELO…, LELO… LEGUNG

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler