Skip to Content

SUYATNA

 

Suyatna, S.Pd lahir di Bandung pada tanggal 11 April 1977. Pada tahun 1980, mengikuti kedua orang tua pindah ke Jambi. Pendidikan formal dimulai dari Sekolah Dasar pada tahun 1983 di SDN 343/II Kuamang Kuning, SMP pada tahun 1989 di SMPN 5 Kuamang Kuning dan menyelesaikan pendidikan SMA di SMAN 2 Pelepat Ilir. Setelah lulus SMA pada tahun 1995, mengikuti kedua orang tua ke Riau.

Hobi menulis telah tumbuh sejak duduk di bangku sekolah. Ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama banyak membaca buku-buku novel, roman dan buku-buku sastra Indonesia lainnya. Pada akhirnya tumbuhlah cita-cita ingin menjadi seorang penulis. Maka ketika duduk di bangku sekolah menengah atas yang tepatnya di SMA Negeri 2 Pelepat Ilir, berniat mengambil jurusan Bahasa. Namun niat tersebut tak terkabul karena terjaring masuk jurusan Fisika melalui peringkat yang diraih.

Kini, telah di karuniai 4 orang putra dari pasangan hidup Siti Fatimah. Putra pertama, Guntur Ghulam Ahmad yang lahir pada tanggal 25 April 1997. Putra kedua, Restu Ayyubi Ahmad lahir pada tanggal 8 Juli 2001. Putra ketiga, Fahmi Nurhafizh Ahmad yang lahir pada tanggal 22 Juni 2011. Sedangkan putra keempat lahir pada tanggal 26 Mei 2017, yang diberi nama Luthfi Syauqi Ahmad.

Di sela-sela kesibukan sebagai guru di SDN 13 Pulau Burung Kec. Pulau Burung Kab. Indragiri hilir, tetap menyempatkan waktu untuk menulis. Beberapa buku yang telah ditulis diantaranya yaitu: Ternyata Berhitung Itu Mudah, Tanda Pengenal Dalam Gerakan Pramuka, Tuturku Dalam Sajak, NELA (JILID 1), Ketika Jalan Itu Masih Ada, Mari Belajar Menulis Puisi, 25 Resensi Novel, Kiat Menulis Novel, Mengapa Saya Menulis, Program Kerja Gerakan Pramuka Penggalang, Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri.

Tiga puisi berhasil lolos seleksi dalam buku antologi sebuku dengan Nissa Sabyan dalam buku Terbang Dalam Deen Assalam dan 2 puisi berhasil lolos seleksi sebuku dengan Sapardi Djoko Damono dalam buku Menenun Rinai Hujan.

Disamping sebagai penulis, juga sebagai editor di beberapa buku diantaranya yaitu: Goresan Kecil Tangan-tangan Mungil (Antologi Puisi Siswa SDN 013 Ringin Jaya), Isyarat Hati, Amara Si Mutiara Hitam, Mengayuh Biduk Literasi di Bumi Hamparan Kelapa (Antologi Cerpen Peserta Sagusaku Guntung), Aksara Pelangi (Antologi Puisi Siswa SMAN 1 Kateman), Mutiara Samudra dari Pesisir Utara (Antologi Cerpen Siswa SMAN Tunas Bangsa), Goresan Pena Anak Negeri Pulau Burung (Antologi Puisi Siswa SMAN Tunas Bangsa), Bintang Harapan dari Pulau Terdepan (Antologi Puisi Siswa SMPN 1 Pulau Burung), Makna Sebuah Cinta (Antologi Puisi Penulis Writer Indonesia Team), Bait Mimpi Pak Ketua ( Kumpulan Pesan untuk Insan YBAM Menjadi Sekolah Kualitas Dunia), Abdiku Negaraku, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Daerah Tertinggal, Aneka Masakan Tradisional Sagu ( Rumbia). Selain itu, juga aktif menulis artikel di surat kabar Posmetro Indragiri.

Sebagai “Penggiat Literasi Indragiri hilir”, tetap berkiprah dalam memotivasi sekaligus menggerakan Kegiatan Literasi Sekolah (GELIS) di bawah naungan Ikatan Guru Indonesia (IGI). Beberapa sekolah yang menjadi binaan adalah SDN 013 Ringin Jaya, SMAN 1 Kateman, SMA Ashabul Mukminin, SMPN 1 Pulau Burung dan SMAN Tunas Bangsa, SDS Mutiara Hati dan SMPS Mutiara Hati Kecamatan Pulau Burung.

Facebook : Suyatna Pulauburung
WhatsApp : 0822 8557 2902
Email : suyatna225@yahoo.com

Informasi Pengguna

Foto SUYATNA
Tidak tersambung. Terakhir tersambung 25 minggu 1 hari lalu. Terputus
Aktif sejak: 10/01/2020

SUYATNA

Informasi Umum
Nama: 
SUYATNA
Lokasi: 
Desa Ringin Jaya Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri hilir Provinsi Riau
Minat: 

Menulis
Mengapa menulis?
Ada 10 alasan mengapa saya memilih menulis
1. Menulis untuk keabadian
2. Menulis untuk merekam jejak
3. Menulis untuk menginspirasi
4. Menulis untuk menunjang karier
5. Menulis untuk kreativitas
6. Menulis untuk kesenangan
7. Menulis untuk investasi
8. Menulis untuk berpetualang
9. Menulis untuk berbagi
10. Menulis untuk berbicara

  • Karya Sastra: HILANG
  • Karya Sastra: RINDUKU
  • Karya Sastra: BAJU
  • Karya Sastra: LUKAKU
  • Karya Sastra: HUJAN
  • Karya Sastra: RAPUH
  • Karya Sastra: IZINKAN AKU
  • Karya Sastra: GORESAN KECIL BUATMU, IBU!
  • Karya Sastra: DUA HIDUP MENANTI
  • Karya Sastra: Asapku Duka Serantau

Tidak ada tulisan.

JenisTulisanKomentarPengunjung
  SUYATNAOrang LainTotalHari Ini
Berita
Karya Sastra127140
Wawasan1770
Bookmark
Dapur Sastra
JUMLAH13007910

Komentar

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler