Skip to Content

Seminar

20 Perupa Muda Alih Kreasikan Puisi, Pameran Kata Rupa Seminar Internasional Sastra Indonesia 2019

Sejumlah 20 perupa muda mengalih kreasikan puisi ke dalam karya dua dimensi berupa lukisan, mural, grafiti, hingga seni grafis.

Karya-karya mereka dihadirkan serangkaian Seminar Internasional Sastra Indonesia 2019 bertema Sastra, Lingkungan, dan Kita, di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Bali, sedari 10 Oktober hingga 17 Oktober 2019.

Seminar Internasional Sastra Indonesia di Bali 2019

Gubernur Bali: sastra jadi media sebarkan nilai-nilai luhur

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan kesusastraan menjadi media untuk merekam, menyimpan, serta menyebarluaskan nilai-nilai luhur, ajaran-ajaran moral, serta kearifan lokal yang menjadi tuntunan penting dalam perjalanan manusia Bali untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Indonesia Jadi Tuan Rumah Seminar Antarbangsa Kesusasteraan ASEAN

Meskipun sudah dilontarkan sejak awal tahun 1970-an, pengembangan gagasan teori dan kritik sastra loka atau sastra tempatan, yakni teori dan kritik sastra yang berpijak pada budaya dan penggalian unsur-unsur kedaerahan, belum banyak kemajuan.

Penerbitan Sastra Jawa di Ambang Kepunahan

Penerbitan sastra Jawa di ambang kepunahan. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Pardi Suratno mengemukakan, saat ini hampir tak ada lagi penerbitan sastra Jawa, akibat kekurangmampuan mengelola khasanah budaya warisan leluhur tersebut.

Sastrawan Melayu Bakal Kumpul di Yogyakarta

Satrawan melayu dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand hingga Rusia bakal hadir dalam Seminar Internasional Satra Antar Bangsa yang dibuka di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM mulai 14-18 September 2016.

Karya Sastra Pramoedya Ananta Toer Jadi Kajian di Eropa

Para sastrawan dan kritikus sastra di Eropa mendirikan pusat studi bernama "Teaching Pram in Europe" di London, Inggris, untuk mengkaji karya sastrawan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer.

Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013: Kurikulum Apa pun Jangan Dibuat Resah

Guru Besar Sastra Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Dr, Suminto A Sayuti menyatakan bahwa dalam pembelajaran sastra di sekolah, kurikulum apapun dan manapun tidak perlu menjadi hal yang menggelisahkan.

Rumah Budaya Fadli Zon Gelar Seminar Teater

Rumah Budaya Fadli Zon bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia Padangpanjang menggelar seminar teater dalam rangka pekan apresiasi teater ke-5.

"Seminar ini bertemakan ’Keberpihakan Teater Kepada Penonton’ yang selama ini dinilai masih minim," kata Panitia Pelaksana, sulaiman Juned, di Rumah Budaya Fadli Zon, Selasa.

Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Membangun Tata Dunia

Krisis ekonomi bukan hanya tentang krisis ekonomi tetapi juga terkait bagaimana persoalan membangun komunikasi. Saat ini dibutuhkan kesepahaman berbagai pihak baik nasional maupun internasional mengenai hal tersebut, dengan bahasa sebagai alat komunikasi serta instrumen membangun tata dunia.

Seminar Nasional Sastra Indonesia di Unlam

Seminar Nasional Sastra Indonesia digelar di lantai tiga Gedung Rektorat Unlam, Jalan Brigjen H Hasan Basry Kayutangi, Sabtu (29/10/2011). Dalam sambutannya Ketua Panitia Seminar Nasional Sastra Indonesia, Rusma Noortyani mengatakan seminar dengan tema Sastra Mutakhir di Indonesia itu bertujuan untuk menggambarkan sastra dan memasyarakatkan sastra Indonesia.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler