Skip to Content

Solo

Tiga Hari Perayaan Hari Teater Dunia 2017 di Solo

International Theatre Institute (ITI) bersama komunitas teater lintas negara mendeklarasikan Hari Teater Dunia pada 27 Maret 1961. Di Indonesia, perayaan Hari Teater Sedunia itu mulanya berlangsung di Solo, Jawa Tengah sejak tiga tahun lalu.

Nguri-uri Budaya lewat Menulis Aksara Jawa Terpanjang

Tak kurang dari 500 peserta meramaikan pemecahan rekor Muri menulis aksara Jawa terpanjang yang digelar di Solo Paragon Mall, kemarin. Dalam kegiatan yang digelar mulai pukul 10.00 hingga 16.00 tersebut berhasil menyelesaikan tulisan sepanjang 500 meter.

Seniman Lintas Kota akan Peringati Hari Teater di TBJT Surakarta

Memperingati Hari Teater Sedunia yang jatuh pada tanggal 27 Maret nanti, sejumlah seniman dan komunitas teater bakal mengadakan pertunjukan seni dan teater di Kawasan Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT).

Festival Sastra Solo 2014

Nuansa Lokal Jadi Andalan FSS 2014

Berdasarkan catatan sejarah panjangnya, Kota Solo telah lama memiliki pertalian dengan dunia sastra. Keberadaan perpustakaan Mangkunegaran dan Radya Pustaka, menjadi salah satu penanda kota ini menjadi salah satu wilayah yang peduli pada perkembangan sastra.

Festival Teater Bahasa Jawa, Angkat Eksistensi Bahasa Daerah

Festival Teater Bahasa Jawa (FTBJ) se-Jawa Tengah bakal digelar 15-17 November mendatang di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah. Kegiatan ini nantinya bakal diikuti siswa tingkat SMA sebagai pesertanya.

Festival Teater Bahasa Jawa Digelar Lagi

Festival Teater Bahasa Jawa se-Jawa Tengah bakal digelar di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Solo, Jumat-Minggu (15-17/11) malam. Festival yang digelar kali kedua tersebut diikuti sedikitnya delapan peserta dari berbagai daerah se-Jawa Tengah.

ISI Solo Gelar Festival Sandiwara Realis Pelajar

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teater, Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, menggelar Festival Sandiwara Realis Pelajar (FSRP), 1- 3 November, di Teater Kecil ISI Solo. Pada hari ke dua ini akan tampil SMK Negeri 9 Solo, SMA Negeri 1 Mungkid Magelang, SMA Negeri 2 Solo, dengan naskah yang sama “Ayahku Pulang”.

Selamatkan Bahasa & Sastra Daerah yang Nyaris Punah

Sikap dan perhatian pemerintah terhadap kedudukan sastra daerah terutama dalam kurikulum sekolah dan ketersediaan lapangan kerja kian menurun. Untuk merespons kondisi ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) akan mengadakan musyawarah nasional (munas) Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia (Imbasadi), 23-27 Oktober yang akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah.

SMAN 1 Solo Borong 7 Piala Lomba Teater Nasional

Teater Kosong SMA Negeri 1 Solo sabet juara umum 2 dalam kompetisi teater nasional di Bali (13/10) silam. Dalam kompetisi tersebut, teater Kosong membawa pulang 7 buah piala.

Usai Digitalisasi, Naskah di Radya Pustaka Pantang Dipinjam

Komite Museum Radya Pustaka akan gencarkan digitalisasi naskah kuno koleksi museum. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan naskah kuno tersebut dari kerusakan.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler