Skip to Content

Musafir Hayat

 

Musafir Hayat merupakan nama pena dari Aris Setiawan Lahir di Kebumen "Kota Beriman", Jawa Tengah tepatnya 14 Pebruari 1984. "Berpacaran" dengan Selviana, sejak tahun 2005. Baru dikaruniai empat generasi penerus, "si buah hati": Yasmin Izzah Laila, Yazid Ikram Jamil, Yasir Imam Hanif, dan Yarham Ismail Hasan.

Mulai jatuh cinta pada kata, senang menuangkan tulisannya sejak awal jadi kuli, "kuli"ah di D3 jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang (namun tidak selesai) dan pindah di Fakultas Bahasa di kampus yang sama (tidak selesai juga...karena sering bolos). Melarikan diri, merantau di Kalimantan Timur dan mengkhatamkan "semedi-nya" S1 (Bahasa dan Sastra Indonesia) dan S2-nya (Teknologi pendidikan) di Universitas Mulawarman. Pernah "mampir" menjadi pegiat di beberapa komunitas Penulisan dan Jurnalistik di antaranya: Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BP2M) Universitas Negeri Semarang, Forum Lingkar Pena (FLP) Semarang, Komunitas Sastra dan Teater Sangkur Timur (alm), dan Komunitas Sastra Godhong Garing (K2G). Pernah "ikut-ikutan" beberapa kali pelatihan jurnalistik baik yang bersifat lokal atau nasional seperti PJD (Pelatihan Jurnalisti Dasar, Semarang), PANJINAS (Pekan Jurnalistik Nasional, Jakarta) dll.

Sekarang, menjadi "tukang kebun" di ladang ilmu pengetahuan merangkap "juru parkir" kesiswaan di SMAN 2 Loa Kulu dan SMK Farmasi Tenggarong. Sebelumnya pernah mengabdi di SMPN 7 Tenggarong, serta SMP dan SMK Darul Falah Tenggarong. Pernah bekerja dan mengabdi menjadi tukang sapu di SMA Negeri 1 Muara Kaman (salah satu sudut pedalaman Kalimantan Timur). Sebelumnya pernah bekerja sebagai agency dan tukang loper koran pada harian KOMPAS selama satu setengah tahun (2003), dan bekerja di Penerbit FASTABIQ MEDIA sebagai editor dan manajer penerbitan selama dua tahun (2004 s/d 2005) dan di SDIT Nurul ’Ilmi Tenggarong sebagai tenaga "cleaning service" selama lima tahun (2005 s/d 2010)

Telah menerbitkan beberapa buah buku, diantaranya: 2 Antologi Puisi, Nyanyian Sufi (Sari Kata Press), Dan Alampun Makin Sunyi (Indie Publishing), dan Puisi, Cinta, dan Airmata (dalam proses, Kalam Press). 1 Kumpulan Cerpen berjudul: Jalu (Sari Kata Press), 1 Buah Novel Remaja: Lintang, Gadis Bermata Biru (Graha media Pustaka). 2 Buku nonfiksi motivasi Islami berjudul Surat Cinta untuk Sang Aktivis (Fastabiq Media).

Tulisannya pernah "nongol" dimuat di beberapa media cetak dan elektronik. Nuansa, KOMPAS Mahasiswa, An-Nida, Ummi, Sabili, Horison (Tabloid dan Majalah) Exspress, Lingk@r, PROISI, Al-Izzah (Buletin dan Jurnal) Suara Merdeka, Republika, Pos Kota, Koran Kaltim, Kaltim Post (Harian Umum) myquran.com, cybersastra.com, serta jendelasastra.com dan beberapa blog dan milist (Web Site, Web Log dan Mailing List).

Selain itu, penulis juga masih aktif menjadi juru kunci di beberapa lembaga pendidikan dan dakwah: Yayasan Ash-Shiddieq, Ikatan Dai Indonesia DPD Kutai Kartanegara (IKADI Kukar). Bisa menjalin komunikasi via e-mail/facebook di: arissetiawan.140284@gmail.com atau  mobile: 085250457655

Informasi Pengguna

Foto Musafir Hayat
Tidak tersambung. Terakhir tersambung 3 tahun 47 minggu lalu. Terputus
Aktif sejak: 21/11/2012

Musafir Hayat

Informasi Umum
Nama: 
Musafir Hayat
Lokasi: 
Tengggarong-Kota Raja
Minat: 

Membaca wajahmu...Menulis namamu...Apresiasi Sastra Rasa, dan Fotografi Cinta

Tidak ada tulisan.

JenisTulisanKomentarPengunjung
  Musafir HayatOrang LainTotalHari Ini
Berita
Karya Sastra115149329,51512
Wawasan2658,7893
Bookmark
Dapur Sastra
JUMLAH1171415388,30415

Komentar

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.